Artikel Pilihan

Makanan dan Minuman yang Diolah Menggunakan Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Bibit pohon bidara sangat terkenal akan manfaatnya yang bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, kolesterol, dan gagal ginjal dapat dicegah dengan penyakit ini. Selain penyakit dalam, bibit pohon bidara juga bisa menyembuhkan penyakit luar dan penyakit psikis, seperti insomnia dan depresi.

Wajar saja kalau bibit pohon bidara bisa mengobati semua penyakit itu karena mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Ada vitamin A, B, C, antioksidan, zat besi, dan fosfor dalam tanaman ini. Namun selain menjadi obat, buah atau daun bidara juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan tentunya sehat. 

Resep Makanan dari Bibit Pohon Bidara 


1. Teh Bidara 

Santapan paling mudah dalam menggunakan daun bidara adalah teh bidara. Anda cukup menyediakan daun bidara dan air panas. Seduh daun bidara dengan air yang masih mendidih. Tunggu hingga dingin baru kemudian anda minum. 

Anda juga bisa menambahkan madu atau susu untuk menambah cita rasanya. Minuman ini sangat cocok disajikan dengan kue yang manis. 

2. Pizza Toping 

Bidara Merasa pizza itu kurang sehat dan tinggi kalori? Buat saja pizza sendiri dengan mengganti topingnya dengan daun dan bibit pohon bidara. Anda perlu menyiapkan tepung, air, ragi, gula, minyak kelapa, susu bubuk, kuning telur, dan tentunya daun bidara. 

Campurkan ragi, air, dan gula. Aduk hingga rata dan muncul busa. Tambahkan minyak pada adonan ini. Bila sudah rata, anda bisa menambahkan tepung dan kemudian aduk hingga adonan menjadi kental. 

Masukkan ke dalam plastik selama 1 jam. Setelah itu, anda tinggal bentuk pizzanya dan tambahkan topping bibit pohon bidara sesuka hati. Anda juga perlu membuat sausnya dengan mengaduk halus tomat, bawang bombay, dan bawang putih. Terakhir, panggang pizza yang selesai dibentuk. 

3. Bakwan Isi Bidara 

Bakwan goreng mengandung banyak sekali minyak dan tepung. 1 buah bakwan mengandung sekitar 150 kalori dengan karbohidrat dan minyak yang sangat tinggi. Bila kamu sangat menyukai bakwan, kamu bisa mengganti isinya dengan bibit pohon bidara yang lebih menyehatkan. 

Siapkan jagung, kol, wortel, daun atau buah bidara, tepung terigu, tepung beras, dan tepung sagu. Anda juga bisa menambahkan bawang putih, bawang merah, dan daun bawang sesuai selera. 

Potong semua bahan yang telah disediakan dan campurkan dengan semua jenis tepung. Tambahkan bumbu seperti lada atau garam sesuai selera anda. Tuangkan air secukupnya dan aduk hingga agak mengental. Goreng pada saat minyak sudah mendidih. 

4. Jus Bidara 

Kalau anda harus minum jus setiap harinya, anda bisa membuat jus bidara yang sangat enak dan sehat. Siapkan bibit pohon bidara dan daun bidara. Masukkan ke dalam blender dan campurkan dengan air secukupnya. 

Blender semua bahan yang sudah dimasukkan hingga menjadi halus. Anda bisa menambahkan madu atau susu agar rasanya semakin manis. Namun, jangan tambahkan gula karena dapat meningkatkan kalorinya. 

5. Omelet Bidara 

Omelet merupakan hidangan yang sangat disukai oleh semua orang karena rasanya yang enak. Anda juga bisa menambahkan bibit pohon bidara agar omelet yang anda buat semakin sehat. 

Siapkan daun bidara, mie instan, telur, bawang putih, bawang merah, garam, merica, dan minyak. Rebus mie instan hingga matang. Selagi menunggu mie matang, potong daun bidara hingga bentuknya kecil. 

Siapkan telur, bawang, garam, dan merica dalam satu wadah. Tambahkan mie instan yang sudah matang dan daun bidara yang sudah dipotong kecil ke dalam wadah yang sama. aduk hingga adonan menjadi rata. 

Panaskan minyak pada wajan dengan api sedang. Bila minyak sudah panas, tuang adonan omelet dan tunggu hingga bau harum tercium. Setelah beberapa menit, balikkan adonan omelet agar sisi lainnya juga matang. 

Hidangkan selagi panas. Omelet bidara ini sangat cocok dimakan dengan nasi. Anda juga bisa menambahkan toping sesuka hati. Toping yang bisa anda pilih adalah keju, saus sambal, jamur, atau tomat. 

6. Infused Water 

Bidara Infused water dipercaya bisa mengeluarkan segala racun dalam tubuh. Untuk membuat infused water bidara, kamu memerlukan kunyit, jahe, kurma, dan bibit pohon bidara. 

Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu memotong kecil semua bahan dan menuangkannya ke dalam air. Simpan selama 6 jam dan kemudian infused water bidara siap diminum. 

Kandungan Dalam Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: haibunda.com
Menambahkan bibit pohon bidara ke dalam menu makanan anda ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya. Kandungan vitamin A, B, C, fosfor, kalsium, zat besi, beta karoten, dan antioksidan dalam tanaman ini bisa membantu anda menghindari penyakit.

Baca Juga :
Mengapa Orang Indonesia Sangat Cocok Menanam Bibit Pohon Bidara
Alasan Kamu Harus Menanam Bibit Pohon Bidara

Selain kandungan tersebut, 100 gram bibit pohon bidara juga mengandung makronutrien berupa karbohidrat, lemak, dan protein. Karbohidrat sangat merupakan zat yang berguna karena diolah sebagai sumber utama tenaga. 

Lemak juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga suhu tubuh serta membantu organ tubuh menjalankan fungsinya. Protein berfungsi untuk membentuk otot serta perkembangan otak dan juga menjaga organ tubuh agar bekerja dengan maksimal. 

Itu dia ulasan mengenai beberapa makanan dan minuman olahan bibit pohon bidara. Semoga bermanfaat ya.

Belum ada Komentar untuk "Makanan dan Minuman yang Diolah Menggunakan Bibit Pohon Bidara "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel