Artikel Pilihan

10 Kegunaan Batang Pohon Bambu

Pohon Bambu

Bambu atau dalam bahasa Inggris disebut Bamboo, adalah tanaman yang tumbuh merumpun. Pohon bambu memiliki banyak spesies yang tersebar di seluruh dunia tropis dan subtropis.

Pohon bambu merupakan tanaman yang memiliki pertumbuhan sangat cepat, itu karena mereka memiliki sistem rhizoma-dependen unik. Dalam sehari pohon bambu dapat tumbuh sepanjang setengah meter bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia tumbuh.

Di Asia, pohon bambu banyak digunakan untuk membuat bermacam-macam benda, ia juga sering digunakan dalam pembuatan rumah tradisional, pagar, kursi, meja, kandang, dan kerajinan tangan.



Dalam konstruksi tradisional batang pohon bambu sangat berperan penting, ia juga sering digunakan dalam pembuatan benda-benda sakral dalam upacara adat di Asia. Ondel-ondel adalah salah satu tradisi betawi yang menggunakan batang bambu sebagai kerangkanya.

Selain itu, ada banyak lagi benda yang dibuat menggunakan batang bambu. Apa apa saja yang dapat dibuat menggunakan bambu? Berikut ini 10 Kegunaan Batang Pohon Bambu.



1. Penyangga Genteng Rumah Tradisional


Reng Atap Bambu
Source : beritalima.com

Sebelum ada baja ringan, rangka genteng dari susunan batang-batang bambu (reng) mendominasi bagian atap rumah-rumah tradisional di hampir seluruh Nusantara.
Back to Content



2. Dinding Rumah Tradisional


Bilik Bambu
Source : tokopedia.com

Zaman dahulu, banyak masyarakat yang membangun rumah menggunakan dinding (disebut Bilik) dari batang bambu yang diserut tipis dan memanjang kemudian di anyam.

Namun dinding dari bilik sudah mulai ditinggalkan karena cukup berbahaya karena tidak mampu bertahan saat kerkena sambaran api mapupun angin kencang.
Back to Content



3. Perabotan Rumah Tangga


Perabotan dari Bambu
Source : rri.co.id

Sama seperti diatas, saat belum populernya perabotan rumah tangga yang terbuat dari plastik dan melamin, anyaman dari batang bambu menjadi satu-satunya. Banyak dari perabot yang dibuat memakai anyaman bambu, seperti Penanak Nasi, Bakul, Tampah, Kipas, Pengki, hingga Gelas.
Back to Content



4. Pagar Rumah Tradisional


Pagar dari Bambu
Source : wikipedia.org

Pernah main ke pedesaan? Di pedesaan masih banyak masyarakat yang menggunakan pagar rumah dari bambu. Itu terbuat dari batang bambu yang dipotong seukuran kira-kira panjang 1-1,5 meter dan lebar 3-5 cm, kemudian disusun sejajar dan didirikan untuk menjadi pagar.



Menggunakan batang bambu sebagai pagar rumah kian ditinggalkan sebab mudah keropos apabila sering terkena air, dan di perkotaan kini digantikan oleh pagar besi atau papan kayu yang lebih kokoh.
Back to Content



5. Bangku dan Meja


Bangku dan Meja dari Bambu
Source : wajibbaca.com

Bangku dan menja yang terbuat dari bambu adalah bukti jika bambu dapat digunakan untuk furnitur. Ada banyak varian bentuk bangku dan meja yang terbuat dari bambu. Hingga saat ini di zaman modern pun bangku dan meja bambu masih sering kita jumpai dirumah-rumah masyarakat.
Back to Content



6. Kandang Hewan


Kandang Ayam dari Bambu
Source : abahtani.com

Entah mengapa kandang hewan peliharaan seperti ayam lebih cocok menggunakan kandang yang terbuat dari bambu. Selain mudah dibersihkan dan awet, kandang dari batang bambu lebih disukai hewan daripada kandang yang terbuat dari besi.
Back to Content



7. Kerajinan Tangan


Kerajinan tangan dari Bambu
Source : blogdesa.net

Barang-barang hasil kerajinan tangan yang terbuat dari bambu masih sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia. Selain batang bambunya mudah ditemukan, kerajinan dari batang bambu terbilang awet dan memiliki keunikan tersendiri.
Back to Content



8. Jembatan Sungai


Jembatan dari Bambu
Source : okezone.com

Yang satu ini sedikit jarang, karena hanya terdapat di area yang dekat dengan sungai. Dulu, dipedesaan banyak sekali jembatan-jembatan kecil yang dibuat dari bambu, tapi karena cukup berbahaya karena licin dan tajam, akhirnya digantikan dengan batang pohon kelapa atau pohon lainnya.
Back to Content



9. Tiang Bendera


Tiang Bendera dari Bambu
Source : olx.co.id

Indonesia tak hanya dimenangkan pejuang yang menggunakan "bambu runcing", tapi batang bambu utuh pun digunakan untuk menaikkan bendera NKRI, itu banyak diikuti oleh masyarakat sampai detik ini, setiap tanggal 17 Agustus.
Back to Content



10. Peralatan Outdoor


Tangga dari Bambu
Source : cendananews.com

Kegunaan batang pohon bambu yang terakhir adalah untuk membuat peralatan outdoor sederhana. Beberapa peralatan outdor tradisional seperti Tangga, Senggetan, Penyangga, dan Perangkap Ikan dibuat menggunakan batang bambu utuh maupun yang sudah dimodifikasi. Itu masih banyak terlihat disekitar kita sampai hari ini.
Back to Content







Nah, diatas adalah daftar 10 Kegunaan Batang Pohon Bambu. Meskipun batang bambu tak tahan air, namun ia bisa tahan lama (awet) jika ditempatkan pada lokasi yang tidak terkena air / dalam ruangan.

Bambu juga tidak menimbulkan sampah abadi seperti halnya plastik dan melamin. Apabila sudah tak terpakai, benda-benda yang terbuat dari batang bambu sering digunakan oleh masyarakat untuk membuat kayu bakar.

Belum ada Komentar untuk "10 Kegunaan Batang Pohon Bambu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel