Artikel Pilihan

Manfaat Pohon Temulawak yang Baik Bagi Tubuh Kamu

Orang-orang telah menggunakan Pohon Temulawak dan mengambil rimpang nya dalam memasak dan obat-obatan sejak zaman kuno. Ini adalah obat rumah yang populer untuk mual, sakit perut, dan masalah kesehatan lainnya.

Ciri Ciri Pohon Temulawak

Orang-orang biasanya menggunakan Pohon Temulawak segar atau kering dalam masakan, dan beberapa mengambil suplemen dari Pohon Temulawak untuk kemungkinan manfaat kesehatannya.

Antioksidan dan nutrisi lain dalam Pohon Temulawak dapat membantu mencegah atau mengobati radang sendi, peradangan, dan berbagai jenis infeksi. Para peneliti juga telah mempelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, kanker, dan masalah kesehatan lainnya.



Manfaat Pohon Temulawak untuk Tubuh

Pohon Temulawak dapat memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan untuk obat kesehatan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa manfaat penggunaan Pohon Temulawak :

1. Mengurangi gas dan meningkatkan pencernaan

Beberapa penelitian telah meneliti efek Pohon Temulawak pada gas yang terbentuk di saluran usus selama pencernaan. Menunjukkan bahwa enzim dalam Pohon Temulawak dapat membantu tubuh memecah dan mengeluarkan gas dan memberikan efek positif dari segala ketidaknyamanan.

Pohon Temulawak juga tampaknya memiliki efek menguntungkan pada enzim tripsin dan lipase pankreas, yang penting untuk pencernaan. Selain itu, Pohon Temulawak dapat membantu meningkatkan gerakan melalui saluran pencernaan, menunjukkan bahwa itu dapat meringankan atau mencegah sembelit.

Baca Juga :
Potensi Biji Pohon Pinang Sebagai Antibakteri
Perbedaan antara Pohon Tabebuya dan Pohon Sakura

2. Menghilangkan mual

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Pohon Temulawak dapat membantu meringankan mual di pagi hari dan meredakan mual setelah perawatan kanker. Satu studi kecil dari 2010 meneliti efek suplemen bubuk Pohon Temulawak terhadap mual pada 60 anak-anak dan dewasa muda yang menjalani kemoterapi. Analisis menunjukkan bahwa suplemen menyebabkan berkurangnya mual pada sebagian besar orang yang meminumnya.

Penulis review studi 2011 sampai pada kesimpulan yang sama. Mereka melaporkan bahwa mengambil dosis harian yang dibagi 1.500 miligram (mg) ekstrak Pohon Temulawak membantu mengurangi gejala mual. Mereka juga menyerukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk sepenuhnya memahami efek Pohon Temulawak pada mual dan masalah pencernaan lainnya.

3. Meredakan pilek atau flu

Banyak orang menggunakan Pohon Temulawak untuk membantu memulihkan diri dari pilek atau flu. Namun, bukti yang mendukung obat ini sebagian besar belum banyak dibuktikan. Pada 2013, para peneliti mempelajari efek Pohon Temulawak segar dan kering pada satu virus pernapasan dalam sel manusia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pohon Temulawak segar dapat membantu melindungi sistem pernapasan, sedangkan Pohon Temulawak kering tidak memiliki dampak yang sama. Juga pada tahun 2013, sebuah penelitian kecil dilakukan untuk menyelidiki popularitas obat herbal sebagai pengobatan flu.

Setelah melakukan jajak pendapat terhadap 300 pelanggan farmasi di dua lokasi berbeda, para peneliti menentukan bahwa 69% dari mereka yang disurvei menggunakannya sebagai jamu dan sebagian besar dari kelompok ini menganggapnya efektif. Pohon Temulawak adalah salah satu bahan paling populer dalam pengobatan, namun beberapa peserta mungkin tidak menggunakannya.

4. Menghilangkan rasa sakit

Para peneliti di balik sebuah penelitian kecil, yang mencakup 74 sukarelawan, menemukan bahwa dosis harian 2 gram Pohon Temulawak mentah mengurangi nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga sekitar 25%.

Sementara itu, sebuah tinjauan studi tahun 2016 menyimpulkan bahwa Pohon Temulawak dapat membantu mengurangi dismenorea yaitu sakit tepat sebelum atau selama menstruasi. Namun, penulis mengakui bahwa studi yang dimasukkan seringkali kecil atau berkualitas buruk.
Ciri Ciri Pohon Temulawak
Sumber: youtube.com

5. Mengurangi peradangan

Satu kelompok peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi Pohon Temulawak melalui mulut “cukup manjur dan aman” untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh osteoartritis. Namun, mereka mencatat bahwa studi yang dimasukkan dalam meta-analisis mereka kecil dan mungkin tidak mewakili populasi umum.

Sementara itu, tinjauan 2017 dari 16 uji klinis menentukan bahwa sifat fitokimia pada Pohon Temulawak dapat memerangi peradangan. Para penulis ini juga menyerukan penelitian lebih lanjut mengenai dosis dan jenis ekstrak Pohon Temulawak yang paling efektif.

6. Mendukung kesehatan kardiovaskular

Ada beberapa bukti bahwa ekstrak Pohon Temulawak dapat membantu penyakit kardiovaskular. Misalnya, satu ulasan menemukan bahwa dosis 5 g atau lebih dapat menyebabkan aktivitas antiplatelet yang signifikan dan bermanfaat.

Para penulis mengakui bahwa banyak penyelidikan yang termasuk dalam analisis mereka tidak melibatkan peserta manusia atau bahwa jumlah peserta terlalu kecil untuk memastikan hasil yang dapat diandalkan.

Namun, mereka menyarankan bahwa, dengan penelitian lebih lanjut, Pohon Temulawak bisa menjadi bentuk pengobatan yang aman untuk penyakit kardiovaskular.

Sementara itu, satu studi kecil menemukan bahwa ekstrak Pohon Temulawak membantu mengurangi terjadinya kelainan jantung di antara penderita dengan diabetes. Para penulis mencatat bahwa pengurangan ini dapat berasal, sebagian, dari sifat antioksidan ekstrak.

7. Menurunkan risiko kanker

Pohon Temulawak tidak menyediakan protein atau nutrisi lain, tetapi merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa, untuk alasan ini, Pohon Temulawak dapat mengurangi berbagai jenis stres oksidatif.
pegel



Stres oksidatif terjadi ketika terlalu banyak radikal bebas menumpuk di dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat beracun yang dihasilkan oleh metabolisme dan faktor lain. Tubuh perlu menghilangkan radikal bebas untuk mencegahnya menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker. Antioksidan dalam makanan membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas.

Dalam uji coba 2013, para peneliti memberi 20 peserta Pohon Temulawak selama 2 hari. Semua partisipan memiliki risiko tinggi terkena kanker kolorektal. Biopsi menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi Pohon Temulawak memiliki lebih sedikit perubahan negatif pada jaringan usus yang sehat. Kelompok ini juga mengalami penurunan proliferasi sel. Temuan menunjukkan bahwa Pohon Temulawak dapat berperan dalam mencegah kanker kolorektal.

Itulah beberapa manfaat Temulawak yang baik untuk kesehatan tubuh. Tertarik untuk menanamnya di rumah?

Baca Juga :
Cara Menanam dan Merawat Bonsai Pohon Tabebuya
Peraturan Tepat Dalam Memberikan Pupuk Kepada Bibit Pohon Bidara


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pohon Temulawak yang Baik Bagi Tubuh Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel