Artikel Pilihan

Berbagai Jenis Penyakit yang Menyerang Pohon Cemara

Pohon cemara relative mudah untuk ditanam dan dikembangbiakkan tanpa perawatan yang rumit. Naumn kenyataannya, tidak jarang melihat pohon-pohon cemara yang sehat dan berkembang di dekat atau berdekatan dengan pohon-pohon yang mengalami penurunan kualitas pertumbuhan, alias seringnya diserang penyakit.

Faktor lain yang menyulitkan adalah bahwa pohon mungkin sehat selama beberapa tahun dan kemudian mulai menurun ketika pohon itu matang dan lebih sulit dan mahal untuk dihilangkan penyakitnya jika sudah parah.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Jika, misalnya, pohon cemara putih yang ditanam di habitat pembibitan tidak diberikan perawatan yang cukup, pertumbuhan mereka bisa terhenti di awal musim tanam pertama, dan bibit tidak mencapai spesifikasi ketinggian minimum. Tetapi, jika periode perawatan diperpanjang diberikan, bibit menjadi sangat tinggi pada akhir musim tanam pertama.




Karakter morfologis secara nyata ternyata dipengaruhi oleh pengaruh ontogenetik dan lingkungan, sehingga untuk mengetahui komposisi benih hibrida pohon cemara dengan akurasi, benih hibrida harus berbeda secara substansial dalam morfologi dari kedua spesies induk.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Sinensis (Juniperus chinensis) Di Alam Liar

Peneliti Yeh dan Arnott (1986) menunjukkan kesulitan memperkirakan secara akurat tingkat introversi pada lot benih hibrida yang dapat bervariasi dalam tingkat introgressinya sebagai konsekuensi dari persilangan berulang dengan spesies induk.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com

Penyakit Pohon Cemara

Batang pohon cemara yang didekortasi secara manual sebagai perlindungan terhadap kumbang kulit kayu seringkali menunjukkan struktur sel pohon cemara yang tidak normal. Pohon cemara termasuk jenis pohon jarum dari keluarga pinus. Ada sekitar 40 spesies. Ini adalah salah satu spesies pembentuk hutan utama. Dari sana diperoleh tar, terpentin, rosin dsb.

Sirococcus Hight (Deuteromycotina, Coelomtcetes)

Spesies yang terkait erat, Sirococcus conigenus dan S. piceicola menyebabkan penyakit hawar pucuk dan kematian semaian tumbuhan runjung di Amerika Utara, Eropa, dan Afrika Utara. Kerusakan hawar ranting pada bibit spruces putih dan merah di pembibitan dekat Asheville, North Carolina, dilaporkan oleh Graves (1914), seoarang botanis yang focus meneliti pohon cemara. Dia menemukan kerusakan akibat penyakit banyak terjadi termasuk pada cemara jenis dan warna hitam, Engelmann, Norwegia, dan spruces merah, meskipun mereka bukan tanaman yang paling sering rusak.

Penyakit busuk daun sirococcus di pembibitan muncul secara acak di bibit tempat jamur itu ditransmisikan dalam biji yang terinfestasi. Bibit tahun pertama sering dibunuh, dan tanaman yang lebih besar mungkin menjadi terlalu cacat untuk ditanam. Wabah yang melibatkan 30% benih pohon cemara di tempat benih telah ditelusuri ke banyak benih di mana hanya 0,1% hingga 3% benih yang terinfestasi.

Infestasi benih pada gilirannya ditelusuri ke kolonisasi kerucut pohon cemara oleh S. conigenus di hutan-hutan interior barat. Infeksi berkembang dengan mudah jika konidia diendapkan pada bagian tanaman sukulen yang tetap basah setidaknya 24 jam pada 10 ° C hingga 25 ° C. Periode basah yang lebih lama mendukung penyakit yang semakin parah. Tip ranting yang terbunuh selama pertumbuhan tahun sebelumnya menunjukkan ciri khas penjahat.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com

Cast Jarum Rhizosphaera Kalkhoffi

Rhizosphaera menginfeksi pohon cemara putih, pohon cemara biru (Picea pungens), dan cemara Norwegia yang tersebar di seluruh Ontario, menyebabkan penggundulan hutan yang parah dan terkadang membunuh pohon-pohon kecil yang tertekan. Pohon cemara putih rentan sedang.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Jenis Tanaman Cemara yang Banyak Ditemukan di Daerah Tropis

Jarum yang mati menunjukkan barisan tubuh buah hitam. Infeksi biasanya dimulai pada cabang yang lebih rendah. Pada cemara putih, jarum yang terinfeksi biasanya dipertahankan di pohon hingga musim panas berikutnya. Fungisida Chlorthalonil terdaftar untuk mengendalikan gips jarum ini.

Valsa Kunzei dan Kanker Batang

Kanker batang yang dikaitkan dengan jamur Valsa kunzei Fr. var. picea dilaporkan pada spruces putih dan Norwegia di Ontario (Jorgensen dan Cafley 1961) dan Quebec. Di Ontario, hanya pohon-pohon dengan kekuatan rendah yang terpengaruh, tetapi di Quebec pohon-pohon kuat juga terinfeksi.

Predator

Mamalia kecil mengonsumsi biji konifer, dan juga memakan biji. Pemberian kandang pada tikus rusa (Peromyscus maniculatus) dan tikus yang didukung merah (Myodes gapperi) menunjukkan konsumsi benih maksimum harian 2.000 biji cemara putih dan 1000 biji pinus lodgepole, dengan 2 spesies tikus memakan jumlah biji yang sama, tetapi menunjukkan preferensi untuk pinus daripada pohon cemara.




Tikus padang rumput berekor pendek (Microtus pennsylvanicus Ord) dengan rakus memakan semua bibit cemara putih dan cemara yang tersedia, menarik mereka keluar dari tanah dan menahannya di antara kaki depan sampai seluruh bibit dikonsumsi.

Wagg seorang botanis pada risetnya tahun 1963 mengaitkan kerusakan yang diamati pada kulit kayu dan kambium di permukaan tanah dari bibit pohon cemara putih kecil selama beberapa musim karena vola padang rumput.

Itulah beberapa jenis penyakit yang menyerang pohon cemara. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Berbagai Jenis Penyakit yang Menyerang Pohon Cemara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel