Artikel Pilihan

Garbanzo, Si Kacang Arab yang Sehat dengan Berbagai Manfaat

Ciri Ciri Kacang Arab

Garbanzo atau kacang arab adalah jenis keluarga polong-polongan yang cukup terkenal di Timur Tengah, India, Portugal, dan sebagian negara lainnya. Dari segi nutrisi, garbanzo menyerupai kacang hijau yang tinggi akan folat, protein, serat, zat besi, tapi rendah lemak. Kacang arab ini pun baik untuk dijadikan makanan selama masa pertumbuhan, ibu hamil, olahragawan, dan diet bagi siapa saja.

Kacang arab memiliki ukuran agak kecil, hanya sedikit lebih besar ketimbang kacang hijau. Selain itu, kacang satu ini memiliki rasa yang gurih dan tidak keras ketika sudah dimasak dengan cara yang benar.

Bahan-Bahan yang Bisa Dibuat dari Kacang Arab 

Selain mengandung gizi yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh, garbanzo ternyata bisa dibuat menjadi bahan-bahan lain yang pastinya berguna. Berikut beberapa di antaranya :




1. Tepung garbanzo

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: pressablecdn.com
Sesuai dengan namanya, tepung garbanzo ini berasal dari kacang arab yang umumnya hanya ditemukan di kawasan Pakistan, Bangladesh, dan India. Biasanya, tepung ini digunakan untuk memutihkan tubuh. Cara memutihkan tubuh menggunakan tepung garbanzo terdiri dari 3 macam.

2. Tepung garbanzo dan bubuk kunyit

Melansir dari laman jasmeetk hubpages, campuran tepung kacang arab dengan bubuk kunyit bisa dijadikan masker untuk mempercantik wajah. Masker tersebut terbukti sangat efektif untuk memutihkan kulit dan menghapus bintik-bintik hitam di wajah.

Baca juga : Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampur 2 sendok teh tepung garbanzo dengan sejumput bubuk kunyit, lalu tambahkan air hingga mengental. Agar hasilnya lebih efektif, Anda bisa menambahkan 1 sendok teh perasan lemon atau yogurt.

Oleskan masker tersebut pada wajah selama kurang lebih 20-25 menit dan tunggu sampai mengering. Jika benar-benar telah mengering, gosok perlahan masker tersebut hingga terlepas, kemudian bilas wajah menggunakan air bersih.

3. Tepung garbanzo dan tomat

Tepung kacang arab ini juga dikenal mampu mencerahkan kulit yang menjadi gelap akibat terbakar sinar matahari. Caranya mudah, campurkan saja 2 sendok teh tepung satu ini dengan 2-3 sendok teh jus tomat untuk dijadikan masker. Oleskan pada wajah selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Dijamin, wajah Anda akan terlihat jauh lebih cerah.

4. Tepung garbanzo dan susu

Melansir dari laman rskarthi hubpages, tepung berbahan dasar kacang arab ini juga bisa dicampur dengan susu. Cara membuatnya, cukup campurkan 2 sendok makan tepung garbanzo, 4 sendok teh susu cair, dan 1 sendok teh jus lemon. Oleskan masker pada seluruh area wajah dan leher sekitar 20 menit, tunggu hingga mengering, kemudian bilas sampai bersih.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Ketapang Di Area Rumah

5. Aquafaba

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: seriouseats.com
Bahan kedua yang bisa Anda dapatkan dari garbanzo ini adalah aquafaba. Aquafaba dikenal sebagai air rebusan kacang arab yang memiliki banyak kandungan manfaat, khususnya bagi orang-orang yang memilih gaya hidup vegan.

Melansir dari laman The Guardian, aquafaba diklaim lebih mudah dikocok ketimbang putih telur untuk membuat mayonaise. Bahkan, aquafaba juga bisa digunakan untuk membuat meringues yang legit.

Pada dasarnya, aquafaba bisa dibuat bukan hanya dari rebusan kacang arab saja, tapi juga kacang polong dan jenis kacang-kacangan lain. Secara alami, air rebusan kacang seperti ini mengandung protein dan saponin yang membuatnya bisa diolah layaknya putih telur.

Cara membuat aquafaba yang kaya akan protein cukup mudah. Anda hanya perlu merendam kacang arab dalam air yang cukup banyak selama semalaman. Di pagi harinya, segera tiriskan kacang, kemudian tambahkan 1 liter air per 200 gram kacang.

Masak hingga mendidih, kemudian saring buihnya. Tutup dan masak lagi selama 1-2 jam hingga kacang benar-benar lunak. Matikan api dan biarkan uap panas rebusan tersebut hilang sepenuhnya sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan dikocok.

Anda juga bisa membuat mayonaise dari aquafaba sehingga lebih aman dikonsumsi oleh para vegan. Cukup sediakan rebusan air kacang arab sebanyak 10 sendok teh, 1 sendok makan mustard, lada hitam, garam, 1 sendok makan cuka, organik rapeseed, dan minyak secukupnya.




Cara membuatnya, masukkan air rebusan kacang arab, mustard, garam, dan lada ke dalam wadah bersih bebas minyak. Kocok menggunakan mixer atau blender sampai benar-benar tercampur rata dan berbuih. Kemudian, tuangkan minyak sambil tetap diaduk hingga mendapatkan tekstur kental yang diinginkan.

Nah, itu tadi sekilas ulasan mengenai garbanzo alias si kacang arab yang kaya manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memanfaatkan kacang arab yang mungkin masih tersimpan rapi di kulkas. Selamat mencoba!

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Garbanzo, Si Kacang Arab yang Sehat dengan Berbagai Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel