Artikel Pilihan

Mengulik Lebih Dalam Tentang Daun Zaitun

ciri ciri pohon minyak zaitun

Zaitun terkenal dengan minyaknya yang sangat bermanfaatan baik sebagai bahan konsumsi, produk kecantikan hingga produk kesehatan. Dengan khasiatnya yang sangat banyak, minyak zaitun menjadi semakin dikenal oleh berbagai kalangan. Apalagi dengan gaya hidup masyarakat yang kini mulai berpindah menjadi lebih bersih dan sehat.

Selain minyak yang baik bagi kesehatan tubuh tersebut, bagian lain dari pohon zaitun juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagian dari pohon zaitun tersebut yaitu daun. Daun zaitun yang diekstraksi juga memiliki khasiat yang tinggi.

Mengenal Pohon Zaitun

ciri ciri pohon zaitun
Sumber: wikibooks.org
Olive tree atau pohon zaitun ini juga memiliki nama latin Olea Europaeae. Masih dalam famili Oleaceae. Pohon ini dikenal bisa bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama. Sehingga sering disebut sebagai pohon hijau abadi. Serta tetap menghasilkan buah yang melimpah setiap tahunnya. Warna hijau abadi ini tidak lain dan tidak bukan tentu saja hadir dari daun pohon zaitun. Daun pohon zaitun memiliki ciri warnanya yang hijau agak keperakan dan tumbuh secara tunggal. Panjang daun ini sekitar 4 sampai 10 cm disertai dengan lebar sekitar 1 sampai 3 cm.

Baca Juga :

Pohon zaitun mulanya ditemukan di daerah timur tengah, afrika selatan dan eropa. Dari daerah-daerah ini, dapat dilihat bahwa pohon zaitun mampu beradaptasi dengan baik di iklim panas. Meski begitu, pohon ini juga tahan terhadap hujan es ringan. Manfaat Ekstrak Daun Zaitun
ciri ciri pohon daun zaitun
Sumber: evear-extraction.com
Berdasarkan berbagai hasil penelitian, ekstrak zaitun memiliki khasiat yang tak kalah dari buah dan minyaknya. Berikut ini beberapa manfaat ekstrak daun zaitun bagi kesehatan.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Kesehatan jantung dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Dalam prosesnya juga makanan yang dicerna oleh tubuh nantinya akan dibawa ke seluruh tubuh. Termasuk lemak yang baik maupun lemak yang tidak baik.

Kolesterol menjadi pemicu penyakit jantung yang sering dijumpai. Kadar LDL (Low Density Lipoprotein) yang tinggi menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Penumpukan lemak ini membuat pembuluh darah semakin sempit.

Ekstrak daun zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Sehingga ekstrak daun zaitun baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mencegah kanker

Ekstrak daun zaitun memiliki kandungan antioksidan. Zat ini mampu mencegah pertumbuhan sel-sel yang abnormal. Termasuk sel kanker yang dapat dicegah pertumbuhannya dengan konsumsi ekstrak daun zaitun ini.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi seringkali dirasakah oleh sebagian orang. Ekstrak daun zaitun ini diklaim dapat menurunkan tekanan sistolik dan diastolik. Dengan adanya tekanan darah yang stabil dan normal, dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.


4. Bisa melawan diabetes tipe 2

Zat di dalam ekstrak daun zaitun ini bisa menurunkan kadar hiperglikemia (gula darah tinggi). Kadar gula darah yang tinggi biasa juga disebut penyakit diabetes tipe 2. Apabila kadar gula darah ini lebih terkontrol, potensi munculnya diabetes tipe 2 ini bisa dikurangi.


5. Dapat mengobati herpes

Penyakit kulit yang ditandai adanya tanda kemerahan ini ternyata bisa disembuhkan dengan menggunakan ekstrak daun zaitun. Herpes biasanya bisa disembuhkan dengan menggunakan antivirus. Dalam ekstrak daun zaitun ini memiliki kandungan zat antivirus dan antimikroba. Dengan fungsi yang sama, ekstrak ini bisa menyembuhkan herpes dengan cara memberikan ekstrak daun zaitun ke bagian yang luka satu atau dua tetes.

6. Mencegah kerusakan sel-sel otak

Zat antioksidan yang terdapat di dalam ekstrak daun zaitun, tak hanya bisa mengurangi potensi munculnya kanker. Sel-sel otak yang sudah menunjukkan kerusakan dapat ditanggulangi dengan zat antioksidan ini. Sehingga ekstrak daun zaitun juga bisa meningkatkan kesehatan sel-sel otak. Itu tadi beberapa khasiat yang terdapat dalam ekstrak daun zaitun. Ternyata zaitun tak hanya dimanfaatkan minyaknya, namun juga daunnya. Selamat mencoba.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengulik Lebih Dalam Tentang Daun Zaitun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel