Artikel Pilihan

Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Pada tahun 2018, ada bonsai beringin yang dipatok seharga 1 miliar Rupiah di Festival Bonsai Surabaya. Bonsai itu adalah bonsai Ficus Microcarpa yang berumur 100 tahun lebih. Di Jepang, ada bonsai beringin seharga 1,2 Miliar bernama Bonsai Kunio Kobayashi. Bonsai termahal sepertinya dipegang oleh Bonsai A Centuries Old Pine seharga 18,4 Miliar Rupiah.

Bonsai beringin merupakan tanaman yang didapatkan dengan melakukan pencangkokan terhadap cabang dari pohon beringin. Pohon yang memiliki nama latin Ficus Benjamina ini memiliki habitat di hutan tropis dan dapat hidup di berbagai tanah. Pohon beringin memiliki tinggi mencapai 25 meter dengan batang yang sangat besar.

Penyebab Harga Bonsai Beringin Sangat Mahal

Dari data-data yang kita ketahui, harga bonsai beringin sangat fantastis untuk tanaman sekecil ini. Cara mendapatkan bakal bibit tanaman ini juga gampang karena pohon beringin tumbuh dimana saja. Apalagi tumbuhan ini juga berumur sangat panjang. Sebenarnya apa yang menyebabkan harga tanaman yang satu ini sangat mahal?



1. Membutuhkan Perawatan

Meskipun sangat gampang untuk merawat bonsai beringin, tetap saja tumbuhan ini membutuhkan perawatan yang rutin. Anda harus menyiram, memberikan pupuk, dan memangkas daun serta cabang yang mengganggu penampilan.

Melakukan perawatan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda harus terus membeli yang harganya tidak murah. Semua perawatan tersebut tentu saja masuk ke dalam biaya modal ketika menjual tanaman yang satu ini.

2. Umur yang Tua

Kalau anda memperhatikan dengan jeli, semua bonsai beringin yang laku dengan harga miliaran memiliki umur yang tua. Bonsai Ficus Microcarpa yang laku 1 miliar berumur 100 tahun. Bonsai Kunio Kobayashi umurnya sudah 800 tahun. Ada juga Bonsai Sargent Juniper yang berumur 250 tahun seharga 5 miliar.

Semakin tua umur bonsai, semakin mahal harganya karena dinilai memiliki suatu seni yang berbeda dibandingkan bonsai yang masih muda. Memiliki bonsai beringin bisa menjadi salah satu bentuk investasi dalam jangka panjang.

3. Bentuk yang Indah

Kesenangan dalam merawat bonsai beringin adalah anda bisa mengubah bentuknya sesuai kreativitas anda. Semua bonsai yang hadir dalam festival bonsai dan memiliki harga yang mahal pasti memiliki bentuk yang indah untuk dipandang.

4. Kesan yang Natural

Pohon beringin merupakan pohon yang hidup di hutan sehingga mewakilkan bentuk alam bagi sebagian orang. Membawanya masuk ke dalam rumah dalam bentuk bonsai beringin bisa membuat kepuasan tersendiri bagi orang. Hal inilah yang membuat tanaman yang satu ini menjadi mahal.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Bonsai beringin dinilai memiliki bentuk kesan yang sangat natural. Hal ini bisa terlihat dari bentuknya yang hanya punya dua warna, yaitu coklat dan hijau. Menurut psikologi, kedua warna tersebut adalah warna yang natural dan dekat dengan alam.

5. Kelangkaan

Pohon beringin memang tumbuh dimana-mana. Namun, tidak semua jenis pohon tumbuh di Indonesia. Contohnya seperti Beringin Kimeng dan Beringin India. Kedua tanaman ini hanya terdapat di China dan India. Kalau anda mau bakal bibitnya, anda harus mengekspornya.

Harga ekspornya tentu tidak murah. Terutama karena regulasi yang menghambat ekspor dan membuat biayanya semakin mahal.

6. Cara Membuat Bonsai Beringin Semakin Mahal

Dari daftar bonsai beringin termahal di dunia, kita mengetahui bahwa pohon bonsai tersebut umurnya berabad-abad, sehat, dan memiliki bentuk yang indah. Anda tidak mungkin bisa menunggu hingga ratusan tahun untuk menjual bonsai beringin milik anda. Namun, anda bisa membuat tanaman ini menjadi sehat dengan bentuk yang indah.



Karena itu, anda harus melakukan perawatan yang tepat secara rutin setiap harinya. Memberikan nutrisi seperti pupuk, obat-obatan, sinar matahari, dan air. Selain itu, bentuk juga agar tanaman ini semakin rapi. Pangkas seluruh daun atau cabang yang mengganggu penampilannya. Bonsai beringin yang harganya miliaran itu juga pasti tetap melakukan perawatan seperti ini.

Bonsai beringin harganya memang mahal kalau anda bisa merawatnya dengan benar tanpa perlu menunggu ratusan tahun.

Setelah mengetahui hal ini, seharusnya anda semakin rajin merawat dan menjaga nutrisi bonsai beringin yang anda miliki.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel