Artikel Pilihan

5 Pohon Bunga Cantik Alternatif Sakura Jepang

Bunga Sakura Jepang

Seperti yang sama-sama kita ketahui, pohon sakura adalah simbol dari negara Jepang yang memiliki bunga cantik dengan aneka ragam warna seperti merah, pink, ungu, kuning, dan putih. Sedangkan warna yang paling populernya adalah pink dan putih.

Pohon sakura termasuk salah satu keluarga Prunus, dimana ia tumbuh pada daerah dengan iklim dingin yang cukup dingin (bersalju). Bunga-bunga indahnya bermekaran di musim semi dan tumbuh memenuhi hampir seluruh bagian atap pohon.



Sangat disayangkan, pohon sakura Jepang tidak mampu tumbuh di banyak wilayah di Indonesia terutama daerah perkotaan yang mana suhu disiang hari cukup panas. Namun, untuk daerah pegunungan masih ada harapan untuk pohon sakura bisa tumbuh. Salah satu contohnya adalah Taman Sakura Cipanas, Bogor.

Untuk menikmati bunga-bunga bermekaran dari pohon berukuran besar selain sakura, CCP merekomendasikan alternatif pohon lain yang bisa hidup di suhu panas. Beberapa pohon berbunga ini pun tidak kalah menariknya dengan sakura Jepang.

Apa-apa saja pohon bunga tersebut? Berikut daftarnya :




1. Tabebuya Pink (Tabebuia rosea)


Tabebuya Pink (Tabebuia rosea)
Source : flickr.com/Mauricio Mercadante

Tabebuya adalah satu genus pohon kayu berbunga yang memiliki bunga berbeda-beda warna setiap spesiesnya. Ada yang warna merah, pink, ungu, dan kuning. Saking banyaknya varian tabebuya dari berbagai negara, namun varian yang paling umum di Indonesia adalah Tabebuya Pink (Tabebuia rosea) dan Tabebuya Kuning (Tabebuia chrysantha). Namun tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin memiliki pohon tabebuya dengan warna bunga lain misalnya :

  • Tabebuya Pink Soft (Tabebuia roseo-alba)
  • Tabebuya Kuning (Tabebuia chrysantha)
  • Tabebuya Kuning Brasil (Tabebuia ochracea)
  • Tabebuya Kuning Ipe (Handroanthus serratifolius)
  • Tabebuya Putih (Handroanthus albus)
  • Tabebuya Plum (Handroanthus impetiginosus)
  • Tabebuya Magenta (Handroanthus impetiginosus)


Pohon Tabebuiya berasal dari Brasil, dan dihabitat asalnya ia tumbuh di daerah kering, sehingga pohon tabebuya memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam cuaca kering / musim kemarau.

Tabebuya menjadi pilihan pohon hias populer sebagai alternatif sakura Jepang. Selain pohonnya dapat tumbuh di iklim panas, ia juga toleran terhadap berbagai jenis tanah di daerah tropis. Pemeliharaannya pun terbilang mudah. Jarang ada hama atau penyakit yang mengganggu tanaman ini.
Back to Content



2. Trengguli Wanggang (Cassia javanica)


Trengguli (Cassia javanica)
Source : flickr.com/Black Diamond Images

Trengguli wanggang atau Bobondelan adalah spesies pohon dari keluarga Fabaceae. Pohon ini asal usulnya dari Asia Tenggara, namun karena bunganya yang cantik kini ia ditanam secara meluas di berbagai wilayah tropis. Dalam bahasa Inggris, pohon trengguli wanggang dikenal sebagai Java Cassia, Pink Shower, Apple Blossom Tree, atau Rainbow Shower Tree.

Di habitatnya, pohon trengguli wanggang juga hidup di hutan tropis dan lingkungan yang lebih terbuka seperti savana dan hutan-hutan sekunder. Ia dapat tumbuh pada area dengan ketinggian sekitar 400 m dpl. Di Jawa, pohon trengguli wanggang tumbuh di tanah-tanah lempung vulkanik yang subur, tanah berpasir, tanah rawa, dan tanah berkapur. Bisa dikatakan pohon ini toleran terhadap macam-macam tanah.



Selain bunga indahnya yang berwarna pink, ia juga memiliki saudara sekeluarga yang bunyanya berwarna kuning, yaitu Cassia fistula.
Back to Content



3. Bungur (Lagerstroemia indica)


Bungur (Lagerstroemia indica)
Source : flickr.com/Eric Royer Stoner

Bungur termasuk dalam salah satu pohon kayu berbunga yang paling dekat dengan sakura Jepang, bahkan ia sering dijuluki dengan sebutan Sakura Lokal. Di negara berbahasa Inggris, pohon bungur dikenal dengan nama Crepe Myrtle. Saat mekar, bunga bungur memang menarik, dengan warna pink dan menggerombol memenuhi hampir 80% bagian kanopi pohonnya.

Ada dua jenis bungur yang populer sebagai tanaman hias pekarangan, yaitu Bungur Besar (Lagerstroemia speciosa) dan Bungur Kecil (Lagerstroemia indica). Pohon bungur besar dapat tumbuh mencapai ketinggian 12 meter, sedangkan bungur kecil lebih pendek dan sering ditemukan hanya setinggi 4-5 meter.

Pohon bungur besar banyak ditanam di taman terbuka dan tepi jalan raya sebagai pohon peneduh. Saat ini ada beberapa varian warna bunga bungur yang beredar dipasaran, yaitu bungur bunga pink dan putih.
Back to Content



4. Flamboyan (Delonix regia)


Flamboyan (Delonix regia)
Source : flickr.com/Atsushi

Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga Flamboyan? Pohon besar yang bisa setinggi 25-30 meter dengan bunga musiman berwarna merah merona. Di zaman sebelum tahun 2.000 banyak sekali ditemukan tumbuh di tepi-tepi jalan raya Jakarta dan sekitarnya. Namun, seiring berjalannya waktu pohon flamboyan ukuran besar semakin jarang dan hanya ada dibeberapa lokasi saja.

Flamboyan memang salah satu tanaman perdu yang memiliki bunga indah saat musim berbunga. Ia bisa dikatakan alternatif pohon berbunga yang dapat ditanam sebagai pohon hias sekaligus pohon perdu karena kanopinya yang membentang luas.
Back to Content



5. Jakaranda (Jacaranda)


Jakaranda (Jacaranda)
Source : flickr.com/Ian Sanderson

Jakaranda adalah genus tanaman kayu berbunga yang terdiri dari 49 spesies dalam keluarga Bignoniaceae. Pohonnya asli daerah tropis dan subtropis dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Kuba, Hispaniola, dan Bahama. Kini, pohon jakaranda telah ditanam dan dibudidayakan secara luas di Asia, terutama di Nepal.

Pohon jakaranda dapat tumbuh deengan ketinggian 25-30 meter dan ia memiliki bunga berwarna ungu yang sangat indah saat bermekaran. Bunga-bunganya sangat mirip dengan bunga dari pohon simbol Jepang, yaitu Wisteria.
Back to Content






Itulah daftar pohon alternatif sakura Jepang yang dapat CCP rekomendasikan. Kesemuanya adalah pohon kayu berbunga yang mana karakteristiknya sama dengan pohon sakura asli, dapat tumbuh tinggi dan berkayu keras.

Kalau kamu punya rekomendasi pohon lain sebagai alternatif, jangan ragu untuk berbagi :)


Belum ada Komentar untuk "5 Pohon Bunga Cantik Alternatif Sakura Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel