Artikel Pilihan

Tips Menanam Pohon Basil Secara Indoor Dengan Mudah

Apakah Anda pernah mengetahui wujud dari pohon basil? Mungkin selama ini kita hanya tahu daun basil yang biasanya ditambahkan menjadi topping pizza atau dijadikan sebagai rempah di makanan Italia. Ternyata selain dijadikan sebagai rempah di masakan Italia dan masakan Asia, daun dari pohon basil ini banyak dimanfaatkan untuk obat herbal.

Banyak orang yang menanam pohon basil di rumah mereka, karena memang daun ini memberikan banyak sekali manfaat. Alasan lain selain manfaat adalah penanaman pohon basil ini sangat mudah dan simpel. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai tips menanam pohon basil secara indoor dengan mudah. Penasaran kan? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Kaya Manfaat, Inilah Aneka Ramuan Pohon Waru dari Berbagai Bahannya

Empat Langkah untuk Menanam Pohon Basil Secara Indoor

Ciri Ciri Pohon Basil

Jika Anda merasa membutuhkan pohon basil, maka Anda bisa menanamnya di rumah saja. Tak punya pekarangan atau kebun yang luas? Tak masalah, maka Anda bisa menanam pohon basil ini di dalam rumah secara indoor pada pot kecil karena tanaman pohon basil ini tumbuh mini sehingga fleksibel dipindahkan kemana-mana. Berikut merupakan empat langkah untuk menanam pohon basil secara indoor :




LANGKAH 1

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membasahi tanah yang telah anda siapkan yang telah anda campur dengan pupuk kompos, masukkan ke dalam pot berukuran 4 hingga 6”. Kemudian tuanglah beberapa biji pohon basil ke telapak tangan anda dan taburkanlah ke permukaan tanah beberapa biji. Setelah itu tutuplah benih tersebut dengan lapisan tanah yang tipis dan kemudian tekan dengan perlahan untuk membuat tanah di dalam pot itu menjadi padat. Siram sedikit air ke atas permukaan tanah sehingga tanah bisa menjadi lebih padat.

LANGKAH 2

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: fiskars.com
Tips yang selanjutnya adalah dengan meletakkan pot pohon basil di dekat jendela yang hangat dan juga yang mendapatkan banyak sinar sehingga tanaman pohon basil yang anda tanam mendapatkan asupan cahaya matahari yang maksimal. Karena pohon basil bisa tumbuh dengan baik jika mendapatkan sinar matahari 6 hingga 8 jam setiap harinya.

Baca juga : Begini Ciri Pohon Waru Kecil dan Dewasa

Hindarilah jendela yang berangin atau tempat yang punya suhu yang dingin pada malam hari. Jika ada tidak space yang mendapatkan sinar matahari yang cukup di rumah anda maka anda bisa menggunakan tambahan dari lampu. Jika anda menggunakan lampu maka set timer sehingga lampu tersebut bisa menyala selama 14 jam per harinya. Tempatkan lampu beberapa inci di atas bibit pohon basil anda.

LANGKAH 3

Pada dasarnya pohon basil ini suka tumbuh di tanah yang lembab, oleh karena itu pastikan bahwa tanah yang anda pilih untuk menanam terus terjaga kelembabanya. Jagalah supaya tanah yang ada di dalam pot pohon basil bisa tetap lembab, namun jangan sampai anda menyiramnya terlalu banyak sehingga membuat tanahnya basah kuyup. Jika tanaman pohon basil anda terlihat mulai rimbun maka gunakanlah gunting untuk menipiskan tanaman. Anda bisa memotong daunnya dan mulai memanennya.

LANGKAH 4

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: storage.googleapis.com
Sebulan setelah anda menanam pohon basil, maka anda bisa menikmati aroma khas basil ketika anda menggerakkan tangan anda di atas daun kecilnya. Dua bulan setelah anda menanamnya mungkin anda akan memiliki banyak stok daun pohon basil yang bisa anda gunakan untuk memasak berbagai hidangan. Anda juga bisa memanfaatkan daun basil sebagai obat herbal karena manfaatnya sangatlah besar untuk kesehatan.




Daun pohon basil yang sehat umumnya berwarna hijau tua segar, jika tanaman pohon basil anda daunnya mulai terlihat pucat maka anda bisa menggunakan pupuk cair. Anda bisa mencampurkannya ke tanah di mana anda menanam. Jika pohon basil tumbuh dengan baik maka anda bisa memanennya tiap minggu dan bisa menikmati manfaatnya.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai tips menanam pohon basil secara indoor dengan mudah. Daripada anda membeli daun basil di luar, yang mungkin bisa jadi menggunakan pestisida, maka lebih baik anda membeli bibit pohon basil kemudian menanamnya sendiri di rumah anda karena pohon basil ini bisa ditanam di luar maupun di dalam. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semuanya!

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Tips Menanam Pohon Basil Secara Indoor Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel