Artikel Pilihan

Alasan Kamu Harus Menanam Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Salah satu bibit tanaman yang paling sering dibeli di Indonesia adalah bibit pohon bidara. Tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat sebagai obat berbagai penyakit atau mengusir jin dan setan. Buah bidara juga bisa dijadikan bibit pohon bidara yang baru bila anda ingin menanam pohon bidara yang baru.

Orang Indonesia memang banyak yang menanam bibit pohon bidara. Kalau anda ingin memiliki tanaman, anda bisa mencoba menanam tumbuhan yang satu ini. Ada banyak sekali alasan kenapa sebaiknya anda memilih tanaman yang tumbuh di tanah yang kering ini dibandingkan tanaman lainnya. 

Kenapa Harus Menanam Bibit Pohon Bidara? 

1. Memiliki Banyak Manfaat 

Bibit pohon bidara menghasilkan daun dan buah yang kaya akan kandungan gizi yang berguna untuk tubuh. Sebut saja vitamin A, vitamin B, vitamin C, beta karoten, kalsium, fosfor, kalium, protein, karbohidrat, lemak, air, serat, dan masih banyak lagi. 
Dengan zat tersebut, daun dan buah bidara bisa menyembuhkan berbagai atau mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol, diabetes, masalah pencernaan, masalah kulit, luka luar, kerontokan rambut, dan masih banyak lagi. 

Bila anda memiliki pohon bidara, anda tinggal memetik daun atau buahnya saat sedang mengalami masalah kesehatan. Anda juga bisa mengkonsumsi bagian dari pohon bidara itu setiap harinya untuk mencegah penyakit. 

2. Mengusir Jin dan Setan 

Makhluk halus seperti jin dan setan memang masih menjadi perdebatan. Sebagian orang percaya akan keberadaan jin, sebagian lagi menolak keberadaan mereka. Banyak juga orang yang percaya kalau bibit pohon bidara bisa mengusir jin dan setan. 

Baik jin yang merasuki, mengikuti, atau yang menetap di rumah bisa diusir dengan menggunakan daun bidara. Fungsi dari tanaman ini juga sudah sering direkomendasikan oleh para ulama. 

Penggunaan tanaman ini pengusiran jin atau setan cukup mudah, anda hanya harus mandi dengan air yang telah direndam oleh daun bidara dan didoakan. 

3. Mudah Ditanam 

Biasanya hal yang membuat orang ragu menanam tanaman adalah sulit menanamnya. Anda tidak perlu ragu kalau ingin menanam bibit pohon bidara karena proses penanamannya sangat mudah. 

Anda hanya perlu merendam bibitnya dengan bawang merah selama semalaman. Kemudian anda bisa menumpuk daun tersebut dengan tisu basah dan menunggu akarnya tumbuh. Kalau akarnya sudah tumbuh, segera letakkan di tanah dengan posisi akar menghadap ke bawah. 

Pohon bidara akan tumbuh dalam waktu beberapa bulan. Buah bidara akan panen dalam waktu 4 bulan. Namun untuk mendapatkan buah yang berkualitas, kamu harus menunggu 2 tahun. 

4. Mudah Dirawat 

Bibit pohon bidara atau Ziziphus mauritiana ini merupakan salah satu tanaman yang mudah dirawat. Tanaman yang satu ini sebenarnya tumbuh di daerah yang gersang sehingga anda tidak perlu terlalu sering menyiram.

Anda hanya perlu memberikan pupuk setiap hari agar buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Bila anda lupa memberikan pupuk, tanaman ini masih bisa hidup dan berbuah. Buahnya juga tidak akan jelek. Namun, tidak berkualitas seperti diberi pupuk. 

5. Buahnya Tumbuh Setiap Saat 

Bibit pohon bidara merupakan tanaman yang bisa selalu menghasilkan buah tanpa memandang musim. Pohon bidara akan kembali berbuah setelah anda memanen buahnya. 

Bagi anda yang tidak sabar menunggu tanaman lain untuk berbuah, sangat cocok menanam tanaman yang satu ini. Buah yang bisa terus tumbuh ini merupakan salah satu kelebihan pohon bidara, selain manfaatnya yang sangat banyak. 

6. Harga yang Sangat Mahal 

Anda bisa membeli bibit pohon bidara dengan harga yang murah, yaitu sekitar 5 ribu Rupiah. Anda juga bisa mendapatkannya dengan gratis bila memiliki buah bidara. Namun, harga jual pohon bidara bisa mencapai ratusan ribu. 

Selain pohon, daun bidara juga bisa dijual dengan harga yang mahal. Satu kilogram daun bidara bisa laku dengan harga 500 ribu Rupiah. Harga buahnya juga tidak kalah mahal, sekitar 500 Rupiah untuk satu biji buah bidara. 

Kalau anda berniat untuk berbisnis tanaman, pohon bidara adalah tanaman yang tepat. Pasarnya juga luas karena setiap orang mencari kandungan yang terdapat dalam tanaman ini. 

Cara Berbisnis Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: cosmopolitan.co.id
Kalau anda berniat untuk berjualan bibit pohon bidara, anda harus mengetahui tata cara berbisnis tanaman yang satu ini dulu. Pertama, anda harus mengetahui modal yang anda butuhkan. Perhitungannya adalah bibit yang akan anda beli ditambah dengan potnya. 

Bila sudah membeli bibit pohon bidara dan pot, anda harus menentukan tempat untuk merawat tanaman ini. Tempatnya harus terkena sinar matahari karena tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang biasanya tumbuh di tempat yang kering. 
Selanjutnya, pastikan kalau tempat yang anda pilih sudah aman dari maling. Pastikan tempat anda sangat aman dari maling. Bila perlu, pasanglah kamera CCTV. 

 Anda juga harus menyiapkan strategi marketing, cobalah untuk membuat beberapa akun media sosial dan membuat website. Berikan pelayanan yang ramah setiap ada orang yang ingin membeli, baik jadi membeli atau tidak. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: idntimes.com
Apakah kini anda semakin tertarik menanam bibit pohon bidara? Tanaman ini memiliki banyak sekali kelebihan kalau anda memutuskan menanamnya.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Kamu Harus Menanam Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel