Artikel Pilihan

Inilah Step By Step Merawat Bibit Pohon Waru

Sebelumnya pasti ada acara yang telah Anda pilih sehingga bisa memiliki bibit pohon waru yang sekarang ini. Bibit waru yang Anda miliki sekarang ini bisa berasal dari biji waru yang telah disemaikan, namun bisa juga anda dapatkan dari toko tanaman.

Ciri Ciri Pohon Waru

Tidak ada masalah antara cara semai atau mendapatkannya dari toko tanaman. Sebab kedua cara ini tetap bisa menghasilkan bibit baru yang siap untuk ditanam. Hanya saja, mungkin perlu Anda ketahui beberapa kriteria bibit waru terbaik yang sebaiknya Anda pilih ketika beli di toko tanaman.

Baca juga : Kaya Manfaat, Inilah Aneka Ramuan Pohon Waru dari Berbagai Bahannya

Bukan bahasan mengenai bagaimana kriteria bibit waru yang baik yang ada di artikel ini. Melainkan Bagaimana cara merawat dari bibit pohon waru itu sendiri. Memang benar, pohon Waru terkesan ada sebagai pohon yang liar dan tidak membutuhkan perawatan lebih. Ramon untuk Anda yang ingin membudidayakannya atau mengambil manfaatnya, harus tahu bagaimana cara yang benar untuk merawat.




Cara Merawat Bibit Pohon Waru Di Dalam Polybag

Cara merawat bibit pohon waru kali ini berlaku untuk bibit yang berasal dari biji yang disampaikan, juga untuk bibit yang didapatkan di toko tanaman. Langsung saja, simak step by step merawat bibit waru berikut :

Penyiraman

Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: tokopedia.net
Karena bibit yang Anda dapat baru saja melakukan perjalanan dari toko tanaman ke rumah, maka jangan lupa untuk memberinya air sesaat setelah sampai di rumah. Sebaiknya langkah ini dilakukan sesegera mungkin, sebab bisa saja saat perjalanan ada hal lain yang yang membuat pertumbuhan Waru terhambat atau terganggu.

Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Waru? Inilah 5 Titiknya

Apalagi jika bibit pohon waru ini datang dari luar kota, langkah ini mutlak harus dilakukan sesegera mungkin. Mungkin ada juga bertanya-tanya berapa intensitas penyiraman terbaik untuk bibit waru.
Untuk 1 bulan ke depan, selama bibit masih ada di dalam polybag, sebaiknya lakukan penyiraman sebanyak dua kali dalam satu hari. Intensitas ini tidak berlaku untuk musim hujan. Karena apabila sedang musim hujan dan bibit waru berada di luar ruangan, ia telah mendapatkan air hujan.

Pemberian Pupuk

Meskipun bibit pohon waru masih berada di dalam polybag alias belum di lahan yang sebenarnya, bibit tetap membutuhkan pemupukan. Justru pada masa waru sedang menjadi bibit adalah waktu yang paling membutuhkan pupuk. Karena dengan diberikan pupuk, bibit tersebut menjadi lebih mudah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Penggantian Polybag

Bibit waru yang anda miliki ini tentu saja Akan terus berkembang, besarnya bertambah, tingginya pun juga bertambah. Karenanya polybag yang telah digunakan akan terasa sempit suatu saat nanti. Jika memang demikian dan anda belum berencana untuk memindahkannya ke lahan yang sebenarnya, maka ganti saja polybag nya. Dengan demikian bibit pohon waru bisa terus tumbuh dengan baik.

Cara Merawat Bibit Pohon Waru Di Tanah

Anda boleh-boleh saja membuat bibit Waru tersebut berada di dalam polybag dalam jangka waktu yang lama. Namun tetap saja dibolehkan memindahkan warung yang ada di dalam polybag Kelelahan yang sebenarnya, dan justru hal inilah yang paling sering dilakukan. Setelah anda memindahkan bibit pohon waru ke lahan yang sebenarnya, berikut cara merawatnya :

Penyiraman

Penyiraman sebanyak dua kali dalam satu hari hanya dibutuhkan satu minggu setelah bibit dipindahkan saja. Setelah satu minggu, anda melakukan Penyiraman satu kali dalam satu hari saja. Malahan, ada teori yang mengatakan bahwa sebaiknya penyiraman dilakukan sebanyak satu kali saja dalam dua hari.

Penyulaman

Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: shopee.co.id
Penyulaman dilakukan jika ada banyak bibit baru sekaligus yang sedang dirawat. Penyulaman dilakukan untuk menghilangkan atau memperbaiki bibit yang mati. Dengan cara ini bibit yang mati atau bermasalah tidak akan mengganggu bibit lainnya.

Penyiangan

Seperti halnya tumbuhan lain, waru adalah pohon yang juga membutuhkan penyiangan dalam perawatannya. Anda tidak perlu sering-sering melakukan hal ini, intensitas yang paling disarankan adalah satu kali dalam tiga minggu atau satu kali dalam satu bulan saja. Apa manfaat dari penyiangan tentu saja supaya pertumbuhan Waru tidak terganggu oleh tumbuhan lain.




Pemupukan

Meskipun waru berada di lahan atau tanah yang sebenarnya, tetap beri pupuk saat Anda luang. Karena walaupun waru sudah tumbuh menjulang tinggi dan besar, Waru tetaplah pohon Ia membutuhkan nutrisi.

Cara merawat bibit pohon waru sama sekali tidak sulit. Malahan Anda yang berencana membudidayakan waru telah dijamin tidak akan mendapatkan tumbuhan yang manja atau menjengkelkan. Selamat mencoba!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Inilah Step By Step Merawat Bibit Pohon Waru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel