Artikel Pilihan

Jenis Pohon Basil yang Bisa Anda Tanam di Rumah

Anda tentu saja sudah tidak asing lagi dengan pohon basil? Pohon basil ini biasanya dimanfaatkan daunnya untuk masakan maupun digunakan sebagai obat herbal karena memiliki banyak sekali kegunaan untuk kesehatan manusia. Pohon basil yang masih kerabat dengan daun kemangi ini ternyata memiliki beberapa jenis.

Tidak hanya satu jenis saja yang bisa anda tanam di rumah anda, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi penting kepada anda mengenai jenis pohon basil yang bisa anda tanam di rumah. Apa saja jenis pohon basil yang cocok anda tanam di rumah anda? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Sweet basil / Ocimum basilicum

Ciri Ciri Pohon Basil

Jenis pohon basil yang paling umum dan sering ditanam adalah sweet basil atau yang memiliki nama latin Ocimum basilicum. Jenis daun basil yang satu ini memiliki bentuk yang bundar dan bisa menghadirkan rasa sedikit pedas sehingga banyak disukai oleh orang yang hobi masak, jenis sweet basil ini merupakan pohon basil yang paling mudah kita temukan.




Biasanya sweet basil ini ditambahkan ke dalam masakan Italia seperti pesto, salad, saus tomat, dan pizza. Selain itu, sweet basil ini juga bisa digunakan untuk herbal karena bisa membantu mengobati berbagai macam penyakit. Anda bisa memanennya dengan cara yang mudah, hanya dengan memetik daunnya saja. Apakah anda ingin menanam sweet basil?

Baca juga : Manfaat Pohon Pinus Merkusii yang Merupakan Tanaman Asli Indonesia

2. Lemon basil / Ocimum basilicum var. citriodorum

Jenis pohon basil kedua yang bisa anda tanam di rumah adalah lemon basil. Jika anda menyukai bau-bau jeruk dan ingin menanam pohon basil di rumah maka kami menyarankan supaya anda menanam pohon basil lemon basil saja. Jenis kemangi yang satu ini menawarkan aroma jeruk yang intens dan khas, selain itu bisa menawarkan rasa yang segar.

Jenis lemon basil ini bisa tumbuh tinggi hingga 18 inchi dengan daun yang lebar seperti jenis basil kebanyakan. Lemon basil ini biasanya ditambahkan pada berbagai jenis minuman seperti misalnya teh, limun, koktail, dan banyak orang yang mencampurkan lemon basil ini ke dalam air. Selain itu, pohon basil jenis lemon basil ini juga digunakan untuk ditambahkan ke dalam makanan seperti salad atau ikan.

3. Greek basil / Ocimum basilicum var. minimum

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: thetutuguru.com.au
Jenis pohon basil yang bisa anda tanam di rumah yang ketiga adalah greek basil atau yang disebut sebagai basil Yunani. Basil yang satu ini merupakan variasi pohon basil yang tumbuh kecil dengan pertumbuhan bulat yang padat.

Baca juga : Mengenal Pohon Ketapang Biola, Si Mini yang Multiguna

Selain bisa ditambahkan sebagai bahan tambahan untuk masakan, pohon basil yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias karena mereka tidak bisa tumbuh dengan besar. Walaupun mungil, pohon basil jenis ini memiliki aroma basil yang kuat. Pernahkah anda melihat secara langsung pohon basil jenis greek basil? Anda juga bisa menanam pohon basil yang satu ini di rumah anda.

4. Purple basil / Ocimum basilicum var.purpurascens

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: shawnacoronado.com
Kemudian yang keempat, ada pohon basil bernama purple basil atau yang sering disebut sebagai pohon basil ungu. Pohon basil yang satu ini berbeda daripada jenis pohon basil yang lainnya, jika lainnya memiliki daun berwarna hijau maka pohon basil yang satu ini memiliki daun berwarna ungu. Selain itu, pohon basil purple basil memiliki bunga berwarna putih atau ungu yang sangat indah yang akan menghiasi kebun anda jika anda menanamnya.




Untuk perawatanya sama saja seperti jenis pohon basil yang lainnya, biasanya jenis pohon basil ungu ini digunakan untuk dicampurkan ke dalam makanan seperti salad karena warna ungunya yang indah.

Dan juga terkadang dicampurkan ke dalam saus karena pohon basil ungu atau purple basil ini biasanya menghasilkan rasa yang sedikit pedas. Jadi untuk anda yang ingin membuat salad atau ingin menambahkan cita rasa pedas sedikit selain cabai, maka anda bisa menambahkan pohon basil ungu.

Itu tadi beberapa informasi jenis pohon basil yang bisa anda tanam di rumah. Anda bisa menanam berbagai jenis pohon basil di rumah sendiri. Masih banyak sekali jenis pohon basil yang bisa anda tanam. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Jenis Pohon Basil yang Bisa Anda Tanam di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel