Artikel Pilihan

Pohon Gaharu Super, Manfaat Serta Nilai Ekonomisnya

Pohon gaharu super tampaknya sudah banyak dikenal oleh masyarakat bahkan sampai ke mancanegara. Hal ini cenderung terjadi karena kualitas dan manfaat dari pohon gaharu ini sudah banyak didengar hingga ke negara lain. Sebagian orang beranggapan bahwa kayu yang dihasilkan oleh pohon tersebut merupakan kayu suci yang berasal dari surga. Bahkan tidak sedikit orang yang menyebutnya sebagai kayu surga atau kayu ajaib.

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Memang pohon ini tampak sangat luar biasa, apalagi karena seluruh bagian dari pohon ini bisa dimanfaatkan oleh manusia. Jika kebanyakan pohon hanya dimanfaatkan batangnya saja, maka pohon yang satu ini juga bisa dimanfaatkan bagian daunnya.

Memiliki sebuah pohon gaharu saja tampaknya bisa memberikan berbagai macam manfaat yang maksimal. Oleh karena itu kelestarian pohon gaharu menjadi suatu perihal penting. Sehingga masyarakat bisa menggunakan pohon ini untuk dimanfaatkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.




Baca juga : Budidaya Pohon Gaharu Unggul untuk Petani Pemula

Manfaat Kayu Pohon Gaharu Super

Berbagai manfaat dari kayu yang dihasilkan oleh pohon gaharu super ada berbagai macam. Hal ini juga sering kali sudah banyak dipahami penanamnya. Beberapa orang menganggapnya sebagai kayu ajaib karena manfaatnya yang begitu besar. Tidak hanya itu saja, aneka macam manfaatnya tersebut meliputi beberapa hal di bawah ini.

1. Industri Kecantikan

Kayu ini dikenal sebagai bahan untuk membuat kosmetik seperti misalnya sampo dan parfum. Oleh karena itu semakin banyak industri kecantikan yang membutuhkan khasiat dari pohon gaharu super ini sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat kosmetik.

2. Bidang Medis

Tidak hanya itu saja tetapi khasiat pohon ini juga sampai ke bidang medis. Beberapa pengobatan medis juga menggunakan manfaat dari pohon ini. Keberadaan kayu dari pohon ini memang dipercaya dapat digunakan untuk melakukan proses pengobatan dan penyembuhan dari beberapa penyakit.

Kayu gaharu dari segi medis dinilai bisa berguna bagi kesehatan. Bahkan kayu ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari penyakit berjenis ringan hingga penyakit berat. Akan tetapi memang masih banyak yang membutuhkan penelitian lebih lanjut, walaupun banyak yang mempercayai manfaat tersebut.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: elnuha.net


3. Manfaat Mistis

Beberapa orang mempercayai adanya manfaat mistis dari pohon ini. Rupanya bukan hanya manfaat yang terlihat saja. Tetapi masyarakat tanah air masih memiliki kepercayaan bahwa pohon ini bisa menangkal berbagai macam kekuatan atau gangguan mistis.

Apalagi berkaitan dengan kepercayaan masyarakat mengenai pohon ini yang berasal dari surga. Maka tak sedikit orang yang menggunakannya sebagai penangkal dari berbagai jenis ilmu hitam. Bahkan ada pula yang menggunakannya untuk menangkal serangan jin.

Pohon Gaharu Super Bernilai Ekonomi Tinggi

Kualitas yang tak diragukan serta banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh pohon gaharu super membuatnya semakin diminati oleh masyarakat dari dalam dan luar negeri. Itulah sebabnya tak heran bila pohon ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Baca juga : Bibit Pohon Gaharu Unggul Dan Berkualitas

Pohon ini memang memiliki ciri atau karakter dan kekhasan tersendiri. Dengan karakternya yang khas ini maka pohon gaharu super memiliki nilai yang lebih tinggi dari biasanya. Jika ditelusuri secara lebih lanjut maka bisa diketahui bahwa kayu pohon yang berbentuk gelondongan dan chip bisa dibanderol hingga ratusan ribu rupiah per kilogram.

Bahkan kayu pohon dengan kualitas super bisa dihargai hingga ratusan juta. Hal ini bukanlah sesuatu yang mengherankan, sebab pohon gaharu super pada dasarnya memang memiliki kualitas yang prima. Sehingga nilai ekonomi jenis kayu yang berasal dari pohon tersebut cukup maksimal di pasaran.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: dewisundari.com





Tidak hanya kualitasnya saja tetapi kayu pohon ini juga memiliki aroma yang khas. Aroma khas yang ditimbulkan oleh kayu pohon ini tampaknya bisa membuatnya semakin dianggap memiliki kualitas yang sangat tinggi. Otomatis hal ini memicu banyak orang yang ingin mendapatkannya dengan harga berapapun.

Saat ini permintaan dari berbagai negara terhadap kayu memang semakin meningkat termasuk permintaan terhadap kayu berkarakter khas seperti pohon gaharu super. Pohon yang dipercaya memiliki banyak khasiat dan berkualitas ini rupanya menjadi salah satu hasil alam yang paling banyak diminati oleh masyarakat kelas dunia.

Baca Juga :







Belum ada Komentar untuk "Pohon Gaharu Super, Manfaat Serta Nilai Ekonomisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel