Artikel Pilihan

Jenis dan Ciri-Ciri Tanaman Bonsai Serut yang Baik

Bonsai Serut merupakan tanaman hias yang memiliki jangka usia yang sangat panjang. Tanaman ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu Serut berdaun hijau dan Serut berdaun merah. Keduanya memiliki karakteristik tersendiri sehingga membuat keduanya sangat unik.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penjelasan berbagai jenis Tanaman Serut yang harus Anda ketahui. Selain itu, juga akan dijelaskan mengenai ciri-ciri Tanaman Bonsai Serut yang Baik sebagai pilihan untuk dijadikan tanaman hias

Jenis-Jenis Tanaman Serut

Tanaman Serut dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu serut daun hijau dan serut daun merah. Kedua jenis tanaman Serut tersebut sangat bagus untuk di Bonsai menjadi tanaman hias. Karakteristik dari keduanya memang berbeda.

Baca juga : Memulai Bisnis Bonsai Beringin dan Dapatkan Untung Miliaran Rupiah

Jadi, dalam hal daun, batang, dan juga akar Anda tidak bisa menyamakan antara keduanya. Namun, teknik untuk melakukan Bonsai pada jenis tanaman Serut dapat dikategorikan sama. Berikut adalah penjelasannya




1. Serut Berdaun Hijau

Ciri-Ciri Tanaman Bonsai Serut

Tanaman jenis ini memiliki warna daun yang berbulu. Ukurannya dapat dikatakan sangat kecil jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Karakter kulit tanaman ini sangat lembab. Mempunyai jumlah daun yang sangat banyak membuat tanaman ini terkesan sangat rimbun.

Ketika Anda ingin menjadikan tanaman ini sebagai hiasan, maka Anda bisa memangkasnya sedikit demi sedikit. Hal ini ditujukan agar tanaman ini terlihat rapi dan tunas-tunas baru dapat tumbuh.

2. Serut Berdaun Merah

Ciri-Ciri Tanaman Bonsai Serut
Sumber : ciriciripohon.com
Sesuai dengan nama tanamannya, jenis Serut ini memiliki daun berwarna merah. Namun, daun tersebut tidak memiliki satu warna saja sehingga dalam satu tanaman daun itu bercampur antara warna hijau dan warna merah. Batangnya cenderung berwarna hitam kecoklatan.

Untuk ukuran lebar pada daunnya sangat kecil meskipun usianya sudah tua. Dapat dikatakan jika Tanaman Bonsai Serut Merah ini memiliki harga jual yang paling mahal dibandingkan dengan tanaman serut yang lainnya.

Namun, terdapat kemungkinan jika terdapat orang yang tidak terlalu suka akan Serut jenis ini. Ada beberapa pecinta tanaman yang menganggap jika tumbuhan dengan corak warna hijau seutuhnya akan lebih mengesankan makna kerindangan.

Ciri-Ciri Tanaman Bonsai Serut yang Baik

Setalah mengetahui jenis-jenis tanaman Bonsai maka kini Anda juga harus mengetahui ciri-ciri tanaman ini. Tanaman Bonsai Serut yang baik dapat dilihat langsung dari fisik tanaman tersebut, yaitu :

1. Akar Sehat dan Kekar

Anda harus mengetahui jika tanaman Serut ini memiliki akar yang menyebar. Jumlah akarnya dapat dikatakan sangat lebat. Untuk itu, dalam pembuatan tanaman Bonsai cara yang paling efektif untuk dilakukan adalah pencangkokan.

Cangkok akan membuat tanaman ini semakin indah. Anda bisa memangkas bagian akar yang dirasa terlalu panjang. Pemangkasan daun dan cabang ranting juga harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang untuk tunas Bonsai baru yang akan berkembang biak.

2. Pola Daun Normal

Tanaman ini memiliki jumlah daun yang rimbun. Ukurannya kecil dengan warna yang khas disetiap jenis tanamannya. Memiliki tipe daun sejajar membuat tanaman ini sangat cantik ketika dijadikan Bonsai. Jika yang ingin di Bonsai adalah tanaman Serut hijau maka warna daunnya sudah pasti hijau berkilau secara jeseluruhan.

Baca juga : Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?

Disisi lain, jika tanaman tersebut adalah Bonsai Merah maka daunnya akan berwarna campuran hijau dan juga merah. Tanaman ini memiliki jangka usia hingga ratusan tahun lamanya. Jika Anda menjumpai Pohon Bonsai di alam bebas maka bentuknya sangat besar disertai dengan daun yang sangat rimbun.

Dapat digambarkan jika daun yang rimbun di dalam pohon tersebut akan terkesan membentuk bulat seperti setengah lingkaran. Pernah ditemukan jika tanaman ini memiliki ukuran tinggi hingga 5 meter. Hal ini dirasa sangat kontras dengan Serut yang dijadikan Bonsai dengan ukuran yang sangat mini dan kerdil.




Itulah penjelasan lengkap mengenai jenis dan ciri-ciri Tanaman Bonsai Serut yang baik. Dalam menanam Bonsai, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis tanaman Serut tersebut. Setelah itu, jangan lupa untuk mengikuti tahap penanaman satu persatu dengan baik.

Beberapa ciri-ciri tanaman Serut diatas dapat Anda jadikan referensi dalam hal pemilihan tanaman yang ingin dijadikan Bonsai. Jangan lupa untuk memberikan pupuk dan melakukan penyiraman secukupnya kepada Bonsai sehingga tanaman tidak akan kekeringan dan mati.

Baca juga :

Belum ada Komentar untuk "Jenis dan Ciri-Ciri Tanaman Bonsai Serut yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel