Artikel Pilihan

Cara Mengidentifikasi Pohon Cemara Dengan Tepat

Pohon cemara bisa tumbuh dengan baik di iklim dingin dan sering digunakan sebagai pohon Natal selama musim liburan. Ada sekitar 40 spesies pohon cemara di seluruh dunia, dengan beberapa termasuk pohon cemara Colorado dan pohon cemara Norwegia yang paling umum. Seperti pinus dan cemara, pohon cemara memiliki jarum daripada daun, yang seringkali membuat sulit untuk membedakan antara ketiga jenis pohon ini.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Saat Anda mengidentifikasi pohon, pertama-tama pastikan pohon itu benar-benar jenis cemara bukan yang lainnya. Kemudian hati-hati memeriksa jarum, kulit kayu dan kerucut untuk menentukan spesies pohon cemara.

Lihatlah jarum cemara 

Sebelum mencoba mempersempit spesies pohon cemara, pertama-tama pastikan Anda tidak melihat cemara atau pinus. Memeriksa jarum pohon adalah cara termudah untuk membuat perbedaan di antara mereka. Jarum pohon cemara melekat satu per satu ke cabang-cabangnya, tidak seperti kelompok. Mereka juga memiliki empat sisi dan mudah digulung di antara jari-jari Anda.




Baca juga : Manfaat Pohon Cemara, Mulai dari Kayu untuk Bangunan Hingga Minuman

Jarum pohon pinus tumbuh berkelompok, yang membuatnya segera dapat dibedakan dari pohon cemara. Seperti jarum cemara, jarum pohon cemara juga tumbuh secara individual. Namun, sementara jarum pohon cemara runcing tajam dan mudah digulung di antara jari-jari Anda, jarum cemara lebih rata, lebih runcing dan tidak bisa digulirkan di antara jari-jari Anda.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com


Periksa kerucut 

Kerucut pohon cemara juga merupakan cara yang baik untuk mengidentifikasi pohon itu. Kerucut tumbuh dari cabang-cabang pohon dan mengandung biji-biji pohon. Spruces, pinus dan cemara semuanya mengandung kerucut, seperti halnya runjung lainnya seperti pohon cedar dan hemlock. Kerucut pohon cemara memiliki skala yang halus dan tipis, dan cukup fleksibel dan mudah ditekuk. Kerucut pinus memiliki sisik yang tebal, kasar dan berkayu, yang membuat kerucut tidak fleksibel.

Rasakan rantingnya

Jarum pohon cemara tumbuh dari pasak kayu kecil dari cabang. Ketika jarum jatuh dari pohon, pasak-pasak ini tertinggal, membuat dahan-dahan itu terasa kasar. Pasak terlihat seperti titik tiga dimensi kecil di sepanjang permukaan cabang. Cabang-cabang pohon cemara dan pinus tidak memiliki batang ini, dan karenanya terasa lebih halus daripada pohon cemara.

Lihatlah bentuk rantingnya

Pohon cemara adalah lebat dan penuh, dan memiliki cabang terbalik. Pohon cemara, di sisi lain, memiliki cabang yang jatuh, membuat mereka mudah dibedakan. Pohon pinus juga memiliki cabang terbalik, tetapi memiliki lebih sedikit cabang yang membuatnya terlihat lebih jarang daripada pohon cemara.

Mempersempit Pencarian Spesies Pohon Cemara Menurut Lokasi

Gunakan wilayah tersebut untuk mempersempit spesies. Jenis pohon cemara tertentu biasa ditemukan di lokasi tertentu. Catat di mana pohon itu berada dan teliti jenis pohon cemara yang asli di daerah tersebut. Temukan panduan pohon bergambar di wilayah Anda untuk membantu Anda mengidentifikasi spesies pohon cemara.

Baca juga : Berbagai Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Colorado Spruce umum terdapat di seluruh Pasifik Barat Laut dan Midwest. The Red Spruce, The Black Spruce dan The Blue Spruce adalah varietas umum yang biasanya tumbuh di Timur Laut. Spruce Putih dan Spruce Norwegia lazim di Timur Laut dan Barat Laut. Ada juga beberapa varietas pohon cemara yang berasal dari negara-negara di Asia Timur, Turki, dan wilayah Eropa Barat.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com

Pertimbangkan area terdekatnya

Spesies cemara yang berbeda tumbuh dalam kondisi yang berbeda. Beberapa pohon cemara cenderung tumbuh hanya di dekat sumber air atau tempat-tempat dengan tanah yang kaya, sementara yang lain baik-baik saja bahkan di iklim yang keras. Mempertimbangkan area di mana pohon cemara tumbuh.




Colorado spruce tumbuh paling baik di lingkungan yang memiliki tanah yang kaya dan berliku seperti daerah di sekitar sungai atau sungai. Spruce Hitam biasanya tumbuh di rawa, itulah sebabnya ia juga disebut sebagai Bog Spruce. The Red Spruce sering ditemukan di hutan sejuk bersama tumbuhan runjung lainnya.

White Spruce cenderung tumbuh di tanah asam lembab di sekitar sungai atau sungai dan sering tumbuh di sekitar pohon kayu keras termasuk jenis pohon jarum lainnya. Norway Spruce dapat tumbuh di berbagai iklim yang lebih dingin, tetapi tumbuh subur di tanah yang lembab dan asam.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Cara Mengidentifikasi Pohon Cemara Dengan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel