Artikel Pilihan

Cara Merawat Tanaman Kacang Arab Agar Tumbuh Subur dan Berkualitas

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab telah banyak digunakan sebagai bahan baku untuk membuat aneka jenis makanan atau sekadar dijadikan camilan sehat saat sedang bersantai di rumah. Bukan hanya memiliki rasa yang lezat, kacang arab juga mengandung protein cukup tinggi yang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itulah, saat ini ada banyak orang yang mulai menanamnya sendiri di rumah.

Kacang arab umumnya ditanam saat musim kemarau, namun bukan berarti tanaman satu ini tidak cocok ditanam pada saat musim penghujan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara merawat tanaman kacang arab agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

7 Langkah Mudah Merawat dan Memanen Tanaman Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: amazonaws.com
Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda cermati untuk merawat tanaman kacang arab agar berkualitas sempurna :




1. Menyiram tanaman kacang arab secara teratur

Biasanya, air hujan saja sudah cukup untuk menyiram tanaman kacang arab. Namun, jika musim kemarau tiba, sebaiknya Anda menyiram tanaman kacang arab sebanyak dua kali dalam seminggu ketika tanaman memasuki fase berbunga dan pembentukan pod.

Ingat, jangan pernah menyiram tanaman kacang arab dari arah atas. Sebab, air bisa mengenai bunga dan pod sehingga menyebabkannya terbuka secara prematur. Menumpahkan air di atas tanaman juga bisa memicu munculnya embun tepung. Jadi sebaiknya, siram kacang arab langsung di permukaan tanahnya.

Setelah pod dewasa dan tanaman mulai layu dengan sendirinya, kurangi intensitas penyiramannya. Cukup siram setiap dua minggu sekali untuk mempercepat proses pengeringan sebelum memanen hasilnya.

Baca juga : Sebelum Budidaya, Kenali 5 Ciri Pohon Ketapang Ini

2. Beri mulsa secukupnya

Ketika cuaca mulai menghangat, berikan sedikit mulsa di sekitar batang tanaman kacang arab tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa menyimpan kelembaban tanah yang sangat berguna saat tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari penuh. Selain itu, mulsa juga membantu mencegah tumbuhnya rumput liar yang menginvasi alas tanahnya.

3. Beri pupuk sewajarnya

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: gardeningknowhow.com
Sebaiknya, beri pupuk kompos atau pupuk organik serupa pada tanah di pertengahan masa tanam kacang arab. Tapi ingat ya, Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak pupuk dengan kandungan nitrogen yang tinggi.

Pasalnya, kacang arab mampu bekerja sama dengan mikroorganisme di dalam tanah untuk memproduksi nitrogennya sendiri. Kadar nitrogen yang berlebihan justru menyebabkan daun tumbuh lebih lebat dan memperkecil ukuran kacang yang akan tumbuh.

4. Berantas hama tepat saat Anda melihatnya

Kacang arab sangat rentan diserang oleh berbagai jenis hama dan penyakit. Namun, Anda tidak boleh melakukan penanganan yang terlalu cepat. Anda harus menunggu sampai benar-benar menemukan hama sebelum melakukan sesuatu untuk memberantasnya.

5. Memanen kacang arab dalam keadaan segar

Apabila Anda ingin memanen kacang arab yang segar, sebaiknya petik pod kacang saat masih hijau dan belum terlalu dewasa. Perlu Anda ketahui, pod kacang arab hanya sepanjang 2-5 sentimeter saja dan setiap pod hanya menampung satu hingga tiga butir kacang.

Baca juga : Pinus Radiata, Pohon Pinus yang Mudah Ditanam dan Menghasilkan Kayu Terbaik

6. Memanen kacang arab yang dikeringkan

Cara yang paling banyak digunakan untuk memanen kacang arab adalah dengan mengeringkannya. Untuk melakukan cara tersebut, Anda harus memanen keseluruhan tanaman saat daunnya mulai layu dan berwarna kecoklatan.

Letakkan tanaman tersebut di atas permukaan yang datar dan hangat, lalu biarkan mengering secara alami. Ambil kacang ketika pod mulai terbuka dengan sendirinya. Jika cuaca terasa lembab, sebaiknya bawa tanaman yang telah dipanen atau pod ke dalam ruangan untuk dikeringkan kembali. Jika Anda tidak melakukannya, maka jamur bisa muncul di permukaan pod dan merusak kacang di dalamnya.

7. Simpan kacang arab dengan baik dan benar





Kacang arab yang segar dan belum dikupas bisa Anda simpan di dalam lemari es selama satu minggu. Sementara kacang yang telah dikupas dan dikeringkan harus disimpan di tempat yang sejuk serta kering agar mampu bertahan hingga satu tahun. Sebaiknya, simpan kacang-kacang yang telah dikeringkan dalam wadah tertutup rapat untuk menjaga kualitasnya.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk merawat tanaman kacang arab agar mampu tumbuh sempurna dan dipanen dengan kualitas terbaik. Jadi, perhatikan setiap langkahnya dengan seksama agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Tanaman Kacang Arab Agar Tumbuh Subur dan Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel