Artikel Pilihan

Melihat Museum Bonsai Beringin Terkenal di Jepang

Salah satu tanaman hias yang paling digemari adalah bonsai beringin, tanaman versi kecil dari pohon beringin. Bonsai beringin didapatkan dengan cara mencangkok salah satu bagian pohon beringin hingga mendapatkan bakal buah. Tanaman ini dapat hidup hingga ratusan tahun, bahkan ada yang berumur 800 tahun.

Bonsai beringin memang merupakan tanaman panjang umur. Tanaman bonsai telah menjadi seni di berbagai belahan dunia, terutama Jepang. Negara samurai ini sangat menghargai seni dalam bonsai. Di Jepang, ada beberapa museum bonsai yang memiliki berbagai jenis bonsai dan sudah sangat terkenal.

Dua Museum Bonsai Beringin Terkenal di Jepang

1. Museum Shunkaen

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Sebelumnya kita telah membahas ada bonsai beringin yang berumur hingga 800 tahun. Bonsai tersebut berada di museum Shunkaen. Museum ini merupakan museum yang dimiliki oleh Kunio Kobayashi, seorang seniman bonsai yang telah menjadi legenda. Bonsai miliknya yang berumur 800 tahun itu telah memenangkan penghargaan dari perdana menteri Jepang sebanyak empat kali. Kunio Kobayashi sungguh mendedikasikan hidupnya untuk merawat bonsai hingga mendapat julukan si bonsai.



Museum Shunkaen sudah dibuka sejak tahun 2002 lalu, tepatnya tanggal 3 April. Kalau lagi jalan-jalan ke Jepang, anda dapat berkunjung ke museum yang terletak di Jalan Nihori 1-29-16 ini. Ada banyak ruangan dengan beberapa tema di museum ini, seperti tema ruang teh, rumah bilik, dan kebun. Anda harus membayar sebesar 800 Yen untuk dapat masuk kesana.

Museum ini hanya tutup pada hari Senin. Jadi, anda dapat mengunjunginya dari hari Selasa sampai hari Minggu. Anda dapat melihat bonsai beringin saat museum ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Anda tidak hanya bisa melihat-lihat bonsai beringin di museum ini, melainkan juga belajar membuat bonsai. Kunio Kobayashi membuka kelas khusus untuk membuat bonsai setiap minggunya. Biaya kelasnya hanya 3000 Yen. Dengan biaya itu, anda sudah mendapatkan ilmu, pohon, dan pot.

Anda juga akan belajar langsung dengan sang master bonsai. Bonsai beringin miliki museum Shunkaen yang sudah menang penghargaan pernah ditawar dengan harga 1 miliar. Pohon itu diberi nama bonsai Kunio Kobayashi.

2. Omiya Bonsai Museum

Kalau di Omiya Bonsai Museum, anda bisa melihat 100 bonsai terbaik di dunia, termasuk bonsai beringin. Setiap tahunnya, bonsai di museum yang berdiri tahun 2010 ini selalu berganti-ganti. Museum ini terletak di Omiya Bonsai Village, sebuah desa yang sebagian penduduknya merupakan seniman bonsai.

Omiya Bonsai Village memiliki sejarah yang sangat panjang yang dimulai sejak tahun 1925 saat seorang seniman bonsai profesional membentuk desa ini. Desa ini juga memberikan kontribusi saat Jepang Word Exposition pada tahun 1970 dengan menyumbang bonsai beringin serta jenis bonsai lainnya.

Omiya City Saitama, kota tempat Omiya Bonsai Village berdiri merupakan tempat terselenggaranya festival bonsai pertama di dunia. Anda dapat masuk ke Omiya Bonsai Museum dengan membayar 300 Yen. Saat masuk ke dalamnya, anda akan kagum dengan suasana ruangannya yang dipenuhi bonsai beringin.

Anda juga bisa membeli bonsai di toko yang terletak di belakang museum. Harga bonsai di museum itu juga beragam, mulai dari puluhan Yen hingga ratusan ribu Yen.



Museum Bonsai Beringin di Indonesia

Meski tidak memiliki museum yang khusus untuk bonsai. Namun, indonesia juga memiliki museum yang isinya berbagai tanaman lengkap. Di museum Etnobotani ini, anda bisa melihat berbagai jenis bonsai beringin. Museum ini terletak di Bogor dan dibangun pada tahun 1895.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Anda pasti berpikir kalau museum Etnobotani dibangun oleh pemerintah. Sebenarnya, museum yang satu ini dibangun oleh seorang antropologi yang berasal dari Amerika. Anda tidak hanya akan melihat bonsai beringin atau berbagai jenis tanaman di museum ini.

Ada banyak benda bersejarah di sana, yaitu meliputi pakaian tradisional, alat musik tradisional, mainan tradisional, hingga peralatan rumah tangga yang sangat kuno. Museum ini memang museum yang sangat lengkap.

Apakah anda tertarik untuk pergi ke Jepang demi melihat berbagai koleksi bonsai beringin yang telah menjadi juara dunia? Kalau Jepang terlalu jauh dan membutuhkan biaya yang mahal, anda bisa ke museum Etnobotani terlebih dahulu.

Belum ada Komentar untuk "Melihat Museum Bonsai Beringin Terkenal di Jepang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel