Artikel Pilihan

Apa Saja Penilaian Dalam Kontes Bonsai Beringin?

Bonsai beringin merupakan sebuah karya seni dengan sejarah yang sangat panjang. Seni menanam bonsai sudah ditemukan sejak zaman kerajaan di Cina dan Jepang. Kini, Bonsai beringin mampu menjadi tanaman hias yang digemari oleh banyak orang. Setiap tahunnya, banyak kontes yang mengadu keindahan dari setiap bonsai yang ikut serta.

Bonsai beringin merupakan tanaman kerdil versi dari pohon beringin. Selain pohon beringin, bonsai juga bisa berupa tanaman lain. Bonsai dinilai sebagai sebuah seni karena membutuhkan perawatan serta kreativitas agar tanaman ini terlihat indah. Namun, keindahan setiap bonsai tentu berbeda sehingga ada beberapa kategori penilaian.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Memahami Struktur Bonsai Beringin

1. Tingkat Kematangan

Bila anda memperhatikan, bonsai beringin yang menjadi juara dunia merupakan bonsai yang berumur sangat tua, bahkan ada yang sampai berumur 800 tahun. Bonsai yang tua dapat menjadi pemenang karena memiliki tingkat kematangan lebih baik. Juri selalu menilai tingkat kematangan dari sebuah tanaman.



Juri akan menilai tingkat kematangan dari setiap bagian bonsai, mulai dari akar, batang, daun, hingga cabang. Kalau tanaman anda masih muda. Namun ingin mengikuti kontes, cukup ikut kontes dari salah satu kriterianya. Ada kriteria bayi, remaja, dan tua.

Pada kriteria bayi, kematangan hanya dinilai pada akar dan batang. Kriteria remaja akan menilai kemunculan ranting. Pohon bonsai yang diakui sebagai juara dunia adalah yang masuk kategori tua dengan anatomi yang lengkap.

2. Bentuk Dasar

Setiap bagian bonsai beringin memiliki bentuk dasar. Contohnya, batang tanaman ini akan semakin mengecil pada bagian atasnya. Kalau tanaman anda malah semakin besar di bagian atas, anda akan kalah pada penilaian ini.

Selain itu, penilaian gaya dari sebuah bonsai masuk dalam kategori ini. Setiap gaya memiliki penilaian tersendiri lagi. Seperti gaya miring, keseimbangan akan menjadi poin utama.

Karakter dari bonsai beringin juga masuk dalam penilaian bentuk dasar. Juri akan menilai aura atau watak yang akan dikeluarkan oleh tanaman anda. Penilaian karakter dilihat dari bentuk batang, daun, dan akar.

3. Proporsional

Kematangan dari batang, daun, dan akar akan membuat bonsai beringin semakin lebih indah. Tanaman anda akan jadi lebih indah kalau semua elemen itu tumbuh secara proporsional. Kalau bonsai milik anda terlihat sangat lebat sampai bagian batangnya tertutup. Dalam kategori ini, bonsai anda akan kalah.

4. Keserasian

Anda juga harus menanam bonsai beringin di pot yang bagus karena bagian ini juga menjadi penilaian. Nilainya masuk ke dalam kategori keserasian. Bukan hanya pot yang masuk dalam kategori ini, ada juga penilaian kesehatan dan peletakan.

Juri akan menilai kesehatan tanaman anda. Itulah mengapa anda harus rajin merawat tanaman jika ingin mengikuti kontes. Bonsai yang sehat bukan hanya terlihat lebat, bonsai yang tidak ada daun juga bisa dibilang sehat karena melambangkan tanaman di musim gugur.

Pot yang indah dan penempatan juga menjadi penilaian juri. Pot serta penempatan yang tepat tentu akan membuat bonsai menjadi lebih indah. Sebuah tanaman biasanya ditanam di tengah pot bulat. Namun, anda juga bisa mencoba menanam di salah satu sisi pot dengan gaya melengkung.

Daftar Bonsai Beringin yang Jadi Juara

Setelah mengetahui aspek penilaian dalam sebuah kontes bonsai beringin, tentu anda juga harus melihat tanaman yang memenuhi semua aspek itu. Bonsai Kunio Kobayashi adalah salah satu bonsai yang mampu mendapatkan penghargaan dari perdana menteri Jepang. Tidak main-main, bonsai berumur 800 tahun ini mendapatkan penghargaannya empat kali.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: youtube.com
Bonsai Pohon Tropis Brazil sangat cocok dijadikan contoh untuk penilaian keserasian. Bonsai beringin ini diletakkan di salah satu sisi dengan batang yang melengkung ke sisi yang lain. Dalam aspek penilaian lainnya, Pohon Tropis Brazil ini juga tidak kalah karena sangat sehat dan memiliki penjiwaan yang bagus.



Bonsai beringin milik Masahiko Kimura juga mampu memenangkan juara bonsai sehingga namanya terkenal. Jika anda melihat sendiri, anda pasti mengerti tanaman ini bisa menjadi juara.

Kalau anda ingin mengikuti sebuah kontes bonsai, ada baiknya anda serius dalam merawat bonsai milik anda. Sekarang anda juga telah mengetahui aspek penilaian untuk menentukan juara sehingga anda bisa lebih fokus ke aspek tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Penilaian Dalam Kontes Bonsai Beringin?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel