Artikel Pilihan

Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini


Ada beberapa ciri pohon ketapang yang lebih baik Anda ketahui sebelum membudidayakannya. Dengan mengetahui ciri pohon ketapang ini Anda akan lebih bisa menghadapi apapun masalah yang akan datang terhadap ketapang dan lebih tahu bagaimana morfologi ketapang ini seharusnya. Intinya, mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam membudidayakannya nanti.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com


Ciri Pohon Ketapang

Ciri pohon ketapang sebenarnya ada sangat banyak, namun yang akan disebutkan kali ini hanyalah ciri yang paling pokok saja. Berikut adalah beberapa ciri pohon ketapang yang sebaiknya diketahui.

1. Daun Berubah Warna Saat Akan Gugur

Hampir semua pohon di dunia ini mengalami pengguguran daun. Apalagi pohon-pohon yang terletak di negara-negara beriklim sedang, pasti ada musim gugur. Meskipun pohon ketapang adalah pohon yang otentik berasal dari Asia Tenggara yang mana iklimnya adalah tropis, tetap ada masa di mana ia menggugurkan daunnya.



Salah satu ciri pohon ketapang akan menggugurkan daunnya yang paling terlihat jelas adalah berubahnya warna daun. Daun-daun pada pohon ketapang akan berubah warna menjadi kemerahan jika akan gugur. Lalu mengapa hal ini lebih baik diketahui sebelum melakukan budidaya ketapang? Jawabannya adalah karena saat gugur pohon ini akan menjengkelkan.

Akan ada banyak sekali gugur yang berjatuhan saat ia tumbuh besar dan akan melelahkan untuk membersihkannya. Maka dari itu setelah Anda mengetahui salah satu ciri pohon ketapang ini Anda lebih bisa bersiap untuk membersihkan taman Anda.

2. Memiliki Tinggi Ideal

Pohon ketapang adalah pohon yang bisa terus tumbuh hingga setinggi 40 meter, namun bukan ini yang menjadi ciri pohon ketapang yang harus Anda ketahui. Adapun cirinya yang sebaiknya Anda ketahui adalah bahwa pohon ini memiliki tinggi ideal. Ideal dari pohon ketapang adalah setinggi 3 meter. Di kondisinya yang memiliki tinggi sekian meter pohon ini akan memberikan manfaat semaksimal mungkin untuk Anda.

Tahukah Anda apa saja manfaat dari pohon ketapang ini? Jika Anda belum tahu pohon ketapang ini bisa Anda manfaatkan sebagai perindang, penyejuk, dan penyeduh rumah. Selain bisa melindungi apa saja atau siapa saja yang berada dibawahnya dari sinar matahari, pohon ketapang juga dinilai bisa menurunkan kadar polusi.

3. Perawatan Mudah Namun Sedikit Melelahkan

Ciri pohon ketapang lainnya yang juga harus Anda ketahui adalah bahwa pohon ini bisa dirawat dengan mudah namun sedikit melelahkan. Perawatannya mudah karena hanya dengan menyiramnya sebanyak dua kali dalam satu hari pohon ini bisa tumbuh.

Selain menyiram, juga akan dibutuhkan pemberian pupuk, namun tidak sering. Kemudian bagian yang sedikit melelahkan adalah untuk membersihkan daun-daunnya yang gugur. Daun dari pohon ketapang bisa dikatakan paling sering gugur.

Ditambah lagi ukuran daunnya akan besar-besar jika sudah tumbuh setinggi 3 meter. Maka dari itu Anda akan merasa sedikit lelah untuk membersihkan daun-daun yang berguguran ini.

4. Memiliki Bunga

Meskipun tidak kelihatan, jangan sangka pohon ketapang ini tidak memiliki bunga. Sejauh ini ini ada beberapa warna bunga dari pohon ketapang, belum juga diketahui apa penyebab perbedaan warna ini.

Ada yang berwarna putih, krem, kekuningan, bahkan campuran antara putih dengan hijau. Adapun letak dari bunganya adalah terletak di pangkal cabangnya. Ukurannya cukup kecil sehingga wajar saja jika Anda kesulitan mencarinya.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: c1.staticflickr.com

5. Bisa Tumbuh Liar

Tanpa bantuan manusia sebenarnya pohon ketapang ini bisa tumbuh dengan sendirinya alias tumbuh liar. Kamu berlaku untuk lokasi-lokasi tertentu saja, misalnya di di kawasan kebun atau pinggir pantai. Jika Anda memiliki kebun yang sebelumnya sudah ada pohon ketapang maka ada kemungkinan akan ada pohon-pohon ketapang lain yang tumbuh dengan sendirinya.



Setelah mengetahui hal ini jangan langsung mengira ada yang menanam pohon ketapang di kebun Anda padahal Anda tidak mengetahuinya. Sudah jelas pohon ketapang ini bisa tumbuh secara alami.

Apakah dengan mengetahui beberapa ciri pohon ketapang di atas lebih memudahkan urusan Anda dalam memelihara pohon ini? Seharusnya lebih memudahkan karena Anda sudah mengetahui bahwa merawat pohon ini akan sedikit melelahkan, pohon ini bisa tumbuh dengan sendirinya, dan berapa ukuran idealnya.

Belum ada Komentar untuk "Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel