Artikel Pilihan

Tak Hanya Indah, Pohon Tabebuya Menyimpan 9 Fakta Menarik

Beberapa waktu lalu, Kota Surabaya sempat viral di media sosial. Pasalnya, kota pahlawan tersebut mendadak terlihat seperti Jepang. Banyak bunga warna-warni yang bermekaran dan gugur di jalanan persis bunga sakura.

Namun faktanya, bunga-bunga tersebut bukanlah sakura seperti yang dibicarakan oleh banyak orang, melainkan bunga dari pohon tabebuya. Lantas, seperti apa sebenarnya pohon tabebuya ini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Ciri Ciri Pohon Tabebuya 


1. Pohon tabebuya memiliki karakteristik agresif

Dilansir dari laman cabi.org, tabebuya dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh super cepat. Untuk mencapai tinggi empat meter, sebatang pohon tabebuya hanya membutuhkan waktu sekitar 8-18 bulan saja. Jadi tak heran, jika akhirnya tabebuya diklaim sebagai tanaman hias yang mampu menghasilkan bunga-bunga indah nan melimpah dalam waktu singkat.



Tak hanya itu saja, pohon tabebuya mampu bertahan hidup di area lembab dan bersuhu tinggi, seperti kawasan Asia, Afrika, dan Australia. Meskipun di Australia, pohon ini sebenarnya dianggap sebagai gulma.

2. Pohon tabebuya dikenal dengan banyak nama

Perlu Anda ketahui, tabebuya yang ditanam di sepanjang jalanan Kota Surabaya memiliki nama latin Tabebuia Heterophylla. Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon terompet merah muda.

Selain itu, tabebuya jenis ini pun seringkali disebut kayu putih, cedar putih, tecoma, dan juga manjack merah mudah. Tabebuya juga memiliki banyak sekali nama latin. Mulai dari Tecoma Leucoxylon, Raputia Heterophylla, dan Bignonia Leucoxylon.

3. Pohon tabebuya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk

Siapa sangka, ternyata kelebihan pohon tabebuya tak hanya ada pada bunganya yang indah. Pohon ini dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai pupuk.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengumpulkan bunga-bunga tabebuya yang berguguran di tanah, lalu biarkan membusuk selama beberapa hari. Setelah itu, Anda pun bisa langsung menggunakannya untuk menyuburkan kebun dan juga tanaman di sekitar pekarangan rumah.

4. Pohon tabebuya merupakan tanaman asli Hutan Amazon

Berdasarkan penelitian para ahli, tabebuya adalah tanaman asli dari belantara Hutan Amazon yang ada di Brazil. Tanaman ini ternyata masuk dalam jenis pohon besar karena bisa tumbuh lebih dari empat meter.

Meski demikian, pohon satu ini ternyata pertama kali populer di daerah kepulauan Pasifik dan Samudera Hindia pada tahun 1999 lalu. Tepatnya di Kepulauan Chagos dan Marshall, Hawaii.

5. Bunga tabebuya berkhasiat mengatasi masalah pankreas

Tak banyak orang yang tahu, bahwa sebenarnya bunga tabebuya bisa dijadikan semacam teh, bernama teh lapacho. Racikan ini berasal dari para penduduk asli Amerika alias Suku Indian yang menjadikannya ramuan tradisional bernama lain teh inca.

Menariknya, teh hasil ekstrak bunga tabebuya ini tidak mengandung kafein. Namun justru kaya akan vitamin dan juga mineral. Sementara itu, sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan pada tahun 2012 lalu menyebutkan, teh dari bunga tabebuya ternyata mampu mengatasi masalah pada pankreas. Bahkan, temuan ini telah dibuktikan melalui uji coba pada seekor tikus percobaan.

6. Pohon tabebuya bisa dimanfaatkan sebagai perabotan rumah tangga

Bukan hanya jati yang populer sebagai bahan perabotan rumah tangga, tabebuya ternyata memiliki kayu yang cukup kuat untuk dijadikan furnitur. Jadi jangan heran, jika kayu tabebuya ini kerap dijadikan lemari, lantai, bahkan material kapal.

7. Ada 25 jenis tabebuya yang sudah diidentifikasi

Tanaman yang tersebar ke beberapa penjuru dunia, seperti Asia hingga Afrika ini dikenal memiliki setidaknya 25 spesies asli dan lebih dari 100 spesies variasi. Rata-rata, bunga tabebuya memiliki bentuk yang serupa sehingga agak sulit untuk dibedakan berdasarkan jenisnya.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: 1.bp.blogspot.com

8. Tabebuya tidak berbahaya, tapi perlu diawasi pertumbuhannya

Dalam sebuah jurnal berjudul Pacific Islands Ecosystems at Risk tercatat bahwa, tabebuya tidak dikenali sebagai tumbuhan yang berbahaya bagi lingkungan sekitarnya.



Namun, mengingat tanaman satu ini sangat mudah tumbuh, banyak orang takut jika tabebuya merambat ke mana-mana dan merusak ekosistem di sekitarnya. Oleh sebab itulah, laju pertumbuhan tabebuya harus diperhatikan dan dijaga sedemikian rupa.

9. Bunga tabebuya memiliki warna beragam

Jika dilihat dari berbagai foto yang beredar di jagat dunia maya, Anda bisa tahu bahwa ada beragam warna tabebuya yang bermekaran. Mulai dari merah muda, kuning emas, ungu, sampai putih. Nah, tiap-tiap warna inilah yang mengindikasikan spesies tabebuya yang berbeda.

Demikian ulasan seputar 9 fakta menarik pohon tabebuya yang viral karena keindahannya. Perlu Anda ketahui, ketenaran tabebuya saat ini menjadikannya sebagai salah satu tanaman perindang jalan di beberapa kota lain, selain Surabaya tentunya.

Belum ada Komentar untuk "Tak Hanya Indah, Pohon Tabebuya Menyimpan 9 Fakta Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel