Artikel Pilihan

Mengenal Lebih Jauh Jenis Tanaman Cemara yang Banyak Ditemukan di Daerah Tropis

Pohon cemara adalah pohon yang menggambarkan keabadian, toleran terhadap lingkungan, punya usia yang relatif panjang. Jenis pohon konifer ini bisa tumbuh sekitar 18–40 meter (59–131 kaki) tinggi dengan diameter batang sekitar 60 sentimeter (24 in), meskipun beberapa spesimen cemara secara luar biasa dapat mencapai 46 m ( 151 kaki. Tinggi dan diameter 30 cm (12 in).

Tanaman ini ditemukan tumbuh di tanah berpasir yang lembab tetapi berdrainase baik, seringkali pada ketinggian tinggi. Pohon itu tegak dan lurus, dengan mahkota yang sempit. Sistem root memiliki kedalaman minimum 13 inci (33 sentimeter).

Ranting berwarna coklat kekuningan, berbulu halus (mungkin perlu lensa tangan); seperti dengan semua spruces, ranting yang tidak perlu ditutupi oleh sterigmata pendek (pasak pendek). Kuncup berwarna oranye-coklat, kecil dengan sisik longgar, dengan tekstur puber yang lebat.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Ujung daun berwarna coklat keabu-abuan di permukaan, lebih banyak warna coklat kemerahan di bawahnya dengan bercak bersisik yang tidak beraturan, tipis, dan bersisik. Kayu ringan, lunak, memiliki cincin sempit, dan sedikit semburat merah. Daunnya seperti jarum, kuning-hijau, panjang 12-15 milimeter (0,47-0,59 in), empat sisi, melengkung, dengan titik tajam, dan memanjang dari semua sisi ranting.




Ujung daun berbentuk jarum berbau tajam ketika rontok. Tunas daun berwarna coklat kemerahan, berukuran 0,2 hingga 0,32 inci (5 - 8 mm), dengan puncak yang runcing. Spesies merupakan jenis monoecious; jantan berwarna merah silinder tetapi berubah kuning-coklat; betina berwarna hijau keunguan. Bunga diikuti oleh kerucut ovoid coklat, panjang 1 sampai 1 1/2 inci, margin skala kerucut keseluruhan. Benih tersebar di musim gugur dan kerucut cenderung menjatuhkan daunnya di musim dingin atau penghujan.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Sinensis (Juniperus chinensis) Di Alam Liar

Jenis Pohon Cemara

1. Spruce Hitam

Black Spruce adalah pohon cemara yang sangat keras kayunya dengan kebiasaan pertumbuhan yang sangat sempit dan dedaunan hijau kebiruan.

2. Colorado Spruce

Colorado Spruce sering hadir bagian dari lanskap dalam bentuk salah satu kultivarnya dengan dedaunan berwarna kebiruan. Pohon ini punya popularitas tinggi. Pohon ini harus dimaksimalkan pemanfaatannya saat masih muda walaupun tidak boleh dianggap tak berguna saat usia tanaman sudah tua.

3. Colorado Blue Spruce

Dedaunan hijau seperti jarum dari Colorado blue spruce memiliki penampilan yang sangat kaku. Warna dedaunannya bervariasi dari biru-hijau hingga perak. Penggunaan yang disarankan untuk tanaman ini yang paling utama adalah sebagai penahan angin, layar, perbatasan, dan tanaman spesimen untuk penelitian.

4. Cemara Norwegia

Tanaman ini memiliki dedaunan pendek, seperti jarum, hijau tua yang berwarna hijau tua. Kerucut gantung memiliki panjang 4 hingga 6 inci, tetapi tidak terjadi secara konsisten dari tahun ke tahun. Penggunaan yang disarankan untuk tanaman ini termasuk penahan angin, layar, perbatasan, dan tanaman specimen untuk riset.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: wellnessaromas.com

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Jepang (Juniperus procumbens) Di Alam Liar

5. Cemara Serbia

Serbian Spruce membentuk siluet piramidal sempit dengan cabang melengkung anggun. Permukaan atas jarum mengkilap, hijau gelap berbeda dengan permukaan bawah berwarna keputihan.

6. Sitka Spruce

Berasal dari barat laut Amerika Utara, Sitka Spruce adalah yang terbesar dari keluarga cemara. Dikatakan memiliki umur lebih dari 500 tahun. Jarumnya sangat tajam dan kaku dan memiliki cabang yang sangat panjang tumbuh dari sumur di batang. Cabang memiliki sapuan ke atas diucapkan di akhir.

7. Cemara Putih

White Spruce adalah puncak piramidal yang padat dengan jarum hijau kebiruan. Pohon ini banyak digunakan untuk adaptasi beberapa hewan di lingkungan situsnya.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: wellnessaromas.com

Fakta dan Manfaat Minyak Esensial dari Pohon Cemara





Pohon cemara memiliki jarum tajam dan kebiruan hingga hijau seperti daun yang merupakan sumber vital minyak atsiri yang diekstraksi dengan metode destilasi uap. Dibandingkan dengan minyak lain dari keluarga hijau, memiliki aroma ringan dan manis dengan bau resin dan balsamic.

Minyak atsiri ini memiliki sifat pembersihan dan pemurnian yang meningkatkan kejernihan dan keterbukaan pikiran. Inhalasi telapak tangan langsung atau jika disebarkan, itu menurunkan stres dengan menghilangkan kelesuan, kesedihan dan kelelahan mental. Warna Spruce berkisar dari bening hingga kuning pucat. Dan ini memiliki aroma segar, bersahaja, berkayu, serta manis rasanya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Jenis Tanaman Cemara yang Banyak Ditemukan di Daerah Tropis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel