Artikel Pilihan

Tanaman Cantik dan Murah Bonsai Serut

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Tanaman hias memang dapat menjadi kesenangan tersendiri untuk pecinta tanaman. Jika Anda merasa bosan dan ingin memperbarui tanaman hias yang ada dirumah maka Tanaman Bonsai Serut adalah pilihannya.

Banyak sekali berita yang menjelaskan bahwa tanaman ini sangat mudah untuk ditanam dan hasilnya juga sangat memuaskan. Lalu, bagaimana dengan karakteristik dan cara menanam serta merawat tanaman serut yang dijadikan Bonsai? Berikut adalah penjelasannya.

Karakteristik Tanaman Serut

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: diminimalis.com
Tanaman Serut memang salah satu jenis tumbuhan yang menggugurkan daunnya. Biasanya orang-orang menyebut istilah tersebut dengan kata “meranggas”. Hal ini sangat wajar dikarenakan serut adalah tanaman vegetatif yang normal seperti yang lainnya.



Oleh karena itu, ketika tanaman ini berada pada situasi yang panas maka akan terjadi pengguguran daun. Pengguguran daun ini memiliki tujuan untuk memberikan kestabilan pada tubuh tanaman untuk mengurangi tingkat kebutuhan air.

Baca juga : Memulai Bisnis Bonsai Beringin dan Dapatkan Untung Miliaran Rupiah

Harga Tanaman Serut

Harga dari tanaman Bonsai Serut ini dapat dilihat dari kategori usianya. Perlu diketahui jika tanaman ini dapat hidup dalam waktu yang sangat panjang. Tanaman ini dianggap sangat kuat karena dapat hidup selama ratusan tahun.

Semakin tua usia dari tanaman ini maka akan semakin pula harga yang ditawarkan. Untuk itu, ketika Anda ingin berbisnis mengenai tanaman ini bisa dijadikan sebagai media investasi.

Langkah Mudah Membuat Bonsai Serut

Setelah mengetahui karakteristik dan harga tanaman serut, kini Anda harus mengetahui langkah mudah dalam membuat Bonsai Serut. Berikut adalah tahapan lengkapnya :

1. Memilih Bakal Bonsai Terbaik

Jika Anda memilih langkah manual, cari dan pilihlah bakal Bonsai yang ada di alam bebas. Setelah menemukan yang menurut Anda baik selanjutnya potong semua daun dn juga ranting kecil yang ada di tanaman.

Selain itu, lihatlah akar dari tanaman tersebut. Jika Anda merasa akar-akar tersebut terlalu panjang Anda bisa memotongnya sedikit saja. Setelah itu, cucilah tanaman Bonsai yang sudah dipangkas sampai bersih. Anda juga harus mengolesi bagian akar tanaman dengan menggunakan vitamin obat perangsang.

2. Mempersiapkan Media Tanah

Tanaman Bonsai Serut memiliki cara dan trik yang berbeda dari tanaman lain. Untuk tanah yang dibutuhkan tanaman ini adalah campuran tanah gunung, humus, dan juga pupuk kandang. Berikan masing masing dari ketiganya dengan ukuran 1:1:1. Mengapa tanah ini dipilih untuk media penanaman? Hal ini dikarenakan jenis tanah tersebut memiliki kandungan yang dapat membuat tanaman menjadi subur dan sehat.

3. Mempersiapkan Tempat

Serut memang jenis tumbuhan yang gampang hidup dimana saja. Adaptasi dari tanaman ini memang sangat bagus. Ketika Anda ingin menanam Tanaman Bonsai dari Serut maka Anda juga harus memperkirakan tempat yang akan digunakan. Jika Anda menggunakan pot maka pilihlah tempat tersebut dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran tanaman serut tersebut.

Baca juga : Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?

4. Melakukan Pembentukan Bonsai

Setelah Anda mendapatkan akar yang baru maka lakukan pembentukan tanaman dengan menggunakan kawat stainless. Caranya adalah Anda bisa melilitkan kawat dengan menggunakan pola yang sudah diinginkan sejak awal. Lilitkan ke bagian tanaman dengan kuat namun harus berhati-hati agar bonggol tidak patah. Setelah itu, Anda bisa menunggu Tanaman Bonsai Serut berkembang sesuai dengan pola yang sudah distrukturkan pada kawat.

Cara Mudah Merawat Bonsai Serut

Hal utama dalam merawat Bonsai Serut adalah menghindarkan tanaman ini dengan sinar matahari secara langsung. Namun, Anda juga harus memposisikan tanaman tersebut agar tetap bisa berfotosintesis secara normal.



Siramlah tanaman Bonsai Serut secara rutin. Selalu pastikan bahwa tanaman ini selalu sehat. Bila perlu, Anda bisa memberikan pupuk pada tanaman ini. Obat tanaman juga dapat Anda berikan untuk mencegah Tanaman Bonsai ini dari kematian serangan hama.

Demikianlah penjelasan mengenai Tanaman Bonsai Serut. Sebenarnya jika Anda ingin membuat Tanaman Bonsai ini, Anda bisa membeli benihnya secara langsung di toko tanaman. Sehingga, waktu Anda dapat dimanfaatkan untuk penanaman dan langkah-langkah selanjutnya.

Namun, Jika Anda ingin melakukannya secara manual, maka tahap yang sudah dijelaskan di atas sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan penanaman Bonsai. Selamat mencoba!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tanaman Cantik dan Murah Bonsai Serut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel