Artikel Pilihan

Budidaya Pohon Basil, Mudah dan Hasilnya Maksimal

Sekarang ini banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan budidaya tanaman. Banyak sekali orang yang melakukan budidaya tanaman, salah satu yang bisa anda jajal adalah budidaya pohon basil. Pohon basil merupakan salah satu jenis herbal yang paling populer dan bisa tumbuh juga dengan mudah.

Tanaman yang punya nama latin Ocimum basilicum ini merupakan keluarga dari tanaman mint. Di Italia, herbal ini sering dimasukkan ke dalam masakan untuk membuat rasa yang kuat. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips mudah bagi anda yang ingin mencoba budidaya pohon basil, mudah dan hasilnya maksimal. Penasaran? Simak tipsnya di bawah ini!

Apa yang perlu anda ketahui tentang pohon basil?

Ciri Ciri Pohon Basil

Bagi anda yang ingin melakukan budidaya pohon basil maka tentu saja harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pertumbuhan pohon basil. Pada umumnya, pohon basil ini merupakan pohon yang bisa mulai panen sekitar 60 hingga 90 hari setelah kita menanam bijinya.




Biasanya panen yang sering akan membuat pohon basil anda menghasilkan daun yang lebih lama. Supaya pohon basil anda tidak cepat mekar maka anda bisa memanennya mulai dari daun paling atas ketika pohon basil anda mencapai ketinggian 6 inci.

Baca juga : 5 Pohon Bunga Cantik Alternatif Sakura Jepang

Kemudian yang perlu anda ketahui, ukuran dari pohon basil ini akan tergantung dari varietasnya, kondisi pertumbuhannya, dan seperti apa cara anda memanennya. Variasi dari sweet basil biasanya bisa tumbuh mencapai 6 ft, namun sebagian besar hanya tumbuh 2 hingga 3 ft. Kemudian, dengan sering memanen pohon basil anda secara terus menerus akan membuatnya menjadi lebih lebat dan menghasilkan banyak daun.

Apa saja yang perlu diperhatikan supaya pohon basil bisa tumbuh maksimal?

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: thespruce.com
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin menanam dan melakukan budidaya pohon basil. Berikut merupakan hal yang harus anda perhatikan :

1. Sinar matahari

Pohon basil ini bisa tumbuh dengan baik jika ia mendapatkan asupan cahaya yang baik pula. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, maka setidaknya pohon basil anda harus mendapatkan cahaya matahari selama 6 hingga 8 jam penuh tiap harinya. Karena jika kurang dari 6 jam, maka bisa menyebabkan daun pohon basil anda menjadi pucat dan bisa menimbulkan beberapa masalah atau penyakit. Jika tidak ada sinar matahari, maka anda bisa menggunakan lampu yang anda nyalakan selama 14 jam.

2. Tanah

Hal yang perlu anda perhatikan yang kedua ketika melakukan budidaya pohon basil adalah tanahnya. Pohon basil ini akan tumbuh dengan sangat baik di tanah yang lembab, gembur dan memiliki drainase yang baik. Sebaiknya anda mencampur tanah yang akan anda gunakan dengan kompos sehingga pohon basil anda nantinya bisa mendapatkan nutrisi yang cukup.

3. Air

Hal ketiga yang harus diperhatikan dari budidaya pohon basil adalah pemberian air. Anda harus memberikan air pada pot pohon basil anda secara rutin. Pastikan supaya tanah di dalam pot pohon basil anda tidak kering, namun lembab. Kami sarankan supaya anda menggunakan mulsa untuk membantu menjaga kelembaban tanah.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

4. Pupuk

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: i.ytimg.com
Tentu jika melakukan budidaya anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal bukan? Oleh karena itu anda harus memberikan pupuk serbaguna sehingga pohon basil anda bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun baru yang terus menerus tumbuh. Anda bisa rutin memberikan pupuk pada pot tanaman sesuai dengan kebutuhan.

5. Suhu





Suhu juga menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan budidaya pohon basil. Jika terlalu dingin maka bisa membuat pohon basil mati, begitu juga jika kondisi terlalu panas.

Itu tadi informasi yang bisa kami berikan kepada anda semua mengenai tips mudah bagi anda yang ingin mencoba budidaya pohon basil, mudah dan hasilnya maksimal. Jika anda memperhatikan 5 faktor di atas maka tentu saja bisa membantu budidaya pohon basil anda menjadi tumbuh maksimal dan anda bisa melakukan panen secara rutin. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya!

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Budidaya Pohon Basil, Mudah dan Hasilnya Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel