Artikel Pilihan

Fakta Cemara yang Jadi Pembeda dengan Jenis Keluarga Pinus yang Lainnya

Pohon cemara adalah jenis pohon berbentuk jarum yang termasuk keluarga pinus. Fosil pohon cemara tertua yang diketahui berasal dari Paleocene dan ditemukan di wilayah Amerika Utara dari mana tanaman ini kemungkinan besar berasal.

Ada 35 spesies pohon cemara yang dapat ditemukan di daerah beriklim sedang dan boreal di belahan bumi utara. Pohon cemara sebagian besar dibudidayakan sebagai tanaman hias dan sebagai sumber kayu berkualitas tinggi.


Baca juga : 20 Pohon Legendaris Yang Sering Jadi Inspirasi Bonsai

Fakta Menarik tentang Pohon Cemara

Sebagian besar spesies pohon cemara tumbuh hingga ketinggian 60 hingga 200 kaki. Pohon cemara sitka adalah spesies pohon cemara tertinggi yang dapat mencapai ketinggian 300 kaki. Pohon cemara berbentuk kerucut berkat cabang-cabang yang runcing dan relative panjang. Pohon tumbuh sangat cepat, dari 6 hingga 11 inci per musim, meskipun beberapa spesies dapat tumbuh 60 inci per tahun.




Cemara memiliki daun seperti jarum yang disusun secara spiral di cabang-cabang. Mereka tumbuh dari struktur seperti pasak yang disebut pulvinus. Daun makin rindang setelah 4 hingga 10 tahun. Setiap pohon cemara menghasilkan kerucut jantan dan betina. Kerucut muda berwarna hijau. Kerucut dewasa berwarna coklat. Kerucut dengan ovula (kerucut betina) lebih besar dari kerucut dengan serbuk sari (kerucut jantan).

Angin membawa serbuk sari dari kerucut jantan ke kerucut betina. Kerucut betina terbuka tiga tahun setelah penyerbukan untuk melepaskan benih matang. Ada sebuah kisah legendaries dimana Wright Bersaudara 'menggunakan kayu pohon cemara untuk pembuatan pesawat terbang pertama mereka yang disebut "Flyer". Wood of spruce (kayu cemara) juga digunakan dalam pembuatan berbagai instrumen musik seperti biola (termasuk biola Stradivari), gitar, mandolin, cello, piano dan harpa. Kayu juga memiliki aplikasi di industri furnitur dan tiang kapal.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com
Beberapa spesies pohon cemara juga dibudidayakan sebagai sumber kayu pulp yang digunakan dalam industri kertas.

Kapten Cook bahkan juga menggunakan tunas cemara segar untuk pembuatan minuman beralkohol yang kaya vitamin C. Konsumsi minuman ini wajib di antara para kru selama perjalanan panjang untuk mencegah penyakit kudis, gangguan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Sinensis (Juniperus chinensis) Di Alam Liar

Ujung jarum cemara digunakan dalam pembuatan sirup cemara. Ujung jarum juga bisa direbus dalam air dan dikonsumsi dalam bentuk teh. Daun dan cabang pohon cemara Sitka bisa juga digunakan dalam pembuatan bir cemara. Resin dan minyak yang diekstrak dari kulit pohon cemara adalah bahan dari berbagai salep yang digunakan dalam pengobatan rematik, sakit otot, dan sirkulasi darah yang buruk.

Penduduk asli Amerika menggunakan getah getah yang bocor dari pohon cemara yang terluka untuk mengurangi dahaga. Beberapa spesies seperti Norwegia cemara dan Cemara Serbia digunakan sebagai pohon Natal.

Pohon cemara dapat bertahan hidup beberapa ribu tahun di alam liar. Beberapa pohon, seperti pohon cemara Norwegia, yang disebut Tjikko Tua, ditemukan di Swedia dapat mencapai usia 9,550 tahun. Pohon ini mungkin adalah pohon tertua di planet ini.

Bagi kebanyakan orang, 'konifer pohon cemara' dan 'pohon pinus' adalah sama. Ada beberapa alasan untuk ini, karena keluarga pinus adalah keluarga konifer terbesar dan yang kita sebut pinus, cemara, dan cemara semua jenis juga dikenal sebagai anggota keluarga pinus. Jadi, apa sebenarnya pohon cemara itu? Apakah spruces semua pohon? Apa bedanya dengan pinus dan tumbuhan runjung lainnya?




Cara termudah untuk membedakan spruces pinus dari cemara adalah cara kerucut biji matang diadakan di pohon. Dalam spruces (spesies Picea) kerucut biji matang menggantung dari cabang dan akan jatuh utuh dari pohon sementara di pohon cemara (spesies Abies), sedangkan kerucut dewasa diadakan tegak di cabang-cabang dan akan hancur daripada jatuh utuh.

Bagian ujung jarum juga merupakan faktor pembeda. Jarum pinus (spesies Pinus) tumbuh dalam bundel (fascicles) dari 1 hingga 5 jarum, sementara spruces dan cemara menempel satu per satu. Orang-orang dengan penglihatan yang tajam juga akan melihat bahwa jarum cemara melekat pada cabang dengan pasak kecil (pulvinus), sementara jarum cemara melekat langsung ke batang dengan apa yang tampak seperti semacam cangkir hisap.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Fakta Cemara yang Jadi Pembeda dengan Jenis Keluarga Pinus yang Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel