Artikel Pilihan

Di Mana Habitat Pohon Waru? Inilah 5 Titiknya

Anda yang menggemari pohon waru mungkin saat ini sedang bertanya-tanya di mana aslinya habitat pohon waru. Rasa penasaran Anda akan berakhir sudah karena akan dibahas beberapa titik habitat pohon yang eksotis ini.

Ciri Ciri Pohon Waru

Perlu Anda ketahui bahwa pohon Waru adalah pohon yang masih satu Marga dengan pohon bunga sepatu. Karena hal ini pula terkadang bisa dikatakan bunga dari pohon Waru cukup mirip dengan bunga sepatu.


Titik Habitat Pohon Waru

Habitat pohon waru membuat sebuah pohon waru bisa hidup dengan sendirinya atau disebut sebagai hidup secara alami. Namun bukan berarti pohon waru tidak bisa hidup di kecuali habitat-habitat yang akan disebutkan ini. Sebab kita sebagai manusia juga bisa membudidayakannya, budidaya ini pun tak perlu dilakukan di habitat aslinya. Berikut beberapa titik habitat pohon waru.

1. Pantai

Habitat utama atau titik yang paling sering dijumpai pohon waru tumbuh dengan sendirinya adalah tepi pantai. Tidak sulit untuk menemukan pohon waru di tepi pantai pantai yang ada di dalam cakupan Afro Eurasia, bahkan di Indonesia sekalipun. Pasti ada satu pantai di setiap daerah di Indonesia yang ditumbuhi pohon waru.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: sinarpidie.co
Apa alasan mengapa habitat pohon waru adalah di tepi pantai? Topi pantai adalah lokasi yang memiliki kondisi yang sangat memungkinkan untuk sebuah pohon waru hidup tanpa dirawat manusia. Cuacanya mendukung, angin, ketinggian, hingga curah hujan, semuanya mendukung pertumbuhan pohon waru.

Baca Juga :

2. Sungai

Habitat pohon waru selanjutnya adalah di tepi sungai. Jangan kaget jika Anda menemui pohon waru yang berada ada di dalam sungai. Sebab memang terkadang akar dari pohon waru berada di permukaan sungai, yang mana membuat pohonnya terkesan seperti berasal dari dalam sungai. 

Anda yang jarang pergi ke sungai, mungkin kurang mempercayai hal ini. Terlebih ketika berada di sungai Anda akan menjumpai berbagai pohon sekaligus. Namun yang pasti, sungai adalah salah satu habitat pohon waru.

3. Rawa-Rawa Bakau

Titik selanjutnya yang dinilai sebagai salah satu habitat pohon waru adalah di sekitar rawa-rawa bakau. Ada kandungan mineral di tanah sekitar rawa rawa bakau yang membuat pohon waru bisa tumbuh dengan baik. Ia bisa tumbuh secara alami, dan bisa terus tumbuh tanpa bantuan manusia. 

Sama seperti apa yang terjadi di sekitar atau tepi sungai. Jika Anda mengunjungi rawa-rawa bakau, Anda akan menemui berbagai jenis pohon sekaligus. Dari banyaknya pohon yang akan Anda temui di tepi rawa-rawa bakau, pasti salah satu atau beberapa diantaranya adalah pohon waru.

4. Hutan Hujan Tropis

Habitat-habitat di atas selalu memiliki unsur air juga bisa dikatakan selalu berada di lokasi yang dekat dengan sumber air. Habitat yang cukup berbeda dari habitat sebelumnya akan Anda temui di poin ini.

Pohon Waru juga bisa hidup dengan sendirinya di kawasan hutan hujan tropis. Di hutan hujan tropis tidak melulu ada sumber air. Namun pohon waru tetap bisa hidup dengan sendirinya di kawasan ini dengan alasan. Alasan mengapa baru bisa tumbuh di hutan hujan tropis adalah karena curah hujannya. 

Lokasi yang dibutuhkan pohon waru untuk bisa hidup dengan sendirinya adalah lokasi yang memiliki curah hujan 900 sampai 2500 mm per tahun. 

5. Danau

Terakhir habitat pohon waru adalah di tepi danau. Mungkin Anda tidak perlu kaget setelah mengetahui habitat ini, karena hampir serupa dengan habitat-habitat sebelumnya. Tidak sulit bagi pohon Waru untuk tumbuh secara alami di tepi danau karena dekat dengan sumber air. Terlebih jika danau tersebut memang luas dan memiliki cuaca yang mendukung, pastilah ditemui beberapa pohon waru sekaligus.


Asal Usul Pohon Waru

Sebelum membahas habitat pohon waru itu sendiri, harus Anda ketahui di mana asal dari pohon waru ini. Pohon waru adalah tumbuhan yang asli berasal dari Afro Eurasia. Cukup wajar jika Anda belum mengetahui istilah ini, sebab memang istilah ini mulai jarang digunakan.

Adapun wilayah yang masuk dalam cakupan Afro Eurasia antara lain Afrika, Eropa, dan Asia. Karena hal ini, bisa dikatakan pohon Waru mampu tumbuh secara alami di tiga benua ini, Afrika, Eropa, dan Asia sekaligus.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Di Mana Habitat Pohon Waru? Inilah 5 Titiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel