Artikel Pilihan

Panen Pohon Basil? Bagaimana Sih Cara Menyimpannya?

Pohon Basil merupakan salah satu jenis pohon herbal yang sekarang ini banyak ditanam oleh orang-orang. Alasan kenapa banyak pohon basil yang dipilih adalah karena pohon basil merupakan tanaman yang sangat mudah penanamannya, perawatannya, dan juga cara panennya juga sangatlah mudah.

Pohon basil tidaklah rewel dan butuh banyak syarat untuk melakukan perawatannya sehingga sangat mudah bahkan jika ingin menanam di rumah sendiri. Banyak orang yang setelah menanam pohon basil dan berhasil, bingung untuk menyimpan pohon basil seperti apa setelah dipanen. Anda baru saja panen pohon basil? Bagaimana sih cara menyimpannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Anti Gagal, Ini Tips Menanam Pohon Tabebuya di Rumah


Panen Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Jika anda sudah berhasil menanam pohon basil maka tentu pohon basil itu akan jadi cepat tumbuh. Lalu banyak yang bertanya bagaimana cara memanen pohon basil yang benar dan tepat? Sebenarnya tidak ada aturan tertentu bagaimana memanen pohon basil, namun waktu terbaik untuk mendapatkan daun pohon basil yang segar adalah anda bisa memanennya pada pagi hari sebelum matahari terbit.




Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui fakta yang satu ini, namun pohon basil ini bisa anda panen secara berkala dan rutin. Semakin banyak atau semakin sering anda memetik daun pohon basil maka tanaman tersebut akan menghasilkan daun pohon basil makin banyak, yang artinya menghasilkan daun yang baru dan segar juga.

Jadi anda bisa memanen atau memetik pohon basil sesuai dengan kebutuhan anda, setiap harinya. Atau jika anda tidak terlalu membutuhkan daun dari pohon basil maka anda bisa memetika setidaknya seminggu sekali.

Cara Menyimpan Hasil Panen Pohon Basil

Anda baru saja panen pohon basil? Bagaimana sih cara menyimpannya? Setelah anda memanen pohon basil maka mungkin anda akan menggunakannya untuk masak atau mungkin anda menggunakannya sebagai obat herbal. Jika sudah seperti itu, maka mungkin anda akan kebingungan untuk menyimpan sisa dari petikan pohon basil yang baru saja anda petik.

Baca juga : Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan

Tenang saja karena kami akan memberikan beberapa tips mudah untuk anda sehingga anda bisa menyimpan hasil panen pohon basil anda dan anda bisa menggunakan atau memanfaatkan petikan daun pohon basil anda dengan baik. Berikut adalah beberapa cara menyimpan hasil pohon basil anda:

1. Menggunakan air

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: thecafesucrefarine.com
Banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk menyimpan hasil panen pohon basil anda. Salah satu cara yang bisa anda pilih adalah anda bisa menyimpannya menggunakan air saja. Jika anda memetik beberapa inchi daun basil bersama batangnya, maka anda bisa menyimpannya di air layaknya anda menyimpan bunga potong di dalam vas bunga.

Anda bisa menggunakan gelas yang diisi air, kemudian masukkan setengah batang dari pohon basil yang anda panen tadi, letakkan di suhu ruangan sehingga pohon basil bisa bertahan beberapa minggu dan tetap segar.

2. Menyimpannya di dalam kulkas

Jika anda membutuhkan daun pohon basil untuk memasak atau untuk obat herbal di rumah anda, maka anda bisa menyimpannya di dalam kulkas juga. Caranya adalah simpanlah beberapa daun pohon basil yang telah anda panen tadi ke dalam airtight container kemudian lapisi dengan garam dan tutupi dengan olive oil. Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas dan bisa menggunakan daun basil simpanan ini sebagai bahan tambahan untuk masakan anda.

3. Membekukan daun basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: i.pinimg.com
Salah satu metode yang paling populer dan digunakan untuk menyimpan pohon basil adalah dengan membekukan daun basil. Caranya sangatlah mudah, cukup hancurkan atau potong daun basil menjadi kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam cetakan es batu dan siram menggunakan sedikit air atau olive oil. Kemudian masukkan ke dalam freezer.




Dengan menggunakan metode ini maka daun basil bisa tahan dengan segar hingga 3 bulan, anda bisa menggunakannya sebagai rempah masakan atau untuk obat herbal.

Itu tadi beberapa informasi penting untuk anda. Sekarang anda sudah tahu bukan beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk menyimpan hasil panen pohon basil anda supaya tetap segar. Semoga artikel yang kami berikan bisa berguna dan bermanfaat bagi anda ya!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Panen Pohon Basil? Bagaimana Sih Cara Menyimpannya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel