Artikel Pilihan

Makronutrien Penting yang Terkandung Dalam Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara
Dalam satu biji bibit pohon bidara terdapat kandungan yang sangat penting, sebut saja fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, beta karoten, dan masih banyak lagi. Bibit pohon bidara juga mengandung makronutrien yang sangat penting bagi tubuh. Makronutrien ini jumlah cukup lumayan untuk ukurannya yang kecil.

Makronutrien adalah zat utama yang sangat dibutuhkan untuk kelancaran kerja organ tubuh. Ada tiga makronutrien, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Semua zat tersebut terdapat di dalam bibit pohon bidara. Kalau anda masih belum tahu fungsi dari maktronutrien dan manfaatnya bagi tubuh, anda harus melanjutkan membaca artikel ini. 

Makronutrien Dalam Biji Bibit Pohon Bidara 


1. Karbohidrat 

Karbohidrat merupakan zat yang menjadi sumber tenaga utama bagi tubuh. States Departement of Argiculture (USDA) mengatakan kalau anda membutuhkan karbohidrat harian sebesar 45% sampai 60% dari berat tubuh. Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh otak agar bisa bekerja dengan maksimal. 

Zat yang satu ini banyak terdapat di nasi, kentang, gandum, gula, buah-buahan, dan sayuran. Sayangnya karbohidrat sering dijadikan kambing hitam penyebab obesitas. Sebenarnya anda tetap akan kelebihan berat badan bila mengkonsumsi makanan melebihi kalori harian. 

1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori. Dalam 100 gram buah atau bibit pohon bidara mengandung 17 gram karbohidrat, yang terdiri dari serat dan gula. Jumlah yang cukup sedikit dalam buah yang sangat banyak. Buah ini sangat cocok untuk anda yang sedang ingin diet. 

Anda juga pasti sering mendengar kalau karbohidrat sederhana sangat tidak sehat dan satu-satunya cara untuk kurus adalah dengan berhenti mengkonsumsi karbohidrat. Karbohidrat dalam bibit pohon bidara juga merupakan karbohidrat yang sederhana. 

Bukan berarti buah bidara tidak sehat dikonsumsi. Hal yang buruk adalah saat anda mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan melebihi kalori harian anda hingga membuat berat badan anda naik.

Baca Juga :
Alasan Kamu Harus Menanam Bibit Pohon Bidara
Mengapa Orang Indonesia Sangat Cocok Menanam Bibit Pohon Bidara

2. Lemak 

Banyak orang memusuhi lemak karena bisa membuat barat badan naik. Mungkin anda juga salah satunya. Memang anggapan tersebut tidak salah karena 1 gram lemak mengandung 9 kalori, lebih besar dibandingkan kalori makronutrien yang lain. 

Meski banyak dimusuhi dan dihindari, lemak sebenarnya tetap diperlukan oleh tubuh. Bahkan ada diet yang hanya memperbolehkan anda mengkonsumsi lemak dan menghindari karbohidrat. 

Fungsi lemak antara lain adalah mengembangkan otak, membuat hormon, membantu penyerapan vitamin, serta membantu kerja organ dalam tubuh. Lemak juga terbagi menjadi dua, yaitu lemak baik dan lemak jahat. 

Lemak jahat terdapat di makanan yang digoreng, es krim, dan kue. Sedangkan lemak baik terdapat di ikan, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Selain itu, dalam bibit pohon bidara juga terkandung lemak baik sebanyak 0,07 gram dalam setiap 100 gramnya. Ini berarti buah ini mengandung 0,63 kalori yang berasal dari lemak. 

Lemak juga sering dikaitkan dengan penyakit kardiovaskuler, seperti penyumbatan di pembuluh darah, serangan jantung, dan kolesterol. Sebenarnya tidak masalah anda makan bibit pohon bidara karena penelitian tidak menemukan bahwa lemak berpengaruh langsung terhadap penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, atau kolesterol. 

3. Protein 

Zat yang satu ini sangat dicari-cari oleh orang yang sedang membentuk otot. Kalau anda juga sedang membentuk otot, anda bisa memakan bibit pohon bidara karena dalam 100 gram tanaman ini mengandung 0,8 gram protein. Dengan kalori yang sedikit, 0,8 protein sangat besar. 

Selain untuk membentuk otot, protein juga berfungsi untuk menyusun jaringan saraf, memperbaiki jaringan sel yang rusak, dan membantu perkembangan otak. Protein yang disarankan setiap harinya adalah 0,8 sampai 1 kali dari berat badan. Jika anda ingin membentuk otot, anda membutuhkan 1,5 sampai 2 kali protein dari berat badan. 

Protein akan dipecahkan menjadi asam amino saat diproses oleh tubuh. Setidaknya tubuh akan membutuhkan 20 jenis asam amino setiap harinya. Bila anda pernah membeli suplemen, anda pasti mengetahui suplemen asam amino. 

Protein umumnya terdapat di telur, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, daging sapi, dan tentunya bibit pohon bidara.

Baca Juga :
Khasiat Daun Pohon Bidara untuk Wanita
Melihat Peluang Bisnis Jual Bibit Pohon Bidara

Mikronutrien Dalam Sebiji Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: cintaihidup.com
Selain memiliki makronutrien, dalam sebiji bibit pohon bidara juga terdapat mikronutrien yang juga dibutuhkan oleh tubuh meski tidak sepenting makronutrien. Mikronutrien adalah zat yang ditubuhkan oleh tubuh, meski dalam jumlah sedikit. Fungsi mikronutrien biasanya adalah membentuk hormon, mengatur enzim, membentuk kekebalan tubuh, dan membantu sistem reproduksi. 

Dalam sebiji bibit pohon bidara terdapat mikronutrien yang berupa tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Tiamin merupakan vitamin B1 yang berfungsi mempercepat proses perubahan karbohidrat menjadi tenaga. 

Riboflavin adalah vitamin B2 yang berguna untuk membantu proses pemecahan protein menjadi asam amino. Niasin merupakan vitamin B3 yang berfungsi menjaga kesehatan kulit. Sedangkan vitamin A dan C berfungsi menjaga kekebalan tubuh. 

Kalsium berfungsi untuk membentuk tulang yang kuat, zat besi berfungsi untuk menambah sel darah merah, fosfor berfungsi untuk menjaga fungsi saraf. Semua zat ini terdapat dalam 1 biji bibit pohon bidara.

Setelah mengetahui kandungan dalam bibit pohon bidara, apakah anda semakin tertarik untuk menanamnya?

Belum ada Komentar untuk "Makronutrien Penting yang Terkandung Dalam Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel