Artikel Pilihan

10 Jenis Tanaman Bonsai yang Harus Anda Miliki

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Ada banyak sekali Tanaman Bonsai Serut yang bisa Anda tanam di rumah Anda. Selain bisa dijadikan tanaman hias, beberapa tanaman bonsai juga bisa dijadikan obat. Anda hanya perlu memilih jenis bonsai mana yang akan Anda tanam. Namun tetap perhatikan karakteristik bonsai tersebut ya, agar sesuai cara perawatannya.

Masing-masing Tanaman bonsai serut memiliki keunikan tersendiri, di bawah ini adalah jenis bonsai yang harus Anda miliki versi Kami. Simak dengan baik ya:



Elm (Ulmus)

Elm adalah tumbuhan berkayu keras dan berdaun lebar, yang termasuk dalam genus Ulmus. Pohon gugur ini biasanya memiliki gerigi pada tepi daunnya. Seluruh anggota dari genus Ulmus merupakan tanaman asli Asia Tengah, yang kemudian menyebar di belahan bumi Utara, terutama di kawasan beriklim sedang, dari Amerika Utara hingga ke Indonesia. Sebagian besar spesies Ulmus tumbuh di wilayah beriklim subtropis, hanya ada beberapa spesies saja yang dapat tumbuh di wilayah tropis.

Baca juga : Mau Beli Bonsai Beringin? Ini Daftar Harga Termahalnya

Boxwood (Buxus)

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: pinterest.com
Buxus atau Boxwood adalah genus tanaman yang memiliki sekitar 70 spesies dalam keluarga Buxaceae. Ia adalah tanaman asli Eropa, kemudian disebarkan ke berbagai wilayah yang meliputi Asia, Afrika, Madagaskar, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko dan Karibia.

Lohansung (Podocarpus)

Lohansung atau Melur adalah nama genus tumbuhan berbentuk pohon yang terbesar di daerah tropis, sampai ke Himalaya, Jepang, Cina, dan Indonesia. Genus ini termasuk ke dalam suku Podacarpaceae yang meliputi 100 spesies. Banyak sekali spesiesnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai tanaman bonsai.

Sancang (Premna)

Premna atau Sancang adalah genus tanaman berbunga yang pertama kali dideskripsikan pada tahun 1771. Premna tersebar luas di daerah tropis dan subtropis, mulai dari Afrika, Asia, hingga ke Australia. Ini adalah salah satu tanaman yang paling sering digunakan sebagai pohon bonsai mini yang disebut "Mame Bonsai".

Bugenvil (Bougainvillea)

Bunga Kertas atau Bugenvil adalah tanaman hias yang sangat populer diseluruh dunia. Ada banyak kultivar bunga kertas yang telah dibudidayakan, sebagian besar memiliki bunga berwarna-warni yang cerah seperti merah, ungu, kuning, oranye, hingga putih.

Baca juga : Melihat Museum Bonsai Beringin Terkenal di Jepang

Oleh karena itu, bunga kertas menjadi tanaman yang cocok untuk menambah keindahan pekarangan rumah atau taman, termasuk bonsai. Daunnya yang jarang namun memiliki bunga yang banyak membuatnya semakin cantik.

Bungur (Lagerstroemia)

Bungur adalah sejenis tanaman berkayu yang dapat tumbuh menjadi pohon kecil hingga sedang dengan ketinggian mencapai 5-6 meter. Pohon bungur dikenal dengan nama Sakura Lokal di Indonesia. Banyak masyarakat yang menggunakan pohon ini untuk peneduh jalan atau halaman rumah.

Nia (Neea)

Neea adalah genus tanaman dalam keluarga Nyctaginaceae yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Selatan. Genus ini dinamai oleh ahli botani José Pavón dan Hipólito Ruiz untuk menghormati Luis Née, seorang ahli botani di Ekspedisi Malaspina.



Sakura (Prunus serrulata)

Sakura adalah spesies pohon yang berasal dari Jepang, Korea, Cina, dan India. Pohon sakura jepang merupakan pohon utama penghasil Bunga Sakura. Pohon berbunga indah ini banyak ditanam untuk pameran dan hanami di musim semi. Sebagian besar pohon sakura tumbuh di wilayah subtropis hingga sedang, dan jarang bisa tumbuh subur di iklim tropis.

Ume (Prunus mume)

Ume atau disebut Chinese Plum dalam bahasa Inggris, adalah spesies tanaman dari genus Prunus seperti sakura. Ia adalah tanaman asli Cina yang sekarang ini sering ditanam untuk dinikmati keindahan bunganya atau diambil buahnya. Pohon ume berbunga pada akhir musim dingin dan awal musim semi. Bunganya sering dijadikan objek sastra dan seni lukis oleh seniman-seniman Asia Timur dan Vietnam.

Beech (Fagus)

Fagus adalah genus pohon gugur daun yang tergabung dalam keluarga Fagaceae. Ini adalah tanaman asli dari Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Sehingga Anda akan mudah menemukannya di daerah ini.

Itulah tadi 10 jenis bonsai yang sangat cocok untuk ruangan Anda. Ada banyak lagi jenis bonsai yang harus Anda ketahui. Simak di artikel selanjutnya ya! Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Tanaman Bonsai yang Harus Anda Miliki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel