Artikel Pilihan

Trik Ampuh Membuat Bonsai Serut Cantik

Ciri Ciri Bonsai Serut

Indonesia merupakan negara yang sangat strategis untuk segala tanaman. Negara ini memiliki iklim tropis sehingga kebanyakan tanaman bisa hidup dengan jangka waktu yang lama.Tanaman memang seringkali menjadi idola terutama yang digunakan sebagai hiasan rumah.

Para pecinta tanaman hias pasti senang memburu tanaman hias yang unik, lucu, dan mengagumkan. Saat ini, sangat ramai sekali diperbincangkan mengenai Tanaman Bonsai Serut. Bagaimana cara mudah membuat Bonsai Serut yang cantik? Berikut adalah penjelasannya

1. Memotong Bagian Akar

Ciri Ciri Bonsai Serut
Sumber: bennisobekti.com
Untuk membuat tanaman Bonsai Serut awalnya Anda harus memilih tanaman mana yang terbaik untuk ditanam. Anda bisa menjumpai banyak sekali tanaman Bonsai di pekarangan dan alam bebas. Setelah Anda mendapatkan tanaman Bonsai yang sehat dan terbaik maka cabut tanaman beserta akar-akarnya.




Setelah itu, Anda dianjurkan untuk memotong bagian akar. Namun, pada tahap ini janganlah memotong semua bagian akar. Potonglah sedikit jika dirasa akar tersebut terlalu panjang. Karena jika tidak dilakukan, ini juga akan membuat tanaman Bonsai terlilit dan kurang berkembang ketika ditanam menjadi Bonsai.

2. Tahap Penimbunan Tanah

Setelah itu, timbunlah tanaman ini dengan menggunakan tanah. Tanah yang digunakan harus subur dan juga mengandung hal baik untuk tanaman. Jangan sekali-kali menggunakan tanah yang tandus ataupun campuran pasir karena hal ini akan membuat tunas baru akan mati. Setelah itu, diamkan tanaman ini hingga kurang lebih 2 bulan.

Baca juga : Daftar Bonsai Beringin Indah yang Menjadi Juara Dunia

3. Memotong Akar Tahap 2

Tahap ke tiga akan kembali lagi seperti pada tahap pertama. Namun, Anda harus memperhatikan jika pemotongan akar pada tahap 2 ini justru saja berbeda dengan pemotongan awal.Pada tahap ini, potong semua akar yang ada pada tanaman yang sudah ditimbun tanah.

Jangan khawatir jika akar tidak dapat tumbuh lagi. Hal ini dikarenakan proses perawatan Bonsai dengan menggunakan pupuk dan vitamin akan membuat tunas dan akar yang baru.

4. Pemindahan Kedalam Pot

Tips yang terakhir adalah pemindahan tanaman kedalam pot. Tanaman Bonsai Serut memang dapat dikatakan sangat mudah dalam hal penanaman dan perawatan. Meskipun begitu, Sebagai pecinta tanaman yang baik Anda juga harus melihat dan menyesuaikan apa yang menjadi kenyamanan tanaman tersebut.

Perhatikan bentuk dan ukuran pot yang akan dijadikan tempat penanaman. Selain itu, ketika ingin membentuk bonsai menggunakan kawat perhatikanlah tingkat kekuatannya. Jangan melingkarkan kawat terlalu kuat karena hal ini akan membuat tanaman sakit dan nantinya mati.

Pengoptimalan Penanaman dan Perawatan

Dalam hal pengoptimalan penanaman dan perawatan Bonsai perlu adanya perhatian khusus dari berbagai bidang. Untuk masalah tanah, Anda bisa menggunakan tanah humus yang dapat membuat Tanaman Bonsai Serut tumbuh subur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan tempatkan Bonsai dengan paparan sinar matahari secara langsung.

Baca juga : Mau Beli Bonsai Beringin? Ini Daftar Harga Termahalnya

Proses fotosintesis memang dibutuhkan untuk pertumbuhan Bonsai. Letakkan tanaman Bonsai di daerah yang terkena pancaran sinar matahari yang tidak terlalu banyak. Jangan lupa untuk memberikan obat vitamin agar tanaman Bonsai dapat berkembang dengan baik.

Hama pada Tanaman Bonsai Serut

Hama yang sering menyerang tanaman ini adalah kutu putih. Hewan ini akan mengeluarkan sebuah cairan yang bening. Cairan ini memiliki rasa manis sehingga akan menarik perhatian semut. Selain itu, cairan manis ini juga akan mendatangkan jelaga yang akan membuat warna daun menjadi hitam.

Maka dari itu, untuk mencegah serangan hama atau penyakit tanaman harus dilakukan penyemprotan obat anti hama. Obat yang digunakan untuk hama dapat Anda tanyakan ke toko tanaman yang bagus didaerah Anda. Dengan demikian, tanaman Bonsai Serut akan tumbuh dengan maksimal dan memiliki tampilan yang sehat dan segar.




Itulah penjelasan lengkap mengenai Trik Ampuh Membuat Bonsai Serut Cantik. Pembuatan bentuk Bonsai dapat Anda buat sendiri sesuai dengan kriteria Anda. Gunakan kawat yang bagus agar tidak cepat terjadi korosi akibat air dan angin.

Dalam penanaman Bonsai jenis ini membutuhkan waktu yang lama sehingga Anda harus sabar menunggu hingga Tanaman ini tumbuh dengan sempurna. Biasanya, tanaman Serut ini dijadikan tanaman hias dengan proses Bonsai bentukan seperti beringin miniatur dalam versi kecil. Untuk itu, Tanaman ini sangat cocok untuk Anda sebagai pecinta tanaman yang menyukai tanaman unik dan menggemaskan.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Trik Ampuh Membuat Bonsai Serut Cantik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel