Artikel Pilihan

Fakta Menarik Tentang Pohon Cemara di Indonesia dan Negara Lainnya

Pohon cemara adalah pohon jarum yang termasuk keluarga Pinaceae. Ada sekitar 35 spesies pohon cemara di dunia. Mereka ditemukan di daerah beriklim sedang dan boreal (taiga) di planet bumi ini. Pohon “evergreen” jarum ini biasanya tumbuh dengan baik di lokasi yang menawarkan sinar matahari penuh, tanah masam dan drainase yang baik tetapi tidak tumbuh dengan baik di tanah liat.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Pohon cemara masuk kategori pohon besar dan sebagian besar spesies tumbuh hingga ketinggian 20 hingga 60 meter (60 hingga 200 kaki). Pohon cemara Sitka adalah spesies pohon cemara tertinggi yang dapat mencapai hampir 100 meter (330 kaki) tingginya.

Baca juga : Cara Menanam Benih Italian Cypress (Cupressus sempervirens)

Untuk sebagian besar pohon cemara secara umum, Anda dapat mengharapkan umur rata-rata 150 - 200 tahun - meskipun beberapa diantaranya telah hidup lebih lama. Pohon ini hidup 800 atau 900 tahun bukanlah hal yang mustahil terjadi.




Di luar negeri sana, di pegunungan Swedia Barat, para ilmuwan telah menemukan pohon cemara di Norwegia, yang dijuluki Tjikko Tua, yang dengan mereproduksi melalui layering telah mencapai usia 9.550 tahun dan diklaim sebagai pohon hidup tertua yang dikenal di dunia.

Pohon cemara adalah pohon piramidal dengan cabang-cabang yang tidak rata dan kulit yang bersisik dan tipis. Jarum pohon cemara melekat sendirian pada cabang-cabang dengan cara spiral, masing-masing jarum pada struktur pasak kecil.

Jarum dari pohon cemara dilepaskan ketika berumur 4–10 tahun, meninggalkan cabang-cabang kasar dengan pasak yang tertahan (bentuk pasak ini adalah cara mudah membedakannya dari generasi serupa lainnya, di mana cabang-cabangnya cukup halus).

Setiap pohon cemara membawa model kerucut, dimana ada kerucut jantan dan ada betina. Kerucut betina yang lebih besar mengandung ovula, yang berkembang menjadi sel telur, atau gametofit betina. Untuk bereproduksi, kerucut jantan yang lebih kecil melepaskan butiran serbuk sari, yang merupakan gametofit jantan.

Serbuk sari bergerak dengan mudah untuk membuahi sel telur di kerucut betina. Ini menghasilkan embrio yang dilindungi oleh lapisan benih, tetapi proses pematangan membutuhkan waktu sekitar tiga tahun. Setelah itu, kerucut terbuka untuk melepaskan benih.

Cemara menghasilkan resin yang mengalir dari kulit kayu yang terluka. Sayangnya, resin sangat mudah terbakar dan memfasilitasi penyebaran api dan kebakaran di hutan.Cemara bermanfaat sebagai kayu bangunan juga. Kayu cemara digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan konstruksi umum hingga dibuat pesawat lho.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Masih ingat, pesawat pertama Wright Bersaudara, Flyer, dibangun dari pohon cemara. Cemara adalah bahan standar yang digunakan dalam papan suara untuk banyak alat musik, termasuk gitar, mandolin, cello, biola, dan papan suara di jantung piano dan harpa. Cemara adalah salah satu kayu yang paling penting untuk penggunaan kertas, karena memiliki serat kayu panjang yang mengikat bersama untuk membuat kertas yang kuat.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: wall.alphacoders.com
Pohon cemara adalah pohon hias populer di industri hortikultura di Indonesia, dikagumi karena kebiasaan pertumbuhan kerucut sempit membentuk kerucut yang simetris. Untuk alasan yang sama, beberapa model cemara ini juga banyak digunakan sebagai pohon Natal di tanah air.

Pohon cemara sangat baik untuk digunakan sebagai tanaman individu atau sebagai penahan angin dan tanaman pengaman bagi lingkungan sekitarnya. Dalam lanskap, pohon cemara biasanya membutuhkan pemangkasan minimal dan tumbuh dalam berbagai warna, termasuk kuning dan biru keperakan.

Pohon cemara adalah tanaman yang secara mitologis penting di antara suku-suku barat daya penduduk asli di berbagai Negara seperti Amerika, di mana mereka adalah simbol langit dan penunjuk arah di utara.




Menurut mitos Hopi, pohon cemara dulunya adalah seorang dukun, Salafi, yang mengubah dirinya menjadi pohon. Untuk alasan ini, pohon cemara dianggap sangat sakral bagi Hopis, yang menggunakan dahan pohon cemara untuk menghiasi penari kachina.

Di Indonesia sendiri, pohon cemara adalah simbol kemuliaan, kedermawanan, dan kedamaian. Kata 'cemara' dalam bahasa Inggris pruce berasal dari kata Perancis 'Pruce' yang berarti Prusia, dari mana pohon-pohon ini diyakini berasal. Beberapa spesies pohon cemara terdaftar sebagai spesies yang dilindungi oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Fakta Menarik Tentang Pohon Cemara di Indonesia dan Negara Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel