Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kemenyan (Styrax officinalis) Di Alam Liar

Kemenyan

Kemenyan (Styrax officinalis) adalah spesies semak di keluarga Styracaceae. Spesies ini berasal dari Eropa selatan dan Timur Tengah. Pohonny lebih suka tumbuh di lereng berbatu kering pada ketinggian hingga 1.500 m dpl.

Pohon kemenyan menghasilkan 'menyan', yaitu obat herbal yang dikenal sejak zaman kuno. Pohonnya sering dibudidayanan pada daerah yang termasuk Hardiness Zone 9-10 dengan cuaca tropis dan suhu sedang.



Beberapa orang percaya bahwa oleoresinnya (ekstrak semi padat) pohon kemenyan yang digunakan bersama dengan kemenyan, galbanum, dan onycha untuk membuat Ketoret (Dupa persembahan dalam Yudaisme).


Ciri Ciri Daun Kemenyan


Ciri Ciri Daun Kemenyan
Source : flickr.com/James Gaither

Daunnya elips, tersusun bergantian, sangat tipis, panjang 5-10 cm dan lebar 3-6 cm.


Ciri Ciri Bunga Kemenyan


Ciri Ciri Bunga Kemenyan
Source : flickr.com/Paco Garin

Bunganya berbentuk aksila, berwarna putih, harum, dan panjangnya sekitar 2 cm. Sepintas, bunganya mirip dengan bunga pohon anting putri.


Ciri Ciri Buah Kemenyan


Ciri Ciri Buah Kemenyan
Source : flickr.com/Muslima2006

Buahnya berbentuk bulat, berukuran kecil, berwarna kuning, dan panjangnya 1-2 cm.


Ciri Ciri Pohon Kemenyan


Ciri Ciri Pohon Kemenyan
Source : flickr.com/Emily Jones

Pohon kemenyan tumbuh membentuk semak gugur yang dapat mencapai ketinggian 5 meter di alam liarnya. Batangnya berwarna kemerahan, dengan kulit kayu yang agak gelap.

Daerah penyebaran alami pohon kemenyan saat ini meliputi Italia (Semenanjung Balkan), Yunani (Kreta dan Siprus), Israel, Yordania, Suriah, dan Turki.



Pohon kemenyan banyak ditemukan tumbuh di hutan-hutan ringan, semak-semak, dan di tepi sungai kering. Pohonnya cukup kuat dan toleran pada macam-macam tanah seperti tanah yang sedikit asam, tanah basa, tanah berpasir, tanah berkerikil, dan tanah lempung. Ia tumbuh subur jika tumbuh dibawah sinar matahari tanpa terhalang naungan.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kemenyan (Styrax officinalis) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel