Artikel Pilihan

Benefit Pohon Basil Untuk Otak dan Kesehatan Manusia

Pohon basil merupakan salah satu jenis herbal yang mungkin masih kurang familiar untuk masyarakat Indonesia. Pohon basil ini masih satu keluarga dengan pohon kemangi, yang biasanya kita gunakan sebagai lalapan. Biasanya, pohon basil ini menjadi bahan campuran pada masakan khas Italia. Jika anda sering makan pizza pasti sering menjumpai daun pohon basil ini di topping pizza yang anda makan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai benefit pohon basil untuk otak dan kesehatan manusia, karena selain ia memberikan manfaat untuk meningkatkan kuliner ternyata juga memberikan benefit untuk kesehatan manusia. Penasaran kan apa saja benefitnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Anti Gagal, Ini Tips Menanam Pohon Tabebuya di Rumah

Benefit pohon basil untuk otak

Ciri Ciri Pohon Basil

Pertama, benefit yang bisa diberikan pohon basil untuk manusia adalah ia memberikan benefit untuk otak kita yaitu bisa membantu untuk mengurangi stress dan juga kecemasan. Semua bagian dari tanaman pohon basil ini mengandung adaptogen yang merupakan zat alami yang membantu otak dan tubuh kita untuk beradaptasi dengan stress dan bisa membantu untuk meningkatkan keseimbangan mental.




Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa pohon basil juga mempunyai sifat farmakologis yang membantu untuk mengatasi berbagai jenis stress. Seperti yang kita tahu stress yang kita alami bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu karena emosional, fisik, chemical, dan karena menular.
Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: thespruce.com
Pohon basil sudah terbukti memiliki kandungan antidepresan dan antiansietas yang hampir mirip dengan obat antidepresan. Penelitian juga banyak yang telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi daun pohon basil bisa membantu orang tersebut untuk mengurangi stress dan depresi yang mereka alami, bahkan membantu juga untuk mengurangi rasa cemas.

Jadi jika anda memiliki masalah pada rasa stress atau depresi maka kami sarankan supaya anda mengkonsumsi daun dari pohon basil karena manfaatnya bisa membantu untuk mengurangi rasa stress dan depresi yang anda alami.

Benefit pohon basil untuk kesehatan

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: image.freepik.com
Benefit pohon basil untuk otak dan kesehatan manusia ini harus anda pahami, sehingga anda tahu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi dan mungkin menanam pohon basil di rumah anda. Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa diberikan pohon basil untuk kita, berikut adalah manfaat atau benefit untuk kesehatan manusia :

1. Menurunkan kadar kolesterol

Tahukah anda bahwa pohon basil ini ternyata bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus menurunkan berat badan. Beberapa penelitian ilmiah telah mengungkapkan hal ini, pohon basil pernah diuji pada hewan untuk mengetahui manfaatnya.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Waru India (Thespesia populnea) Di Alam Liar

Yaitu salah satunya diuji pada kelinci, yang mana kelinci tersebut makan pohon basil dan diketahui bahwa kolesterol jahat atau LDL yang ada pada tubuh kelinci tersebut menjadi rendah dan sedangkan kolesterol baik atau HDL nya meningkat dengan signifikan.

Minyak dalam pohon basil atau eugenol ternyata sangat baik untuk menurunkan kolesterol total di ginjal, hati, ataupun jantung. Jadi jika ingin menurunkan kadar kolesterol maka kami sarankan supaya anda mengkonsumsi pohon basil.

2. Melindungi perut

Pohon basil ternyata juga punya manfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan perut, pohon basil ini bisa menangkal efek dari ulkus yang diinduksi stress yang mana secara alami dapat meningkatkan pertahanan perut kita. Pohon basil dapat membantu untuk mengurangi asam lambung, membantu untuk meningkatkan sekresi lendir, memperpanjang hidup sel lendir, sebagai obat alami untuk tukak lambung.




Namun yang menjadi kekurangan, pohon basil ini bisa menimbulkan efek samping seperti menyebabkan ketidaknyamanan. Jadi jika Anda mengalami sakit perut, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi basil saja karena ternyata terbukti pohon basil memberikan manfaat yang signifikan untuk melindungi dan menjaga kesehatan perut.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai benefit pohon basil untuk otak dan kesehatan manusia. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang bisa diberikan pohon basil ini, jika anda ingin merasakan manfaatnya maka anda bisa menanam pohon basil sendiri di rumah karena cara penanamannya yang sangat mudah dilakukan di indoor atau outdoor. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Benefit Pohon Basil Untuk Otak dan Kesehatan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel