Artikel Pilihan

Tanaman Bonsai Terkeren yang Cocok untuk Anda Tanam

Tanaman Bonsai Serut memang tanaman yang cukup bagus dan recommended untuk dijadikan tanaman hias. Bisa Anda letakkan di luar maupun dalam ruangan. Cara perawatannya pun tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda tidak perlu kawatir karena beberapa jenis bonsai ada yang berukuran kecil sehingga Anda hanya perlu meletakannya di dalam pot saja.

Tanaman bonsai serut ini memiliki keunikan tersendiri. Ada banyak jenisnya, di bawah ini adalah tanaman bonsai yang keren dan cocok untuk Anda tanam seperti:

1. Cypress

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai yang satu ini berasal dari Asia Timur dan juga Amerika Serikat bagian Timur. Merupakan salah satu tumbuhan runjung dan daunnya berwarna hijauyang masuk dalam keluarga cemara Cupressaceae.




2. Apel Liar

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: bertaniorganik.com
Tanaman bonsai yang kedua adalah tanaman apel liar atau nama latinnya Malus sieboldii. Berasal dari Jepang. Cina, dan Korea. Tanaman ini masuk dalam keluarga Rosaceae.

Baca juga : Melihat Museum Bonsai Beringin Terkenal di Jepang

3. Natal Plum

Bonsai yang ketiga adalah Natal Plum atau nama latinnya disebut Carissa macrocarpa. Tanaman yang banyak tumbuh di Afrika Selatan ini dikenal juga dengan Prem Natal, dan di Afrika Selatan sendiri disebut Num Num, dan Uganda (Amathungulu / umThungulu oBomvu). Masih tergolong dalam keluarga Carissa.


4. Black Olive

Bucida spinosa adalah nama latin untuk black olive. Pohonnya lebih kecil dibanding yang lainnya, pohon ini tergolong sangat langka dan memiliki nilai estetika tersendiri, sangat cocok ditanam di tempat yang memiliki kandungan garam tinggi contohnya di tepi pantai atau dekat dengan laut.

5. Pupus Merah

Pupus Merah atau Maba buxifolia cukup terkenal dengan nama ebony hitam. Banyak tersebar di daerah Burma, Kamboja, Filipina, Semenanjung Melayu, Thailand, Sri Lanka, Laos, hingga Indonesia. Tanaman pupus merah merupakan salah satu pohon penghasil kayu yang cukup berkualitas.

6. Lantana

Jika menyebut tanaman Lantana mungkin banyak yang kurang mengerti, di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama tanaman tahi ayam, tanaman ini masuk dalam keluarga Verbenaceae atau tanaman berbunga dan berasal dari wilayah tropis yang ada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Baca juga : Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya

Karena tipe tanaman ini bisa beradaptasi dengan semua jenis tanah maka banyak yang membudidayakan tanaman ini terutama di negara beriklim tropis salah satunya di Australia.

7. Asoka

Asoka atau nama latinnya Saraca Asoca ini merupakan tanaman yang bagus untuk pohon pagar. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman hias yang suci bagi umat Hindu. Keunikannya adalah saat malam hari, terutama di bulan April dan Mei, bunga ini akan mengeluarkan bau harum yang menenangkan.

Oleh sebab itulah, banyak yang mengartikan bahwa pohon Asoka bisa diartikan dengan cinta dan kesucian. Sangat indah bukan?

8. Jambu Biji

Tahukah Anda tanaman jambu biji juga bisa dibuat bonsai lhoh. Jambu Biji atau nama latinnya Psidium guajava ini berasal dari Brasil. Namun banyak tersebar di Thailand dan kemudian disebarkan lagi ke Indonesia. Anda tentu sudah tahu buahnya berwarna hijau saat masih muda dan berwarna kekuningan saat mulai matang. Daging buahnya ada berwarna merah dan ada berwarna putih, rasanya asam dan manis.

9. Kaliandra

Pohon ini masuk dalam kategori pohon semak. Memiliki nama latin Calliandra, dengan daun yang halus, padat, serta bunga berwarna merah yang sangat indah. Berasal dari Brasil, Uruguay, dan juga Argentina Utara. Namun sekarang, tanaman ini sudah tersebar ke banyak negara dan mulai dibudidayakan karena keindahannya.

10. Amplas

Amplas atau nama latinnya Hampelas (Ficus ampelas) ini merupakan salah satu tanaman yang bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter dengan diameter sebesar 50 cm. Tanaman ini cukup banyak ditemukan di Indonesia terutama di 1300mdpl.




Banyak sekali pilihannya bukan? Anda hanya perlu memilih tanaman yang sesuai dengan cuaca dan juga habitatnya, pastikan sebelum menanamnya pelajari dahulu tentang kebutuhan dan bagaimana cara perawatannya.

Tentu saja ini untuk menghindari pemborosan terlebih lagi tanaman bonsai ini memiliki harga yang cukup tinggi tergantung jenis dan spesiesnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Tanaman Bonsai Terkeren yang Cocok untuk Anda Tanam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel