Artikel Pilihan

Ketahuilah Beberapa Manfaat Pohon Angsana Bagi Lingkungan

Pohon Angsana atau yang lebih sering dikenal sebagai Pohon Senokembang ini merupakan salah satu pohon yang banyak ditanam karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, pohon yang setiap daerah memiliki nama penyebutan yang berbeda ini ternyata juga tumbuh di berbagai belahan dunia seperti Filipina, Papua Nugini, Nigeria, dan masih banyak lagi. Pohon Angsana merupakan salah satu jenis pohon yang punya sejuta manfaat mulai dari daun hingga getahnya.

Ciri Ciri Pohon Angsana

Karena pohon ini digadang-gadang sebagai pohon yang memiliki sejuta manfaat, maka kali ini kami akan menyajikan informasi penting mengenai manfaat Pohon Angsana bagi lingkungan itu sendiri. Karena mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengerti apa saja manfaat dari Pohon Sonokembang ini. Ketahuilah beberapa manfaat pohon Angsana bagi lingkungan!

1. Sebagai peneduh dan membuat lingkungan jadi asri

Manfaat pertama yang bisa diberikan Pohon Angsana kepada lingkungan adalah sebagai peneduh yang baik. Seperti yang kita ketahui bahwa Pohon Angsana ini merupakan salah satu pohon yang bisa tumbuh besar dan lebat daunnya, sehingga ia bisa menjadi peneduh yang baik apabila sudah tumbuh besar.



Selain itu Pohon Angsana ini juga bisa membuat lingkungan menjadi lebih asri lagi. Jadi kami sarankan supaya Anda menanam Pohon Sonokembang di rumah atau di lingkungan Anda yang memang memiliki pekarangan yang sangat luas, sehingga bisa membuat lingkungan menjadi asri.


2. Sebagai penyerap polutan yang baik

Ketahuilah beberapa manfaat pohon Angsana bagi lingkungan yang kedua adalah ia bisa menjadi penyerap polutan yang baik. Tak heran mengapa kita sering menemukan pohon Angsana ini di hutan kota atau di pinggir jalanan, karena ia bisa menjadi penyerap polutan yang baik sehingga bisa menyerap polusi udara dengan baik dan bisa menetralkan udara.

3. Sebagai bahan baku pembuatan mebel

Sebagai pohon yang bisa tumbuh dengan raksasa, pohon Angsana ini menghasilkan kayu yang kokoh dan juga kuat. Aman dari gangguan rayap dan kelembaban berlebihan sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar mebel seperti lemari, meja dan kursi, dan juga lainnya.
Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: bibitbunga.com
Bahkan di daerah Timor Timur, Pohon Angsana ini dijadikan sebagai salah satu kayu untuk mendirikan rumah karena mereka menganggap bahwa kayu Angsana ini kayu yang cukup kokoh dan kuat sehingga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membangun rumah.

4. Sebagai pewarna tekstil alami

Banyak sekali manfaat dari Pohon Angsana ini bagi lingkungan, selain yang sudah kami sebutkan 3 diatas tadi. Pohon Angsana ternyata juga bisa menjadi pewarna tekstil alami. Mungkin beberapa dari Anda belum pernah melihat langsung bagaimana getah dari Pohon Angsana, getahnya berwarna merah kino.

Biasanya getah dari Pohon Angsana ini dimanfaatkan sebagai pewarna tekstil alami. Selain itu di daerah Kalimantan sendiri biasanya getah dari Pohon Angsana ini digunakan sebagai pewarna keranjang. Karena selain menghasilkan warna yang bagus, ia juga tahan lama.



5. Sebagai bahan kerajinan tangan dari kayu

Manfaat kelima dari Pohon Angsana untuk lingkungan ini adalah biasanya Pohon Angsana juga dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan dari kayu. Tak hanya bagian kayunya yang bagus saja yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan mebel, biasanya kulit pohon dan juga serat dari Pohon Angsana atau Pohon Senokembang ini bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan yang bernilai seperti kotak pensil, kursi jalin, anyaman, dan masih banyak lagi. Kulit dan serat Pohon Angsana ini dipilih karena memang kualitasnya bagus sama seperti kayunya.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai Ketahuilah beberapa manfaat pohon Angsana bagi lingkungan. Karena Pohon Angsana ini memiliki banyak sekali manfaat bagi lingkungan, maka tentu saja kita sebagai manusia sudah selayaknya untuk menjaga kelestarian Pohon Angsana ini sehingga bisa mendapatkan keuntungan namun tetap menjaga kelestarian pohon ini sehingga pohon ini tak punah. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Ketahuilah Beberapa Manfaat Pohon Angsana Bagi Lingkungan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel