Artikel Pilihan

Pahami 3 Metode Tanam Pohon Tabebuya di Halaman Rumah

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya merupakan salah satu tanaman yang memiliki bunga indah dan biasanya sengaja ditanam di area pedestrian. Pohon tabebuya ini hanya akan berbunga selama 10 hari dalam setahun. Bunga tabebuya terdiri atas berbagai warna, seperti pink, merah, kuning, putih, dan juga ungu.

Pohon tabebuya biasanya ditanam dengan cara stek batang dan juga pembibitan. Setek atau stek merupakan metode memperbanyak tanaman dengan menggunakan potongan dari tubuh tanaman itu sendiri, seperti akar, daun, dan batang.

Untuk pohon tabebuya sendiri, stek dilakukan dengan cara memotong bagian batangnya. Sementara pembibitan adalah salah satu upaya untuk memperbanyak tanaman, baik secara generatif maupun vegetatif.




Cara Menanam Pohon Tabebuya di Halaman Rumah

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: modernfarmer.com
Seperti tanaman pada umumnya, menanam pohon tabebuya tak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui sebelum akhirnya tabebuya bisa berdiri di lubang tanam yang telah Anda siapkan.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Namun, jika Anda salah dalam melakukan penanamannya, bukan tidak mungkin pohon tabebuya yang Anda tanam tidak akan berkembang baik dan sempurna. Berikut ini 3 metode tanam pohon tabebuya di halaman rumah agar tumbuh subur :

1. Membuat lubang tanam

Lubang tanam sangat menentukan masa depan pohon tabebuya yang akan Anda tanam. Pasalnya, sebaik dan sebagus apapun bibit yang ditanam atau semahal apapun pupuk yang digunakan, bakal percuma jika lubang tanam yang Anda buat tidak mampu memberikan nutrisi yang baik untuk pohon tersebut.

Lubang tanam harus selalu diolah kembali setiap Anda akan menanam pohon, apapun jenisnya. Baik itu di pekarangan rumah maupun di lahan yang memang disiapkan secara khusus untuk menanam pohon.

Caranya, Anda harus membuat lubang sesuai dengan masing-masing tipe tanah. Untuk tanah gembur, Anda bisa membuat lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 sentimeter. Sementara untuk tanah keras dan padat, Anda bisa menggunakan ukuran lubang 75 x 75 x 75 sentimeter.

Semakin besar lubang tanam yang dibuat, maka semakin baik pula lubang tersebut untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Namun, apabila Anda ingin membuat lubang dengan ukuran lebih dari 80 x 80 sentimeter, sebaiknya kedalaman lubang tidak lebih dari 50 sentimeter. Ingat, pisahkan tanah galian atas dengan tanah galian bawah saat melakukan pembuatan lubang.

Berikutnya, campurkan tanah galian atas dengan pupuk kandang dan kapur tani masing-masing sebanyak 1 kg. Pada lubang tanam yang telah diberi pupuk dasar, Anda bisa mengeringkan lubang ini selama 2 – 4 minggu agar semua hama dan penyakit lenyap, serta semua gas beracun menguap.

Baca juga : Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat

Setelah itu, masukkan tanah galian ke dalam lubang sesuai dengan posisi semula. Tanah galian bawah dimasukkan lebih dulu, baru dilanjutkan dengan tanah galian atas. Pada tahap ini, jika Anda mengikuti semua langkah-langkahnya dengan benar, maka dipastikan Anda telah berhasil mempersiapkan tanah yang digunakan sebagai bakal media tanam tabebuya.

2. Menanam bibit

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana cara menanam pohon tabebuya yang benar agar bibit tidak sia-sia dan bisa tumbuh sempurna. Langkah ini tak kalah penting dengan mempersiapkan lubang tanam. Pasalnya, jika Anda salah meletakkan bibit, maka bisa dipastikan bibit tabebuya tersebut tidak akan berkembang dengan sempurna.

Jika bibit yang Anda tanam adalah hasil dari media semai mandiri, maka Anda bisa membuat satu lubang kecil untuk memasukkan bibitnya, lalu tutup menggunakan tanah. Setelah itu, siram secara berkala agar bibit bisa tumbuh dengan baik.

Perlakuan berbeda perlu Anda berikan, saat bibit yang digunakan adalah bibit berukuran agak besar. Umumnya, bibit seperti ini kerap mengalami masalah pada akar yang belum bisa mengikat ke tanah dengan sempurna. Oleh sebab itu, Anda memerlukan bantuan beberapa pasak kayu yang ditancapkan di sekitar tanaman. Pasak ini terbilang efektif untuk menjaga bibit tabebuya tetap berada dalam posisi tegak lurus.

3. Menyiram bibit secara berkala





Setelah bibit tabebuya masuk ke dalam tanah, maka selanjutnya adalah melakukan penyiraman selama beberapa minggu. Lakukan setiap pagi dan sore hari agar bibit tabebuya yang Anda tanam bisa berkembang maksimal. Biasanya, bibit tabebuya akan mulai tumbuh setelah beberapa minggu. Di saat inilah, Anda bisa mulai mengurangi frekuensi penyiramannya.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: pcdn.columbian.com
Demikian 3 metode tanam pohon tabebuya di halaman rumah yang bisa Anda coba. Teknik ini juga bisa Anda terapkan atau gunakan untuk menanam berbagai jenis pohon selain tabebuya. Selamat mencoba.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Pahami 3 Metode Tanam Pohon Tabebuya di Halaman Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel