Artikel Pilihan

Fakta Tentang Pohon Basil : Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pohon basil merupakan salah satu jenis pohon yang sangat berguna dan bermanfaat, pohon basil merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan di benua Eropa. Kenapa pohon basil ini dipilih karena pohon basil merupakan salah satu jenis herbal yang bisa membuat masakan menjadi lebih bercita rasa tinggi.

Namun ternyata selain digunakan untuk bahan campuran masakan, herbal yang satu ini juga digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan karena ternyata banyak sekali manfaatnya. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui fakta tentang pohon basil : manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja sih manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Ciri Ciri Pohon Basil


1. Bermanfaat sebagai pain-reducer

Daun dari pohon basil ini ternyata juga mengandung senyawa analgesik yang sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit atau nyeri yang dikenal sebagai pain-reducer. Jadi jika anda mengalami nyeri atau peradangan, dan ingin mengkonsumsi yang herbal maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan daun pohon basil saja.




Baca juga : Ketahuilah Beberapa Manfaat Pohon Angsana Bagi Lingkungan

2. Bermanfaat sebagai pencegah diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan, oleh karena itu kita harus menjaga tubuh kita, menjaga pola makan supaya kita tidak mengalami diabetes. Jika anda ingin terhindar dari diabetes, maka anda bisa memanfaatkan pohon basil saja karena ternyata pohon basil ini bisa membantu untuk mencegah diabetes.

Bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan inflamasi. Selain itu kandungan yang ada di dalam daun pohon basil ini juga bisa membantu untuk menurunkan tingkat trigliserida dan juga tingkat kolesterol di dalam darah. Jadi jika ingin terhindar dari diabetes, cobalah memanfaatkan daun dari pohon basil.

3. Bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: thaispices.com
Manfaat yang selanjutnya dari pohon basil adalah ternyata pohon basil ini juga bisa membantu untuk meningkatkan imun tubuh kita. Sehingga jika anda ingin imun tubuh anda meningkat, jadi tidak gampang sakit-sakitan maka kami sarankan supaya anda rutin untuk mengkonsumsi daun dari pohon basil. Anda bisa mencampurnya bersama masakan olahan rumahan anda atau mungkin bisa mengubahnya menjadi teh daun basil.

4. Bermanfaat sebagai cancer-fighter

Fakta tentang pohon basil : manfaatnya untuk kesehatan yang ketiga adalah pohon basil ini bermanfaat juga untuk cancer-fighter. Karena menurut studi klinis dijelaskan bahwa pohon basil ini ternyata mengandung senyawa phytochemical yang bisa membantu untuk mencegah kanker secara alami.

Baca juga : Daftar Tanaman Asli Indonesia Yang Populer Di Luar Negeri

Yaitu kanker kulit, kanker paru paru, kanker mulut, dan juga kanker hati. Pohon basil ini mampu mengubah aktivitas antioksidan secara positif yang menginduksi apoptosis sel kanker dan bisa menghentikan penyebaran tumor kanker. Ini berarti dengan memanfaatkan ekstrak basil bisa menjadi pengobatan tambahan bagi penderita kanker.

5. Bermanfaat untuk mengatasi panas

Jika mungkin anak anda mengalami panas atau mungkin anggota keluarga anda ada yang mengalami demam maka anda bisa menggunakan daun dari pohon basil untuk mengatasi demamnya karena pohon basil ternyata juga mengandung senyawa antipiretik yang membantu untuk mengatasi dan menurunkan demam.

Untuk membuatnya berguna untuk mengatasi demam, maka anda bisa menjadikan daun basil ini menjadi teh basil dan mengkonsumsinya ketika sedang panas. Maka niscaya, demam akan menurun.

6. Bermanfaat sebagai liver-protector

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: keepfitkingdom.com
Tahukah anda bahwa ternyata pohon basil ini juga bisa membantu tubuh kita melakukan detoksifikasi dan bisa berperan sebagai liver-protector. Menurut studi yang dijelaskan oleh Journal of Medicinal Food, ditemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi daun basil selama 5 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam memproduksi enzim detoksifikasi. Sehingga bisa juga membantu untuk mengurangi pengurangan penumpukan lemak di hati yang bisa menjadi cikal bakal penyakit hati.




Itu tadi beberapa informasi yang kami sampaikan kepada anda mengenai fakta tentang pohon basil. Ternyata banyak sekali manfaat yang diberikan pohon basil untuk kesehatan manusia. Jika anda ingin mendapatkan semua manfaat itu maka anda bisa menanam pohon basil di rumah anda, pohon basil ini sangat mudah perawatannya, tidak ribet dan tidak rewel seperti tanaman herbal lainnya.

Jadi coba saja, anda bisa menanam pohon basil secara konvensional menggunakan tanah atau bahkan bisa mencoba menanamnya hidroponik. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa berguna bagi anda ya.

Baca juga :


Belum ada Komentar untuk "Fakta Tentang Pohon Basil : Manfaatnya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel