Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Cemara Jepang (Juniperus procumbens) Di Alam Liar

Cemara Jepang

Cemara Jepang (Juniperus procumbens) adalah pohon cemara asli Jepang selatan. Statusnya sebagai tanaman liar masih diperdebatkan, beberapa pihak berwenang memperlakukannya sebagai endemik di gunung-gunung tinggi di Kyūshū dan beberapa pulau lainnya di selatan Jepang. Sementara yang lain menganggapnya sebagai spesies pohon endemik Jepang selatan (utara ke Prefektur Chiba) dan Korea barat.

Pohon cemara jepang ini terkait erat dengan cemara cina (Juniperus chinensis), dan kadang-kadang diperlakukan sebagai varietas, seperti Juniperus chinensis var. procumbens. Beberapa kultivar cemara jepang telah dipilih untuk dibudidayakan, dan yang paling banyak ditanam adalah Juniperus procumbens 'Nana' yang telah memperoleh Royal Horticultural Society's Award of Garden Merit.



Selain itu ada Juniperus procumbens 'Bonin Isles', dimana pohonnya tumbuh membentuk semak rendah dan banyak ditemukan di Kepulauan Bonin.

Kultivar yang umum dikenal sebagai Juniperus procumbens 'Variegata' sebenarnya ini adalah kultivar dari Juniperus chinensis dan bukan bagian dari kultivar Juniperus procumbens.


Ciri Ciri Daun Cemara Jepang


Ciri Ciri Daun Cemara Jepang
Source : flickr.com/John Hagstrom

Daun tersusun dalam tiga decussate whorls, semua daun berbentuk seperti jarum, panjang 6-8 mm dan lebar 1-1,5 mm, dan dengan dua pita stomata putih di bagian dalam.


Ciri Ciri Buah Cemara Jepang


Ciri Ciri Buah Cemara Jepang
Source : flickr.com/John Hagstrom

Buahnya khas cemara yang, bulat, berdiameter 8-9 mm, berwarna biru putih pucat berlilin ketika mentah dan cokelat gelap kehitaman setelah matang. Setiap buah mengandung dua atau tiga biji (jarang satu). Buah tersebut matang dalam waktu sekitar 18 bulan atau satu setengah tahun.




Ciri Ciri Pohon Cemara Jepang


Ciri Ciri Pohon Cemara Jepang
Source : flickr.com/Kjeannette

Pohon cemara jepang tumbuh sebagai pohon semak rendah dimana ia memiliki tinggi rata-rata 30-50 cm dengan lebar mencapai 3-4 meter ke berbagai sisi. Pohonnya tumbuh lambat dan kuat, ia dapat hidup di tanah yang kering dan berpasir.

Pohon cemara jepang populer sebagai tanaman hias taman dan pekarangan, kadang-kadang ia juga dipakai sebagai objek pohon bonsai yang ditanam dan di tata dalam pot dangkal.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Cemara Jepang (Juniperus procumbens) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel