Artikel Pilihan

Cara Menanam Benih Italian Cypress (Cupressus sempervirens)

Italian Cypress (Cupressus sempervirens)

Menaman pohon cemara dari benih adalah hal yang membosankan, meski ia bisa ditumbuhkan, namun pertumbuhannya terbilang lambat dan perlu kesabaran ekstra sebelum bisa ditanam ke ground.

Namun jika kamu tetap bersikeras ingin mencoba menanam benih cemara, disini CCP akan memberikan pengalaman menanam Italian Cypress (Cupressus sempervirens) atau dalam bahasa sehari-hari disebut cemara pensil atau cemara lilin.



Benih ini di dapat dari Cina, namun ini sama dengan benih-bebih yang ada di Indonesia.

Seperti apa cara menanam benih cemara? Berikut ini langkah-langkahnya :


Cara Menanam Benih Italian Cypress



1. Siapkan benih cemara yang sehat, tandanya adalah benih direndam dalam gelas berisi air selama 24 jam. Jika benih tenggelam, itulah yang sehat dan bisa berkecambah.

Cara membedakan benih yang bisa berkecambah dan yang tidak

2. Siapkan tisu dan wadah kedap udara untuk menyimpannya di dalam kulkas selama 7-10 hari.

Caranya adalah dengan menggulung benih didalam lipatan tisu, kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Tabur Benih Diatas Tisu


Simpan di dalam kulkas bagian rak penyimpanan daging atau ikan (biasanya tepat dibawah freezer). Ini dinamakan Dormansi, dimana benih akan melalui proses "mati sementara" seperti di habitatnya.

Simpan Benih Di Dalam Kulkas

INFO : Dormansi adalah suatu keadaan berhenti tumbuh yang dialami organisme hidup sebagai tanggapan atas suatu keadaan yang tidak mendukung pertumbuhan normal. Dengan demikian, dormansi merupakan suatu reaksi atas keadaan fisik atau lingkungan tertentu.


3. Setelah benih keluar dari dormansinya, sediakan media tanam berupa tanah kebun biasa tanpa campuran apapun. Kemudian siapkan juga kerikil kecil dan pasir, gunanya untuk menutupi tanah agar bagian atas tetap hangat.



4. Tanam benih cemara ke dalam pot atau polybag berisi tanah kebun sedalam 1-2 cm, lalu timbun lagi dengan pasir dan kerikil kecil 1-2 cm. Lalu letakkan pot atau polybag ditempat yang teduh.

Tanam Benih Italian Cypress

5. Benih cemara akan berkecambah dalam waktu 1-2 bulan. Tergantung dari kondisi tanah, cuaca, dan lokasi penyimpanannya.


6. Setelah kecambah tumbuh 5-7 cm, pindahkan pot semai atau polybag ke tempat yang terkena sinar matahari langsung dan siram satu hari sekali.




Begitlah cara menanam benih cemara. Kebanyakan orang mungkin berfikir untuk memilih membeli bibit pohon cemara daripada menanamnya dari benih. Kecambah cemara membutuhkan waktu 1 tahun sampai berukuran 30 cm. Itu berarti pertumbuhannya memang sangat lambat.

Dari hasil semaian CCP yang dilakukan awal November 2019 lalu, sampai artikel ini di tulis, awal Januari 2020, kecambah Italian Cypress baru setinggi 10-12 cm. Berikut ini fotonya :

Kecambah Italian Cypress


UPDATE 8 MARET 2020 : Kecambah telah berkembang menjadi bibit pohon.

Bibit Italian Cypress


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Benih Italian Cypress (Cupressus sempervirens)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel