Artikel Pilihan

Manfaat Pohon Cemara, Mulai dari Kayu untuk Bangunan Hingga Minuman

Pohon cemara banyak ditemukan tumbuh di tanah berpasir yang lembab tetapi berdrainase baik, seringkali pada ketinggian tinggi. Pohon itu tegak dan lurus, dengan mahkota yang sempit. Sistem root memiliki kedalaman minimum 13 inci (33 sentimeter).

Ranting berwarna coklat kekuningan, berbulu halus (mungkin perlu lensa tangan); seperti dengan semua spruces, ranting yang tidak perlu ditutupi oleh sterigmata pendek (pasak pendek). Kuncup berwarna oranye-coklat, kecil dengan sisik longgar, dengan tekstur puber yang lebat.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Bibit pohon cemara paling rentan segera setelah perkecambahan, dan tetap sangat rentan sampai musim semi berikutnya. Lebih dari setengah kematian bibit pohon cemara mungkin terjadi selama musim tanam pertama dan juga sangat tinggi selama musim dingin pertama.




Ketika bibit mengalami kerusakan akibat cuaca dingin dan pembekuan, hujan es dan erosi, serta disiram oleh sampah dan salju yang ditekan vegetasi. Bibit yang baru tumbuh pada akhir musim tanam sangat rentan karena mereka kecil dan belum sempat mengeras sepenuhnya.

Baca juga : 6 Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Angka kematian umumnya menurun tajam setelahnya, tetapi kerugian seringkali tetap tinggi selama beberapa tahun. "Pendirian" adalah konsep subyektif yang didasarkan pada gagasan bahwa begitu semai telah berhasil mencapai ukuran tertentu, tidak banyak yang dapat mencegah perkembangan selanjutnya.

Peneliti Botani Eis (1967) mengemukakan bahwa di habitat kering baik di tanah mineral atau persemaian bibit yang berumur 3 tahun dapat dianggap sudah mapan; di habitat yang lembab, bibit mungkin perlu 4 atau 5 tahun untuk tumbuh di tanah mineral, mungkin lebih lama di tempat persemaian.

Pertumbuhan tetap sangat lambat selama beberapa tahun. Tiga tahun setelahnya tanaman ini mampu melakukan regenerasi dominan rata-rata setinggi 5,5 cm di habitatnya, dan 7,3 cm di blok-blok yang tsubur yang mungkin mencerminkan pentingnya kesuburan dengan tingkat pertumbuhan.

Kayu

Cemara berguna sebagai kayu bangunan, yang biasa disebut dengan beberapa nama berbeda termasuk kayu Amerika Utara, SPF (cemara, pinus) dan kayu putih (nama kolektif untuk kayu cemara).

Kayu cemara digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan konstruksi umum dan peti hingga kegunaan yang sangat khusus dalam pesawat kayu. Pesawat pertama Wright Bersaudara, Flyer, dibangun dari pohon cemara.

Karena spesies ini tidak memiliki kualitas tahan serangga atau pembusukan setelah penebangan, umumnya direkomendasikan untuk tujuan konstruksi sebagai penggunaan dalam ruangan saja (misalnya drywall framing dalam ruangan, misalnya). Kayu cemara, ketika dibiarkan di luar tidak bisa diharapkan untuk bertahan lebih dari 12-18 bulan tergantung pada jenis iklim yang dihadapinya.

Kayu pulp

Cemara adalah salah satu kayu yang paling penting untuk penggunaan kertas, karena memiliki serat kayu panjang yang mengikat bersama untuk membuat kertas yang kuat. Serat berdinding tipis dan runtuh menjadi pita tipis setelah pengeringan.

Baca juga : Fakta Cemara yang Jadi Pembeda dengan Jenis Keluarga Pinus yang Lainnya

Spruces umumnya digunakan dalam pembuatan pulp mekanis karena mudah diputihkan. Bersama dengan pinus utara, spruces utara biasanya digunakan untuk membuat NBSK. Spruces dibudidayakan di daerah yang luas sebagai kayu pulp.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: google.com

Makanan dan Obat-obatan

Tunas segar dari banyak spruces adalah sumber alami vitamin C. Kapten Cook membuat bir spruce berbasis gula beralkohol selama pelayarannya untuk mencegah penyakit kudis pada awaknya. Daun dan rantingnya, atau minyak esensial, dapat digunakan untuk menyeduh bir cemara.

Jarum cemara dapat digunakan untuk membuat sirup cemara. Dalam situasi bertahan hidup, jarum cemara dapat langsung dicerna atau direbus menjadi teh. Ini menggantikan sejumlah besar vitamin C.

Juga, air disimpan dalam jarum cemara, menyediakan cara hidrasi alternatif. Pohon cemara dapat digunakan sebagai langkah pencegahan untuk penyakit kudis di lingkungan di mana daging adalah satu-satunya sumber makanan terkemuka.




Tonewood (papan suara)

Cemara adalah bahan standar yang digunakan dalam papan suara untuk banyak alat musik, termasuk gitar, mandolin, cello, biola, dan papan suara di jantung piano dan harpa. Kayu yang digunakan untuk tujuan ini disebut sebagai tonewood.

Cemara, bersama dengan cedar, sering digunakan untuk papan suara / atas gitar akustik. Jenis utama pohon cemara yang digunakan untuk tujuan ini adalah Sitka, Engelmann, Adirondack dan Eropa spruces.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pohon Cemara, Mulai dari Kayu untuk Bangunan Hingga Minuman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel