Artikel Pilihan

Tips Mudah Menanam dan Memanen Pohon Basil Untuk Pemula

Pohon basil merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup terkenal dan biasanya digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan Italia dan mediterania. Biasanya tanaman ini mudah ditemukan di Asia selatan dan juga di asia pasifik.

Pohon basil ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah untuk ditanam sendiri, tidak membutuhkan perlakuan khusus yang rumit sehingga sangat mudah untuk ditanam di rumah. Bahkan jika sebelumnya anda tidak memiliki pengalaman menanam pohon basil, anda bisa mencoba untuk menanamnya di rumah.

Baca juga : Manfaat Daun Ketapang Bagi Kesehatan

Kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai tips mudah menanam dan memanen pohon basil untuk pemula. Apa saja yang perlu anda perhatikan? Simak ulasannya di bawah ini!




Tips Mudah Menanam Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Menanam pohon basil merupakan salah satu hal yang mudah untuk dilakukan karena basil merupakan salah tanaman herbal yang mudah untuk ditanam dan mudah tumbuh. Pohon basil merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak rewel dan sangat mudah penanaman hingga panennya.

Jika anda bisa merawat pohon basil dengan tepat maka anda bisa menikmati daunnya sepanjang musim panas. Berikut merupakan tips mudah menanam dan memanen pohon basil untuk pemula :

1. Kapan waktu menanam pohon basil?

Kapan waktu menanam pohon basil yang tepat? Jika anda ingin pohon basil anda tumbuh dengan maksimal maka anda harus menanamnya pada suhu tanah sekitar 50 derajat hingga 70 derajat fahrenheit. Semakin hangat suhu tanahnya maka akan semakin baik untuk pertumbuhan pohon basil. Selain itu, lebih baik lagi apabila pohon basil anda menanam pohon basil saat musim panas.

2. Mana tempat yang tepat untuk menanam pohon basil?

Selanjutnya, anda juga harus memperhatikan mana tempat yang tepat untuk menanam pohon basil. Anda harus menanam pohon basil di tempat yang mendapatkan banyak sinar matahari, karena pohon basil ini suka sinar matahari. Setidaknya sekitar 6 hingga 8 jam per hari, akan membuat pohon basil anda tumbuh dengan sangat baik. Jadi jika anda menanamnya secara indoor, maka anda bisa meletakkan pot pohon basil anda di dekat jendela.

3. Menanam pohon basil di container

Jika anda tidak menanam pohon basil langsung di tanah, maka anda bisa menanam pohon basil di pot atau di container. Kami sarankan supaya anda menanam pohon basil di pot yang besar, karena jika anda menanam pohon basil di pot yang kecil maka itu bisa membuat tanaman anda kurang asupan nutrisi atau air, karena pohon basil sangat cepat tumbuh. Semakin kecil pot yang anda gunakan maka tanaman akan semakin membutuhkan air. Jadi perhatikan pot yang anda gunakan.

Baca juga : Mengenal Pohon Ketapang Biola, Si Mini yang Multiguna

4. Pemilihan tanah

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: hips.hearstapps.com
Pohon basil merupakan salah satu tumbuhan rempah yang sangat menyukai tanah yang lembab, oleh karena itu biasanya digunakan tanah dengan pH 6 hingga 7. Kemudian untuk mendapatkan pohon basil yang tumbuh dengan subur maka kami sarankan supaya anda menambahkan nutrisi organik berupa pupuk kompos ke dalam tanah yang anda gunakan. Dengan begitu tanah menjadi gembur dan pohon basil bisa tumbuh dengan subur.

5. Penyiraman

Langkah kelima untuk mendapatkan pohon basil yang bisa tumbuh dengan subur dan baik adalah dengan melakukan penyiraman yang rutin. Jika anda menanam pohon basil di tanah pekarangan maka anda hanya perlu melakukan penyiraman tiap 3 hingga 4 hari saja. Namun jika anda menanamnya di pot maka bisa setiap hari atau dua hari sekali.

Tips mudah memanen pohon basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: netdna-ssl.com





Setelah tanaman memiliki tinggi sekitar 6 hingga 8 inchi, maka selanjutnya panen sesuai kebutuhan. Guntinglah pohon basil sebanyak yang anda mau. Anda bisa memanen pohon basil setiap minggunya, sehingga daun di pohon basil bisa tumbuh baru. Cara memanennya juga cukup mudah karena anda hanya perlu memetik daun pohon basil saja.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai tips mudah menanam dan memanen pohon basil untuk pemula. Semoga artikel yang kami sampaikan mengenai bagaimana cara menanam dan memanen pohon basil ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semuanya yang sedang menanam pohon basil ya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Menanam dan Memanen Pohon Basil Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel