Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Tabebuya dikenal masyarakat Indonesia sebagai Pohon Terompet Emas yang berasal dari Brazil. Ini adalah pohon semi-evergreen yang menggugurkan daunnya dalam periode singkat di akhir musim semi.

Pohon tabebuya yang tumbuh di Indonesia (Handroanthus chrysotrichus) sangat mirip dan sering keliru dengan pohon tabebuia Brazil asli (Tabebuia ochracea). Dalam bahasa Portugis, Tabebuia ochracea disebut ipĂȘ amarelo dan dianggap sebagai pohon nasional Brazil.

Tabebuya tumbuh dengan ketinggian 5-8 meter, terkadang hingga 20 meter, dengan lebar 8-11 meter. Tabebuya memiliki bunga berwarna kuning keemasan yang sangat mencolok di musim semi. Ini kaya akan nektar dan karenanya pohon itu digemari banyak orang hingga membuatnya menjadi tanaman hias yang populer.



Pohon tabebuya sering ditanam di luar Brazil sebagai pohon perdu ditepi jalanan dan taman. USDA untuk pohon tabebuia sendiri ada pada zona 9b sampai dengan 11, dan toleran terhadap kekeringan yang artinya pohon ini juga bisa tumbuh subur di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia yang memiliki zona USDA 11.

Tabebuya memiliki bunga yang berbeda-beda warna. Ada yang berwarna kuning dan berbentuk terompet, ada juga yang berwarna pink, ungu, bahkan merah tua. Ada banyak sekali varian tabebuya dari berbagai negara dalam genus Handroanthus dan Tabebuia dengan warna bunganya yang beraneka macam, tetapi varian yang sering dijumpai di Indonesia adalah yang bunganya berwarna kuning dengan panjang 3-11 cm, bergerombol, dan berbentuk terompet.

Nah seperti apakah ciri ciri pohon tabebuya? Berikut ini gambr-gambarnya :


1. Ciri Ciri Daun Tabebuya


Ciri Ciri Daun Tabebuya

Daunnya komposit 5 daun, berbentuk bulat panjang dengan panjang 5-10 cm, lebar 2,5-5 cm, dan berwarna hijau gelap.


2. Ciri Ciri Bunga Tabebuya


Ciri Ciri Bunga Tabebuya

Setiap spesies pohon tabebuya memiliki warna yang berbeda-beda, saat ini warna yang banyak dikenal adalah putih, merah muda, kuning, kuning jingga, magenta, plum, dan merah. Terdapat motif garis warna ungu di dalam bunganya.

Bunga tabebuya pada musim berbunga bisa menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak berhenti berbunga sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan. Bahkan sekarang ini musim pembungaan tabebuya dapat diatur dengan memanipulasi pola pemupukan.


3. Ciri Ciri Pohon Tabebuya


Ciri Ciri Pohon Tabebuya Berbunga


Seringkali pohon tabebuya yang sedang berbunga lebat dikira sebagai pohon Sakura oleh kebanyakan orang, karena memang saat keduanya sama-sama berbunga itu terlihat sangat mirip, khususnya yang berwarna merah muda.


Perbedaan Tabebuya dan Sakura Jepang


Pohon tabebuya dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Ia juga jarang terkena hama atau penyakit tanaman.

Sayangnya, pohon tabebuya telah dianggap sebagai gulma di Australia.




Di Indonesia ada dua jenis pohon tabebuya yang populer sebagai tanaman hias, yaitu Tabebuya kuning yang memiliki nama ilmiah Handroanthus chrysotrichus dan Tabebuya merah muda dengan nama ilmiah Handroanthus impetiginosus atau Handroanthus heptaphyllus.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel