Artikel Pilihan

Jenis Jenis Tanaman Bonsai yang Recommended untuk Anda

Tanaman Bonsai Serut merupakan salah satu tanaman yang memiliki harga cukup fantastis. Proses penanaman dan perawatan yang cukup rumit namun mudah jika sudah terbiasa ini membuatnya semakin unik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Ukurannya bermacam-macam, ada yang besar, ada yang kecil sehingga Anda hanya membutuhkan pot dan meletakkannya di dalam ruangan. Anda juga bisa meletakkannya di halaman rumah. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apa saja Tanaman bonsai serut yang cocok dan recommended untuk Anda? Simak di bawah ini:

1. Jeruk Kingkit

Tanaman Jeruk Kingkit atau nama latinnya Triphasia trifolia ini merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia dan Malaysia. Namun saat ini tanaman ini sudah menyebar hingga ke banyak pulau salah satunya Samudra Pasifik.

Tanaman ini bisa mencapai ketinggian hingga 3 meter. Meskipun dianggap sebagai tanaman liar atau semak belukar namun jeruk kingkit ini cukup bagus dijadikan bonsai terlebih lagi saat sudah berbuah. Anda akan takjub dengan keindahannya.




2. Jakaranda

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Tanaman yang selanjutnya adalah Jakaranda, tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini sudah banyak tersebar termasuk ke Indonesia. Meskipun banyak daunnya, namun jika berbunga, tanaman ini memiliki bunga yang cukup indah dan tahan lama.

Baca juga : Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?

Siapa yang sangka, tanaman ini bisa dipenuhi dengan bunga dan jika dilihat sekilas akan terlihat seperti salah satu tanaman Jepang yaitu Wisteria. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman bonsai yang tercantik.

3. Larch

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: southdevonbonsaisociety.com
Tanaman Larch atau Larix ini merupakan golongan pohon conifer yang banyak dijumpai di pegunungan. Asalnya dari pegunungan Eropa Tengah seperti Pegunungan Alpen, Pegunungan Pyrenees, dan Pegunungan Carpathian. Selain itu, di dataran rendah, tanaman ini banyak tersebar di Polandia Utara dan Lithuania Selatan. Jadi untuk Anda yang tinggal di daerah tinggi bisa memilih tanaman ini untuk dijadikan bonsai ya.

4. Lilac

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: grid.id
Tanaman Lilac atau Syringa ini merupakan spesies tanaman kayu yang berbunga. Asalnya dari sepanjang hutan Eropa Tenggara hingga Asia Timur. Namun sekarang tanaman Lilac ini sudah banyak tersebar dan dibudidayakan di habitat lainnya yang memiliki iklim sedang untuk menjaga eksistensinya.

5. Bambu Micro

Memiliki nama latin Dwarf Bamboo tree, kenapa disebut mikro? Tentu saja karena bambu ini memiliki ukuran lebih kecil dibanding bambu yang lainnya. Tanaman bonsai bambu mikro ini sangat cocok untuk bagian pembatas taman. Tanaman ini lebih indah jika ditanam bergerombol. Tingginya bisa mencapai 1 meter namun jarang yang bisa lebih dari 1 meter.

6. Jeruk Limo

Jeruk limo biasanya digunakan sebagai salah satu bahan penyedap atau penyegar dalam sebuah masakan. Rasanya yang asam membuat makanan semakin segar dan nikmat. Siapa sangka jeruk limo ini bisa dijadikan sebagai bonsai yang cantik.

Hingga saat ini sudah semakin banyak negara yang membudidayakan tanaman ini seperti Spanyol, Portugal, Argentina, Amerika Serikat, hingga Brasil dan negara yang ada di sekitar Laut Tengah.

Baca juga : Apa Saja Penilaian Dalam Kontes Bonsai Beringin?

7. Sianci

Sianci banyak tumbuh di daerah tropis, tanaman ini masuk dalam keluarga Malpighiaceae, meskipun pohonnya rata-rata kecil dan berbentuk semak, namun Anda harus tetap waspada karena beberapa spesies dari keluarga ini ternyata memiliki racun yang cukup berbahaya jika dikonsumsi manusia.

8. Gulo Gumantung

Salah satu macam dari keluarga Rubiaceae adalah Gulo Gumantung atau biasa disebut Gulgum. Tanaman ini banyak tumbuh di lahan terbuka seperti sawah, kebun yang kering, hingga savanna.

9. Pyracantha

Tanaman bonsai jenis ini memiliki banyak nama, Pirakanta di Indonesia dan Firethorn nama di negara lain. Tanaman ini berasal dari Eropa Barat Daya hingga Asia Tenggara. Bagian tepi daunnya bergerigi dan sedikit berduri di bagian batang serta rantingnya.

10. Seribu Bintang





Seribu Bintang atau Serissa ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara yaitu India, Cina, dan Jepang. Selain Seribu Bintang, nama Snow Rose dan Japanese Boxthorn juga sering digunakan di kanca internasional.

Memiliki tinggi sekitar 45 hingga 60 cm dengan bentuk semak dan pohon kecil. Meski batangnya berdiri tegak namun banyak membentuk cabang dengan daun yang lebat dan berwarna hijau pekat.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menanam salah satu dari bonsai di atas? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Tanaman Bonsai yang Recommended untuk Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel