Artikel Pilihan

Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya adalah salah satu jenis pohon yang dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini tengah naik daun. Pesona indah yang dimiliki tabebuya pun dimanfaatkan oleh beberapa pemerintah kota di Indonesia sebagai upaya penghijauan dan mempercantik kawasan mereka.

Pohon yang memiliki nama latin Handroanthus Chrysotrichus ini adalah tumbuhan yang ditemukan di sekitar Brazil dan Meksiko. Tabebuya juga dikenal memiliki ketahanan hidup sangat tinggi dan mampu beradaptasi dalam rentang kondisi yang cukup luas.

Selain berfungsi untuk memperindah tata kota, pohon tabebuya terbukti mampu membersihkan udara dari berbagai polutan yang berbahaya bagi kesehatan. Bentuk tanaman dengan julukan pohon sakura tropis yang eye catching ini juga jadi salah satu alasan kenapa tabebuya ditanam di kawasan perkotaan yang padat penduduknya.



6 Manfaat Tabebuya yang Tak Bisa Disepelekan

Bersamaan dengan keindahan yang ditawarkan, pohon tabebuya ternyata menyimpan berjuta manfaat. Berikut beberapa di antaranya.

1. Berperan sebagai tanaman hias

Di beberapa kota besar, seperti Surabaya dan Jakarta, tabebuya terlihat memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Sebab, pertumbuhan pohon yang bisa mencapai 4 meter ini memang sengaja dikendalikan secara seksama.

Oleh karena itulah pohon tabebuya dianggap cocok untuk dijadikan tanaman hias di tepi jalan, taman, bahkan halaman rumah Anda. Pastinya, warna-warni bunga yang bermekaran akan menjadi sesuatu yang indah dan menarik.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: lh3.googleusercontent.com


2. Mampu membuat udara di sekitarnya menjadi lebih bersih

Pohon tabebuya memiliki struktur ranting rindang dengan ukuran batang utama yang tidak terlalu tinggi. Tak hanya cantik, pohon ini ternyata mampu menyerap karbon dan polusi udara sehingga membuat udara di sekitarnya menjadi lebih bersih.


3. Tabebuya dipercaya ampuh melawan berbagai penyakit

Siapa sangka, ternyata tabebuya dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan, khasiatnya ini telah dimanfaatkan sejak berabad-abad lalu oleh suku-suku pedalaman Hutan Amazon.

Tabebuya dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit ringan, seperti flu dan demam hingga penyakit berat. Mulai dari sipilis, penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, infeksi menular sampai malaria.

Hal ini memang sangat mungkin terjadi karena tabebuya memiliki kandungan naphthoquinone. Jadi jangan heran, jika bunga tabebuya yang telah diproses menjadi obat herbal ternyata tak kalah hebat dengan obat-obatan kimia. Bukan hanya itu saja, dengan dosis yang tepat, tabebuya juga bisa memperkuat sistem imun tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi.

4. Berfungsi sebagai pupuk organik


Manfaat tabebuya berikutnya adalah bisa diolah menjadi pupuk organik untuk menyuburkan tanaman lain. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu mengumpulkan bunga dari pohon tabebuya yang telah gugur. Kemudian, diamkan selama beberapa hari hingga agak membusuk dan siap dijadikan pupuk.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: pennington.com


5. Tabebuya dapat dijadikan teh herbal

Hampir setiap bagian pohon tabebuya bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi teh herbal yang biasa disebut dengan taheebo, mulai dari daun, kulit batang, sampai bunganya. Minuman kesehatan ini dipercaya memiliki banyak khasiat meski belum ada penelitian yang mampu membuktikannya.

Morfologi dan status kelangkaan pohon tabebuya
Sekadar informasi, tabebuya adalah kelompok tumbuhan besar yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 4 – 50 meter. Jikalau Anda saat ini menemukan tabebuya dengan ukuran normal seperti pohon pada umumnya, itu berarti pertumbuhan tabebuya tersebut cukup dikontrol dan dikendalikan agar tidak merusak lingkungan sekitarnya.

Batang pohon tabebuya sendiri berwarna coklat dengan kulit yang agak terkelupas. Daunnya berjenis majemuk dengan setiap tangkai memiliki 3 – 7 helai daun. Meski memiliki batang dan daun majemuk, bagian yang paling mendominasi adalah bunganya.

Seperti yang telah Anda ketahui, bunga pohon tabebuya memiliki bentuk serupa dengan terompet dan sakura di Jepang. Hal ini yang menyebabkan mengapa tabebuya sering disebut dengan bunga sakura dan juga bunga terompet.

Bunga tabebuya ini tumbuh secara bergerombol di satu tangkai dengan warna bervariasi tergantung jenis spesiesnya. Ada warna kuning, merah muda, magenta, ungu, oranye, dan putih. Panjang bunganya sekitar 3 – 11 cm.

Selain bunga, pohon ini juga menghasilkan buah dengan bentuk tabung mengerucut. Panjangnya sekitar 10 – 50 cm yang menyimpan biji cukup banyak sehingga memungkinkan untuk diregenerasi dan diperbanyak.



Untuk status kelangkaannya sendiri, pohon tabebuya belum termasuk ke dalam jenis tumbuhan langka. Namun, pohon ini masuk dalam kategori flora dilindungi. Hal ini tak lepas dari manfaat pohon tabebuya itu sendiri terhadap kelangsungan kondisi lingkungan sekitarnya. Kemampuannya untuk beradaptasi juga menjadikan tabebuya sebagai tanaman hias terpopuler dan mudah dijumpai.

Demikian sekilas ulasan tentang berbagai manfaat dari pohon tabebuya yang mungkin selama ini membuat Anda penasaran. Semoga informasi yang diberikan berguna ya.

Belum ada Komentar untuk "Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel