Artikel Pilihan

Mengolah Pohon Gaharu Hingga Bermanfaat

Mengolah pohon gaharu hingga menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bisa digunakan oleh manusia mungkin memerlukan proses yang cukup panjang. Namun proses pengolahan yang benar akan memberikan hasil terbaik yang bermanfaat bagi manusia.

Pohon gaharu sendiri sebenarnya sudah sejak lama dikenal memiliki begitu banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Bahkan manfaat yang diberikan oleh pohon ini tidak hanya sekedar untuk pengobatan saja tetapi juga untuk hal dan keperluan lainnya.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Pohon gaharu bisa diolah hingga menjadi berbagai macam bentuk. Tentunya untuk bisa difungsikan dengan semaksimal mungkin maka pohon ini haruslah dikelola dengan cara yang tepat. Bila mampu mengolah pohon gaharu dengan benar, berikut ini beberapa hasil yang dapat diperoleh :




Minyak

Minyak gaharu merupakan salah satu hasil olahan dari tanaman gaharu. Mengolah pohon gaharu hingga menjadi minyak gaharu umumnya dilakukan dengan melalui proses penyulingan. Pada proses pembuatan minyak ini tentu dibutuhkan serpihan atau serbuk gaharu untuk kemudian dimasukkan ke dalam ketel kuk dan setelah itu ketel dialiri air.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Pisahkan air dengan minyak dengan menggunakan beberapa bejana pada bagian ujung pendingin. Anda kemudian bisa memanaskan air yang ada di dalam ketel dengan menggunakan gas atau juga menggunakan api arang. Setelah dipanaskan selama kurang lebih satu jam maka uap akan mulai terkondensasi di bejana pemisah air dan minyak. Proses penyulingan ini bisa berjalan selama kurang lebih 6 hingga 8 jam.

Kosmetik

Diketahui bahwa air limbah yang dihasilkan pada proses penyulingan minyak gaharu rupanya masih bisa bermanfaat. Salah satunya adalah sebagai bahan pembuat kosmetik. Air limbah ini bisa digunakan sebagai bahan penghalus wajah. Tampaknya hal ini bukanlah merupakan suatu kabar isapan jempol belaka.

Sebab pengolahan air limbah dari penyulingan minyak gaharu hingga menjadi bahan kosmetik ini telah dinyatakan oleh ASGRIN atau Asosiasi Gaharu Indonesia. Mengolah pohon gaharu hingga menjadi minyak dan menghasilkan limbah rupanya tidaklah terlalu memberikan efek negatif pada lingkungan. Sebab limbah ini pada akhirnya bisa juga digunakan untuk menjadikan wajah Anda menjadi semakin halus.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: kaltim.tribunnews.com


Hio

Jika air limbah penyulingan minyak gaharu bisa diolah hingga menjadi kosmetik maka ampas dari penyulingan tersebut juga bisa dimanfaatkan dan diolah. Ampas limbah tersebut bisa diolah menjadi hio. Hio pada dasarnya dibuat dari campuran antara abu gaharu dan abu lengket dengan adanya perbandingan 1:10. Setelah itu campuran abu ini ditambah dengan aroma lainnya dan terus diaduk hingga bercampur menjadi satu dan jadilah hio.

Hio selanjutnya bisa dicetak sesuai dengan selera konsumen. Berbagai macam bentuk hio antara lain seperti lidi dan spiral serta kerucut. Selanjutnya hio yang telah dicetak tersebut dijemur hingga kering. Jika hio telah kering maka hio telah siap untuk dipasarkan. Hio berbentuk lidi umumnya digunakan sebagai salah satu sarana peribadatan.

Obat

Manfaat gaharu yang paling sering diketahui oleh masyarakat yaitu sebagai bahan pengobatan secara tradisional. Umumnya bagian dari tanaman gaharu yang digunakan sebagai bahan pengobatan adalah buahnya. Buah gaharu bisa direbus selama beberapa waktu saja. Biasanya hanya dibutuhkan waktu selama beberapa menit untuk merebus buah gaharu dengan menggunakan air.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Biru (Juniperus squamata) Di Alam Liar

Kemudian air rebusan tersebut bisa dikonsumsi. Mengonsumsi air rebusan buah gaharu secara rutin dipercaya dapat mencegah seseorang dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit hipertensi dan kolesterol tinggi serta stroke.

Selain itu air rebusan juga masih bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit lainnya. Mengolah pohon gaharu hingga menjadi obat tampaknya merupakan suatu hal yang unik namun sangat mudah. Pengolahan ini bisa memberikan dampak berupa kesehatan terhadap orang yang mengonsumsinya.

Perabot

Batang pohon gaharu juga bisa diolah sehingga menjadi perabot rumah tangga. Mengolah pohon gaharu hingga menjadi perabot rumah tangga sudah tentu pernah dilakukan oleh beberapa orang. Kayu gaharu dikenal memiliki kualitas baik.




Bahkan ada pula kayu yang dihasilkan oleh pohon gaharu dengan kualitas super. Maka tak heran bila kayu gaharu ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Kualitas kayu gaharu yang baik dan kuat ini membuatnya bisa dijadikan sebagai bahan perabot dengan harga jual cukup tinggi.

Mengolah pohon gaharu sesuai dengan kebutuhan adalah langkah maupun upaya terbaik yang bisa dilakukan saat ini. Sehingga nantinya dari kekayaan alam jenis tersebut bisa didapatkan hasil yang bermanfaat untuk berbagai kepentingan seperti contoh di atas.

Baca Juga :

















Belum ada Komentar untuk "Mengolah Pohon Gaharu Hingga Bermanfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel