Artikel Pilihan

Mengapa Bibit Pohon Bidara Membutuhkan Pupuk?

Bibit Pohon Bidara

Kini, sudah mulai banyak orang yang mulai menanam bibit pohon bidara. Mereka menanam bibit pohon bidara dengan beberapa alasan, antara lain adalah hobi, ingin menambah koleksi tanaman, mendapatkan manfaatnya, dan sebagai bisnis. Tumbuhan dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini memiliki banyak sekali kelebihan.

Salah satu kelebihan bibit pohon bidara yang paling terkenal adalah mampu menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. Hal ini disebabkan karena tanaman ini mengandung banyak sekali zat yang berguna bagi tubuh. Bila anda mulai ingin menanam bidara, mungkin anda harus menyiapkan pupuk yang terbaik karena pupuk memiliki beberapa manfaat untuk tanaman ini 

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara 


1. Mempercepat Pertumbuhan 

Bibit pohon bidara memerlukan waktu agar bisa tumbuh menjadi pohon yang dewasa. Waktu tumbuh hingga berbuah masing-masing pohon berbeda. Ada pohon yang berbuah setelah umurnya 1,5 tahun. Namun, ada juga yang berbuah pada saat berumur 2 tahun. 

Apa yang membedakan pertumbuhan pohon bidara? Salah satu faktornya adalah pemberian pupuk. Bibit pohon bidara yang tidak diberikan pupuk berisiko lebih lama untuk tumbuh dan berbuah. Begitu juga sebaliknya, pohon bidara yang rajin diberikan pupuk akan lebih cepat menghasilkan buah. 

2. Tumbuh Lebih Subur 

Tanah merupakan benda mati. Meskipun begitu, tanah tetap memiliki aktivitas pengolahan. Aktivitas ini berlangsung setiap hari sehingga bisa unsur hara dari tanaman bisa menghilang. 

Bila unsur hara ini menghilang, pertumbuhan tanaman jadi terhambat. Bibit pohon bidara yang anda tanam tidak akan menghasilkan pohon yang subur. Agar unsur hara tersebut terus bertahan di tanah, anda bisa memberikan pupuk. Efeknya, tanaman anda jadi lebih subur tumbuhnya. 

3. Membuat Hama Menyingkir 

Hama merupakan makhluk hidup berupa tanaman atau hewan yang merugikan. Dalam hal ini, hama yang bisa merugikan tanaman anda adalah tanaman parasit, seperti jamur dan ulat. 

Tanaman parasit bisa mencuri nutrisi yang harusnya diperuntukkan bagi bibit pohon bidara. Ulat akan memakan daun serta buah bidara yang sudah tumbuh. Bila hal ini terus berlanjut, pohon bidara anda tidak akan segar. Malah cenderung layu dan kering. 

Pemberian pupuk bisa membantu menyingkirkan hama merugikan tersebut. Hewan seperti ulat tidak akan nyaman dengan pupuk yang mengandung banyak bakteri, begitu juga dengan tanaman parasit. 

4. Manipulasi Tanah 

Ada banyak sekali jenis tanah di bumi ini, salah satunya adalah tanah yang cocok untuk tanaman. Namun, ada juga tanah yang tidak cocok untuk tanaman. Kalau anda hanya memiliki tanah yang tidak cocok untuk tanaman, anda bisa memanipulasi agar tanah tersebut bisa ditumbuhi bibit pohon bidara. 

Caranya adalah dengan rajin memberikan pupuk. Secara tidak langsung, area sekitar tanah akan terus beradaptasi hingga menerima nutrisi yang diberikan oleh pupuk. Hal ini menyebabkan tanaman juga mengambil nutrisi yang diterima oleh tanah. 

5. Membuat Lebih Tinggi 

Umumnya, pohon bidara bisa tumbuh hingga 15 meter. Bila kamu rajin memberikan pupuk, bibit pohon bidara bisa tumbuh lebih dari 15 meter, bahkan mencapai 25 meter. Dengan semakin tingginya pohon, daun yang dihasilkan juga lebih lebat dan rindang. 

Bukan hanya membuat pohon menjadi tinggi, pemberian pupuk juga akan membuat batangnya tumbuh lebih besar dan kuat. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena pohon jadi tidak gampang roboh. 

6. Menghasilkan Buah Berkualitas 

Kualitas buah yang dihasilkan dari bibit pohon bidara juga bergantung pada pemberian pupuk. Bila kamu tidak memberikan pupuk, bukan tidak mungkin kalau buah yang dihasilkan cenderung tidak enak dan memiliki aroma yang tidak menyenangkan. 

Buah bidara yang sehat biasanya memiliki rasa yang manis dan asam, warna yang cerah dan mengkilap, serta aroma yang wangi. 

7. Membuat Akar yang Sehat 

Selain batang, daun, dan buah, bibit pohon bidara juga akan menumbuhkan akar. Bagian ini merupakan penopang bagi badan pohon. Semakin kuat dan besar akarnya, semakin bagus pula bagi pohon bidara. 

Pupuk yang diberikan secara rutin bisa membuat akar tumbuh menjadi lebih kuat dan besar. Karena itu, anda harus rajin-rajin memberikan pupuk ke pohon bidara yang anda tanam. 

Waktu yang Tepat Memberikan Pupuk ke Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: dream.co.id
Pemberian pupuk bisa anda lakukan segera setelah menanam bibit pohon bidara ke dalam tanah. Pada tahap ini, nutrisi dari pupuk akan segera diserap oleh tanaman ini agar merangsang proses pertumbuhan. 

Anda juga harus memberikan pupuk setiap hari setelah menyiram bibit pohon bidara. Lakukan secara rutin dalam waktu yang sama. Jangan memberikan pupuk lebih dari 1 kali dalam sehari karena justru akan membuat pohon bidara menjadi layu karena kelebihan nutrisi. 

Cara memberikan pupuk juga sangat gampang, anda hanya perlu menyebarkan pupuk ke bagian tanah atau daunnya. Penentuan penyebaran disesuaikan dengan jenis pupuk yang anda gunakan. Ada juga jenis pupuk yang harus dilarutkan ke dalam air. Pupuk yang mana saja bisa cocok dengan tanaman ini asal mengandung fosfor dan nitrogen. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: 99.co
Apakah anda sudah menyiapkan pupuk untuk bibit pohon bidara yang anda tanam? Jangan lupa untuk selalu memberikan pupuk setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Bibit Pohon Bidara Membutuhkan Pupuk?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel