Artikel Pilihan

Sangat Berguna, Batang Pohon Ketapang Bisa Berikan Manfaat Ini


Batang pohon ketapang adalah salah satu bagian dari pohon ketapang yang tak banyak orang mengetahui manfaatnya. Jika bicara soal manfaat untuk pohon itu sendiri, maka tentu saja manfaatnya untuk menopang pohon tersebut.

Apalagi pertumbuhan ideal pohon ketapang diketahui memiliki tinggi hingga tiga meter, yang mana bisa kita simpulkan bahwa tinggi tersebut cukup tinggi. Itu baru tinggi idealnya saja, banyak ditemui pohon ketapang yang tingginya lebih dari itu. Malahan, telah tercatat bahwa pohon ketapang bisa hidup hingga setinggi empat puluh meter.


Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com

Karena fokus utama kali ini adalah pada batang pohon ketapang, maka akan membahas batangnya saja. Tak hanya ketapang saja, banyak pohon lain yang jarang diketahui fungsi batangnya. Memang benar ada orang yang expert dan tahu betul akan manfaat batangnya. Namun untuk orang awam, jarang ada yang mengetahuinya, sama dengan batang pohon ketapang ini.



Zat yang Terkandung Dalam Batang Pohon Ketapang

Sebelum masuk ke manfaat batang dari pohon ketapang, sebaiknya kita kenali dulu zat atau senyawa apa saja yang telah ditemukan ilmuwan dalam batang pohon ketapang.

1. Zat Pewarna

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda akan sedikit curiga bagaimana bisa batangnya mengandung zat pewarna. Zat pewarna memang biasanya ada di bagian bunga dan daun pohon, namun tidak untuk ketapang. Zat warna dari pohon ini justru terletak di bagian batangnya.

2. Minyak Nabati

Pohon ketapang kaya akan minyak nabati, namun ada dua bagian pohonnya yang kaya akan zat ini, yaitu di biji dan batangnya. Minyak nabati tentu saja sangat bermanfaat, malahan tidak hanya di satu bidang saja.

3. Anti Bakteri

Nantinya di bagian bahasan mengenai manfaat dari batang pohon ketapang Anda akan menemukan manfaatnya lebih spesifik. Namun karena kali ini sedang dibahas apa saja zat yang terkandung di dalamnya, maka salah satunya adalah zat anti bakteri.

4. Tanin

Tanin merupakan bagian dari senyawa polifenol yang mana sumbernya dari tumbuhan. Karakteristiknya adalah terasa kelat dan pahit.

Manfaat Pohon Ketapang

Mungkin sedikit-sedikit Anda bisa menyimpulkan apa saja manfaat batang ketapang setelah mengetahui apa saja zat yang dikandungnya. Namun itu hanya perkiraan saja, lebih baik Anda ketahui secara pasti apa manfaat dari batang pohon ketapang.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: storage.needpix.com

1. Mengobati Sariawan

Karena batangnya mengandung zat anti bakteri, telah ada yang membuktikan bahwa batang ketapang bisa menyembuhkan sariawan. Anda boleh percaya boleh tidak, namun ini sudah dibuktikan secara valid. Sariawan memang masalah kesehatan yang dinilai ringan, namun bisa menjadi berat jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Orang juga menilai bahwa sariawan adalah masalah kesehatan yang mudah disembuhkan. Tidak sulit untuk menemukan obat atau bahan yang bisa menyembuhkan masalah ini. Namun yang pasti, batang ketapang bisa juga untuk menyembuhkan sariawan.

2. Mengobati Radang

Selain sariawan, batang ketapang juga bisa menyembuhkan radang selaput lendir. Tentu saja radang ini sangat mengganggu, dan untungnya ada bagian dari pohon ketapang yang bisa menanganinya. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan mengelupasi bagian luar batang dan dalam, kemudian memindahkannya. Barulah dimasak dan dikonsumsi.

3. Sebagai Bahan Penyamak Kulit
Dalam industri penyamakan kulit batang ketapang biasa dimanfaatkan. Manfaatnya tak lain adalah sebagai zat warna yang mudah didapat dan jika dibeli pun harganya tak mahal. Apalagi zat warna dari batang ketapang bisa dikatakan kuat. Adapun warna yang bisa didapatkan dari batang ketapang adalah warna kuning dan warna zaitun.



Keuntungan menggunakan batang ketapang sebagai zat pewarna tak hanya soal mudah didapat atau murah saja. pekerja industri penyamakan kulit juga tak kesulitan mengaplikasikan warna, sebab memang begitulah karakteristik zat pewarna pada batang ketapang.

Kini Anda sudah mengerti apa saja zat yang terkandung dalam batang pohon ketapang. Selain itu Anda juga sudah mengerti lebih spesifik tentang apa saja manfaat dari batang pohon ini. Bisa dikatakan batang dari ketapang cukup lain dari yang lain, yang mana ketika batang pohon lain tidak terlalu memberikan banyak manfaat, namun batang ketapang ini bisa.

Belum ada Komentar untuk "Sangat Berguna, Batang Pohon Ketapang Bisa Berikan Manfaat Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel