Artikel Pilihan

Distribusi Pohon Cemara dibandingkan Jenis Tanaman Lain di Dunia

Ciri Ciri Pohon Cemara

Di Indonesia dan banyak Negara tropis serta benua Amerika, kita akan mudah menemui hutan dengan tanaman monokotil semacam cemara. Bentuk lain dari tanaman hutan monokotil tropis adalah cemara, rumpun bambu, yang umum di Asia, terdiri dari rerumputan kayu raksasa.

Salah satu tanaman paling serbaguna di dunia, yaitu cemara berharga sebagai bahan konstruksi, serta untuk ratusan aplikasi lainnya. Tunas mudanya merupakan sumber enzim tertentu yang berharga. Salah satunya adalah jenis cemara oriental.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan dan Kualitas Pohon Cemara

Pohon cemara (Spruces) jenis ini dapat berupa semak, pohon kecil, atau pohon yang sangat besar. Pemilik rumah rata-rata harus fokus pada pilihan miniatur yang lebih cocok ke lanskap rumah. Jenis cemara orientalis yang digambarkan di atas, misalnya, tingginya sekitar 6 kaki (2 m) setelah 10 tahun, memiliki jarum yang tertib, halus dan menarik, dengan cabang yang sedikit meruncing disamping, kelompok pohon hutan lainnya yang sudah berkembang lebih dulu yaitu dikotil.

Jenis tanaman ini merupakan pohon berdaun lebar, juga disebut kayu keras, berbeda dengan jenis cemara. Struktur kayunya kompleks, dan setiap jenis kayu berdaun lebar memiliki sifat khas yang cocok untuk penggunaan tertentu.




Distribusi Pohon Cemara Dibandingkan Jenis Tanaman Lain di Dunia

Sekitar 4.000.000.000 hektar, atau sekitar sepertiga dari total luas lahan di dunia, ditutupi dengan hutan tertutup dari spesies berdaun lebar dan jenis pohon jarum serta hutan terbuka atau savana. Untuk jenis tanaman daun kecil alias monokotil, cemara sangat mendominasi. Cemara oriental sendiri juga punya jenis yang favorit yaitu Picea orientalis 'Skylands' yang popular di benua Amerika.
 
Picea orientalis 'Skylands' adalah pohon cemara oriental yang banyak disuka penggemar lanskap alam. Fittur khasnya adalah dedaunan emasnya yang indah. 'Skylands' harus dilindungi dari matahari sore yang panas pada musim kemarau yang panas, jika tidak maka daunnya akan terbakar. Jika 'Skylands' dirasa terlalu besar untuk kebun Anda, ada bisa pilih "Skylands seedling" yang disebut 'Firefly' yang menampilkan dedaunan emas yang sama, tetapi tumbuh lebih lambat dengan daun yang lebih kecil.

 Baca juga : Fakta Menarik Tentang Pohon Cemara di Indonesia dan Negara Lainnya

Karena karakteristik spesies pohon yang berbeda-beda, jenis dan distribusi hutan dunia sebagian besar ditentukan oleh kondisi setempat. Setiap kombinasi suhu, curah hujan, dan tanah memiliki hubungan khusus antara pohon dan vegetasi lain yang paling siap untuk bersaing dengan tanaman lain untuk situs tersebut.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: google.com
Hutan terbuka secara khas adalah padang rumput tropis, sering kali terganggu oleh api, dengan hutan di sepanjang aliran dan tersebar pohon-pohon individu atau kebun kecil. Hutan duri tertutup biasanya tampak bersebelahan dengan sabana. Secara umum, hutan jenis konifera ditemukan di daerah yang lebih dingin, lebih kering, dan spesies berdaun lebar dominan di bagian yang lebih hangat, biasanya lembab di dunia. Hutan tropis hampir secara eksklusif terdiri dari spesies berdaun lebar. Hutan campuran berdaun lebar dan konifer ditemukan di dekat batas antara dua zona iklim ini.

Distribusi lahan hutan dunia

Mari perhatikan distribusi lahan hutan di dunia dalam jutaan hektar.
Amerika Utara 1.835
Eropa 472
Bekas Uni Soviet 2.227
Afrika 2.966
Amerika Latin 2.054
Asia 2.573
Wilayah Pasifik 950
Total dunia 13.077




Hutan jenis konifer banyak ditemukan di iklim sedang di Belahan Bumi Utara, di mana mereka meliputi sekitar 1.100.000.000 hektar; sekitar 85 persen dari mereka berada di Amerika Utara dan Eurasia. Hutan konifer utara, atau taiga, meluas melintasi Amerika Utara dari Pasifik ke Atlantik, melintasi Eropa utara melalui Skandinavia dan Rusia, dan melintasi Asia melalui Siberia ke Mongolia, Cina utara, dan Jepang utara. Salah satu pohon yang tumbuh pesat disana adalah Cemara Norwegia (Norwegia Spruce).

Pohon cemara Norwegia, atau Picea abies ini bisa tumbuh di banyak benua. Di alam, pohon-pohon ini sangat besar, dengan jarum hijau sangat gelap pada cabang-cabang yang meruncing dengan anggun. Ada banyak jenis cemara yang cocok ditanam untuk kebun; jenis ini mungkin pohon cemara yang paling produktif! Beberapa juga memiliki jarum emas, seperti Picea Abies 'dan Aurea Magnifica'.

Baca juga :

Belum ada Komentar untuk "Distribusi Pohon Cemara dibandingkan Jenis Tanaman Lain di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel