Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kresek / Beringin Laut (Ficus superba) Di Alam Liar

Kresek (Ficus superba)

Kresek atau Beringin Laut (Ficus superba) adalah spesies pohon hemiepiphytic dari genus Ficus. Kadang-kadang pohonnya sulit dibedakan dengan Beringin cekik (Ficus annulata) karena karakteristik pertumbuhan dan bentuknya yang seupa.

Sama seperti saudara-saudaranya yang lain dari genus Ficus, kresek juga dapat tumbuh sebagai hemifipifit (menumpang pada pohon lain) dan akhirnya tumbuh besar dengan menyerap nutrisi dari pohon yang ditumpanginnya. Hingga pada akhirnya pohon yang ditumpangi mati.

Pohon kresek banyak ditemukan di tepi-tepi pantai dan pinggir rawa-rawa atau sungai di Jepang, Taiwan, Cina, Thailand, Vietnam, Indonesia (meliputi Jawa, Kalimantan, Maluku, Pulau Seram), dan Semenanjung Malaysia.



Umumnya pohon kresek ini bergabung dengan pepohonan lembap lainnya seperti Bakau, Sengon, Waru, dan Santigi. Namun ia juga terkadang ditemukan di hutan basah atau lembap. Itu karena buahnya yang dibawa oleh burung dan berkecambah.

Disebut sebagai pohon 'Kresek', karena pohon ini banyak tumbuh di Desa Krasak, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Ciri Ciri Daun Kresek


Daun Kresek
Source : flickr.com/Cerlin Ng

Daun kresek berbentuk oval, besar, dan tangkai daunnya panjang. Tumbuh tersusun dibagian ujung dahan atau ranting dengan rusuk daun berwarna kekuningan.


Ciri Ciri Bunga Kresek


Bunga Kresek
Source : flickr.com/Ahmad Fuad Morad

Bunganya panjang seperti payung terlipat, dan memiliki warna putih dibagian pangkal serta ungu di ujungnya. Bunga-bunga kresek muncul saat pohonnya menumbuhkan dedaunan muda.


Ciri Ciri Buah Kresek


Buah Kresek
Source : flickr.com/Cerlin Ng

Buahnya berbentuk butiran-butiran kecil dan menggerombol dibatang. Itu nampak sama seperti halnya buah-buahan dari genus Ficus lainnya, misalnya Beringin Kimeng dan Bodhi Tree.

Saat muda buahnya berwarna hijau, dan ketika masak akan berubah menjadi kuning, oranye, merah lalu ungu kehitaman.

Buahnya sangat digemari oleh Kelelawar dan Burung.


Ciri Ciri Pohon Kresek


Pohon Kresek
Source : flickr.com/Eiji Anzai

Pohon beringin laut atau kresek di alam liar dapat mencapai ketinggian 30 meter. Semakin tinggi pohonnya, akar yang dihasilkan akan semakin banyak dan menjalar ke semua sisi pohon hingga radius 5-8 meter.



Pohon kresek sangat berguna untuk mengikat tanah di tepi pantai agar tidak korosi karena terhempas air laut. Namun, penanaman tidak dianjurkan dihalaman rumah yang sempit atau berdampingan dengan bangunan. Dikarenakan akar dari spesies pohon ini dapat merusak apa saja yang ada di sekitarnya termasuk pondasi bangunan, dinding, bahkan bisa mengangkat jalan beton dan aspal.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kresek / Beringin Laut (Ficus superba) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel