Artikel Pilihan

Buah Zaitun Vs Minyak Zaitun, Mana yang Lebih Unggul?

ciri ciri pohon buah zaitun

Kedua benda ini pasti sudah sering anda dengar dalam kehidupan sehari-hari, buah zaitun dan minyak zaitun. Pohon zaitun lah yang berjasa menghasilkan kedua produk ini. Memang buah maupun minyak zaitun sudah dikenal oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

Buah dan minyak zaitun sama-sama bisa dikonsumsi manusia. Hal inilah yang menyebabkan kedua hasil zaitun ini diminati banyak orang. Selain itu, keduanya masing-masing memiliki khasiat yang tak main-main. Mana yang lebih unggul?


Mengenal Pohon Zaitun

ciri ciri pohon zaitun
Sumber: internationaloliveoil.org
Pohon zaitun memiliki nama latin Olea Europeae. Dianggap sebagai pohon yang bisa hidup abadi karena masih tetap bisa produktif meski telah berusia yang cukup tua. Tanaman ini dapat dimanfaatkan setiap bagiannya, mulai dari buah, daun, bahkan batang hingga akarnya.

Baca Juga :

Ciri khas dari tanaman zaitun ini yaitu buahnya yang berwarna hijau saat muda dan berubah semakin gelap menjadi warna ungu saat sudah tua. Memiliki daun tunggal dengan warna hijau keperakan. Batang berkambium dengan bentuk yang semakin keriput dan melilit di usia pohon yang semakin tua. Bunganya berbentuk lonceng berwarna putih dengan bulu-bulu halus di sekitarnya. Akarnya dapat tumbuh memanjang mencapai 7 meter.

Tanaman ini berasal dari daratan timur tengah, afrika selatan dan eropa. Pohon zaitun dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim panas dan tahan terhadap hujan es ringan. Kebutuhan airnya tidak terlalu banyak, sehingga cocok hidup di daerah yang seperti ini. Sedangkan untuk daerah beriklum tropis membutuhkan trik khusus agar bisa hidup dengan baik.


Kandungan Nutrisi

Minyak zaitun dihasilkan dari proses pemerasan buah zaitun yang sudah tua. Meskipun begitu, nutrisi yang terkandung di dalam buah zaitun dan minyak zaitun ternyata tidak sama. Berikut adalah rincian kandungan nutrisi pada minyak zaitun dan buah zaitun dengan penyajian per 100 gram.

Manfaat Bagi Tubuh

Dari kandungan nutrisi yang cukup berbeda, manfaatnya untuk tubuh juga agak sedikit berbeda. Untuk buah zaitun dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Berbagai khasiat yang bisa diperoleh dari buah zaitun di antaranya yaitu mencegah berbagai jenis penyakit kanker kanker, mencegah penuaan dini, melancarkan pencernaan, mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko diabetes, meningkatkan kualitas penglihatan dan juga mencegah asma.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan juga cukup banyak. Di antaranya yaitu mencegah dan mengurangi risiko kanker, melancarkan aliran darah, mengontrol kolesterol, mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, menebalkan tulang dan mencegah osteoporosis.

Untuk kecantikan khasiat yang dihasilkan yaitu menghilangkan bibir hitam, memerahkan bibir, merawat kesehatan rambut, menebalkan alis, memanjangkan dan menebalkan bulu mata, mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan kulit wajah, memutihkan wajah, menyembuhkan jerawat, mengatasi kulit kering, dan bisa digunakan juga untuk menghapus make up. Kadar kalori yang cukup tinggi juga membuat minyak zaitun dijadikan alternatif makanan orang yang sedang diet.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Buah Zaitun Vs Minyak Zaitun, Mana yang Lebih Unggul?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel