Artikel Pilihan

4 Tujuan Pelestarian Pohon Gaharu Ini Penting Bagi Masyarakat

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan berbagai macam jenis tanaman dan pohon. Namun demikian sebagian dari antara pohon-pohon tersebut mulai minim keberadaannya. Termasuk juga yang banyak dihimbau pemerintah adalah tujuan pelestarian pohon gaharu.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Mengapa demikian? Tentu saja ada sejumlah alasan menarik yang membuat pelestarian jenis pohon yang satu ini menjadi cukup penting. Bila ingin tahu lebih lanjut mengapa serta apa saja yang menjadi tujuan pelestarian pohon gaharu oleh pemerintah Indonesia, berikut ini sedikit penjelasan dari beberapa faktor yang berkaitan dengannya.

Hampir Punah

Ada banyak macam pepohonan langka di Indonesia, salah satunya yaitu jenis pohon gaharu. Dulunya menemukan pohon ini cukup mudah. Apalagi jika dirunut ke beberapa puluh tahun yang lalu, menemukan pohon gaharu bukan perkara yang sulit. Namun seiring waktu berjalan, pembangunan di berbagai macam wilayah terus meningkat.




Baca juga : Ciri Ciri Pohon Gaharu (Aquilaria malaccensis) Di Alam Liar

Akibatnya beberapa lahan penghijauan harus tergantikan oleh pembangunan rumah, infrastruktur, gedung, dan lain sebagainya. Demikian pula dengan lahan yang umumnya digunakan untuk menanam pohon gaharu. Karena perkembangan banyak kota besar di Indonesia, otomatis hal ini memangkas lahan sekaligus sejumlah bibit dan pohon gaharu yang dulunya tumbuh subur dengan leluasa.

Proses Lama

Aneka ragam tanaman atau pohon yang banyak dimanfaatkan kayunya umumnya merupakan pohon rindang yang kokoh. Sementara butuh waktu cukup lama untuk memastikan sebuah tanaman tumbuh menjadi batang pohon yang kokoh. Demikian halnya jika ingin memastikan dan melihat pohon gaharu ini bertumbuh kokoh.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: liputanmadiun.files.wordpress.com
Butuh waktu yang bisa dibilang bertahun-tahun dan cukup lama untuk melihat pohon gaharu tumbuh besar dan memberikan fungsi seperti yang dibutuhkan. Oleh sebab itu tidak heran jika pemerintah memasukkan jenis pohon gaharu sebagai salah satu pohon yang perlu dilestarikan sebisa mungkin.

Sehingga dari situ maka keberadaan pohon yang satu ini dapat terus ada dan tidak dengan mudahnya menghilang begitu saja. Proses pertumbuhan pohon yang memang memakan waktu membuat pentingnya menanam bibit pohon gaharu super sebaiknya dilakukan dari awal dan sedini mungkin. Sehingga nantinya beberapa tahun ke depan dapat mulai dinikmati seluruh manfaatnya.

Kaya Manfaat

Pasti sudah banyak yang sedikit banyak mengetahui akan manfaat dari pohon gaharu ini. Mulai dari fungsi kesehatan, fungsi penghijauan, hingga aneka macam manfaat lain yang dapat diperoleh dari daun, kayu maupun buahnya. Oleh sebab itu tidak heran jika masih banyak yang membutuhkan keberadaan pohon gaharu untuk tumbuh subur di negara ini.

Berbagai macam manfaat yang bisa diambil dan diolah dari hasil pohon ini membantu sejumlah hal termasuk di bidang kesehatan maupun kecantikan. Bahan dari pohon gaharu ternyata memang berkhasiat digunakan untuk berbagai macam manfaat yang baik.

Baca juga : Budidaya Pohon Gaharu Unggul untuk Petani Pemula

Sehingga masih banyak orang yang mencari keberadaannya. Meskipun sudah mulai sulit untuk didapatkan di masa sekarang. Oleh karena itu pelestarian jenis pohon gaharu dipandang sebagai salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan.

Kualitas Udara

Salah satu tujuan pelestarian pohon gaharu yang berguna untuk masyarakat luas termasuk yaitu fungsi reboisasi atau penghijauan. Seperti yang banyak kita ketahui bahwa lambat laun berbagai macam kota di Indonesia mengalami peningkatan polusi udara. Tentu saja hal ini harus diatasi segera, misalnya dengan tindakan reboisasi.

Pohon gaharu sendiri merupakan salah satu jenis pohon yang cukup rindang saat berhasil tumbuh. Sehingga dapat dimasukkan sebagai salah satu jenis pohon yang membantu terciptanya lingkungan dan udara yang jauh lebih berkualitas.




Dengan menanam dan memelihara pohon gaharu bertahun-tahun lamanya, hal ini akan membantu supaya lahan terbuka hijau lebih maksimal dan kadar udara di sekitarnya jauh lebih layak untuk dinikmati oleh penduduk yang ada.

Itulah sebagian besar tujuan pelestarian pohon gaharu yang banyak digalakkan oleh pemerintah. Semakin punahnya jenis pohon yang satu ini mendorong pemerintah Indonesia berusaha untuk terus melestarikan aneka jenis pohon gaharu.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika masyarakat juga mencoba untuk aktif dan ikut berpartisipasi. Sehingga kelak keberadaan pohon yang super manfaatnya ini tetap terjaga dan bisa dinikmati oleh generasi-generasi kita selanjutnya.

Baca Juga :









Belum ada Komentar untuk "4 Tujuan Pelestarian Pohon Gaharu Ini Penting Bagi Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel